Permintaan pasar

Posted on: July 16, 2020, by :

Permintaan pasar

Ada delapan keadaan permintaan yang berbeda dan tugas-tugas yang harus dilakukan manajer pemasaran sebagai berikut:

Permintaan negatif (negative demand)

Yaitu jika sebagian besar dari pasar tidak menyukai produk dan bahkan mungkin bersedia membayar untuk menghapus produk itu. Tugas pemasaran adalah menganalisis mengapa pasar tidak menyukai produk tersebut dan apakah suatu program pemasaran yang meliputi rancang ulang produk, harga yang lebih rendah dan promosi yang lebih positif dapat mengubah kepercyaan dan sikap pasar.

  1. Tidak ada permintaan (no demand)

Para “konsumen target” mungkin saja tidak tertarik atau tidak mengacuhkan suatu produk. Tugas pemasaran adalah menemukan cara guna menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan dan minat alamiah seseorang.

  1. Permintaan terpendam (latent demand)

Sejumlah besar konsumen mungkin mempunyai kebutuhan yang kuat yang tidak dapat dipuaskan oleh produk yang telah ada. Tugas pemasaran adalah mengukur besarnya pasar potensial ini dan mengembangkan barang dan jasa yang akan memuaskan permintaan ini.

  1. Permintaan yang menurun (falling demand)

Setiap organisasi, cepat atau lambat, akan mengalami penurunan permintaan terhadap satu atau lebih produksinya. Pemasar harus menganalisis sebab-sebab penurunan pasar dan menentukan apakah permintaan pasar target yang baru, mengubah ciri-ciri produk atau mengembangkan komunikasi yang lebih efektif. Tugas pemasaran adalah meningkatkan kembali permintaan yang menurun melalui upaya pemasaran kembali produk bersangkutan secara kreatif.

  1. Permintaan yang tidak beraturan (ireguler demand)

Banyak organisasi menghadapi permintaan yang berubah-ubah menurut musim, hari atau bahkan jam. Akibatnya timbul masalah kapasitas. Tugas pemasaran, yang dinamakan penyelarasan permintaan (synchromarketing), adalah menemukan cara untuk mengubah pola waktu permintaan melalui penetapan harga yang fleksibel, promosi dan rangsangan lain.

  1. Permintaan penuh (full demand)

Organisasi menghadapi permintaan penuh bilamana mereka merasa puas dengan volume usahanya. Tugas pemasaran adalah mempertahankan tingkat permintaan ini dalam menghadapi perubahan selera konsumen serta meningkatnya persaingan.

  1. Permintaan yang berlebihan (overfull demand)

Beberapa organisasi menghadapi tingkat permintaan yang lebih tinggi dari yang dapat atau ingin dilayaninya. Tugas pemasaran, yang dinamakan mengurangi pemasaran (demarketing) adalah menemukan cara untuk mengurangi permintaan secara sementara atau permanen. Umumnya, penurunan pemasaran berusaha menekan permintaan secara keseluruhan dan terdiri atas langkah-langkah seperti menaikkan harga serta memengurangi promosi dan pelayanan, pengurangan pemasaran yang selektif meliputi usaha mengurangi permintaan yang datang dari bagian-bagian pasar yang kurang menguntungkan atau kurang membutuhkan pelayanan. Pengurangan pemasaran tidak bertujuan mlenyapkan permintaan melainkan hanya mengurangi tingkatnya saja, sementara atau selamanya.

  1. Permintaan yang tidak sehat (unwholesome demand)

Produk-produk yang tidak sehat akan mendorong upaya yang terorganisasi untuk mencegah penggunaannya. Tugas pemasaran adalah mengajak orang-orang yang menggemari produk-produk ini untuk meninggalkannya, dengan menggunakan alat-alat seperti ancaman, peningkatan harga setinggi mungkin serta mengurangi ketersediaannya.

Recent Posts