Sejarah Awal Renaisans

Posted on: July 12, 2020, by :

Sejarah Awal Renaisans

Setelah perdamaian antara muslim dan Eropa disepakati paska perang salib, sejak itulah Eropa dan muslim terjadi interaksi-interaksi sosial. Dari interaksi itulah peradaban Islam mewarnai peradaban Eropa. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan peradaban Eropa diperoleh dari transfer ilmu pengetahuan, budaya, dan teknologi umat Islam[6].

Awal terjadinya renaisans ialah di Italia, khususnya pada kota perdagangan yang melahirkan tokoh seperti Leonardo da Vinci, Michael Angelo, dan Nicollo Machiavelli. Serta perubahan yang sangat pesat dalam segala aspeknya. Renaisans ini dikenal oleh bangsa barat sebagai abad pencerahan, dengan alasan:

  1. Renaisans mampu mempropagandakan system keolastik yang kaku dan membelenggu kreativitas intelektual
  2. Renaisans mampu membangkitkan semangat bangsa dalam mempelajari karya Plato dan Aristoteles.

Renaisans ini mendorong munculnya kebiasaan melihat kegiatan intelektual sebagai petualangan social, bukan usaha mempertahankan ortodoksi[7]. Pada abad renaisans ini pula lahir sebuah tradisi penelitian Historiografi modern. Dengan ditemukannya mesin cetak yang mempercepat perkembangan Ilmu Pengetahuan. Para humanis renaisans bekerja keras dalam menulis sejarah formal dengan kemampuan literer dan kedalaman analisis yang cukup hebat.

Tradisi-tradisi yang di wariskan oleh Yunani kepada bangsa Barat inilah yang melahirkan kebangkitan dan kemajuan bangsa barat dengan begitu cepat diantaranya ialah:

  1. Kemampuan akal dan pemikiran dalam memahamigejala yang ada dalam kehidupannya. Filosofisnya membuat pemikiran manusia naik ke tingkat mutlak.
  2. Pemisahan antara agama dengan ilmu pengetahuan dan ilmu social politik[8].

Sebelumnya bangsa Barat masih terbelenggu oleh dogma dan doktrin gereja yang kejam.

Sumber :

https://pengajar.co.id/jasa-penulis-artikel/