Resep Cireng Nasi Crispy Cocol Sambal Pedas Bumbu Rujak

Posted on: August 15, 2020, by :

Resep Cireng Nasi Crispy Cocol Sambal Pedas Bumbu Rujak

Variasi cara populer lainnya dalam membuat cireng yang enak dan sederhana adalah resep cireng nasi yang disajikan dengan cocolan sambal pedas bumbu rujak. Adonan cireng renyah crispy tanpa tepung kobe dapat dengan mudah kita bikin sendiri di rumah.
Resep Cireng Nasi
Menikmati aci goreng yang disebut cireng ini memang memiliki sensasi tersendiri. Usaha jajanan kuliner khas Sunda ini semakin ngetrend selaras dengan banyaknya varian kreatif dari cireng bahkan juga ramai dijual secara online. Beberapa di antaranya adalah cireng isi, cireng banyur atau cireng kuah pedas, cireng crispy, hingga cireng salju maupun dengan aneka sambal seperti halnya sambal oncom, sambal kacang, ataupun sambal pedas bumbu rujak.

Cireng nasi merupakan kreasi cireng yang memang bahannya terbuat dari nasi, beserta cocolan bumbu rujak tentunya dapat menambah variasi cemilan unik di rumah yang enak dan murah meriah, karena resep cireng nasi ini juga bisa menjadi salah satu solusi bunda untuk memanfaatkan nasi sisa semalam.

Bahan dan Bumbu Cireng Nasi :

250 gram nasi putih
100 gram tepung aci (tapioka/kanji)
2 batang daun bawang, iris-iris
2 siung bawang putih dihaluskan
1 sdt garam
½ sdt kaldu bubuk atau penyedap rasa
¼ sdt merica/lada bubuk
100 ml air panas
Bahan Sambal Bumbu Rujak :
6 buah cabe keriting merah
5 buah cabe rawit merah
20 gram gula merah
1 siung bawang putih
¼ sdt garam
¼ sdt terasi
Cara Membuat Cireng Nasi Bumbu Rujak :
Langkah pertama kita buat sambal bumbu rujaknya dengan mengulek semua bahan hingga halus dan aduk rata, sisihkan.

Langkah berikutnya nasi putih ditumbuk setengah halus, selanjutnya campur dan aduk rata dengan irisan daun bawang, bawang putih halus, garam, kaldu bubuk dan merica.
Bahan Bumbu Adonan Cireng Nasi
Setelah tercampur rata, masukkan tepung aci lalu kita aduk rata lagi. Terakhir tuang air panas, aduk hingga adonan merata dengan sendok kayu atau plastik.

Apabila menggunakan bantuan tangan jangan terlalu diuleni biar hasilnya crispy dan tidak keras setelah digoreng, yaitu cukup dipijit-pijit hingga rata dan saat adonan dipegang sudah tidak menempel di tangan (perhatikan gambar adonan di bawah).
Cara Membuat Cireng Nasi
Ambil tiap-tiap 1 sendok makan adonan atau sesuai selera, kemudian bentuk-bentuk adonan manjadi bulat pipih. Setelah semua adonan telah selesai dibentuk, cireng sudah siap untuk digoreng.

Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan dengan api sedang, goreng adonan cireng nasi hingga matang, bolak balik agar matangnya merata. Angkat dan tiriskan, cireng nasi siap dihidangkan bersama cocolan sambal bumbu rujak.

Sumber: https://manjakani.co.id/