Pengertian Taharah

Posted on: June 23, 2020, by :
Pengertian Taharah

Pengertian Taharah

Pengertian Taharah

Taharah secara Bahasa berarti bersih (nadhafah), Suci (nadhafah) terbebas (khulus) dari kotoran (danas). Allah SWT berfirman:

... ¨bÎ) ©!$# =Ït䆠tûüÎ/º§q­G9$# =Ïtä†ur šúï̍ÎdgsÜtFßJø9$# ÇËËËÈ  

Artinya: “ sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan mensucikan diri”. (al-baqarah/2: 222).

Rasulullaah SAW bersabda.

مِفْتَاحُ الصَّلَاةِ الطُّهُورُ

Artinya: Kunci shalat adalah bersuci

Menurut syara’ thaharah itu ialah mengangkat (menghilangkan) penghalang yang timbul dari hadas dan najis. Thaharah secara syari’ menurut para ulama terbagi menjadi dua macam yaitu thaharah dari hadats dan thaharah dari najis. Taharah terbagi kedalam dua bagian yaitu taharah jasmani dan taharah rohani. Taharah Rohani adaalah membersihkan jiwa dari pengaruh-pengaruh dosa dan maksiat dengan bertaubat secara benar dari semua dosa dan maksiat,dan membersihkan hati dari semua kotoran syirik, ragu-ragu, dengki, iri, sombonhg, ujub, riya’, dan sum’ah dengan ikhlas, keyakinan, cinta kebaikan, lemah lembut, tawadu’, dan menginginkan keridhaan Allah dengan semua niat dana mal shalih. Sedangkan taharah jasmani adalah taharah dari najis dan taharah dari hadas,(kotoran yang bisa dihilangkan dengan wudhu, mandi, atau, tayammum.

Taharah adalah mengerjakan suatu yang mana ibadah shalat tidak akan sah tanpa melaksanakan bersuci, yang mana bersuciini terbagi kedalam dua bagian lagi. Yang pertama yaitu bersucidari hadas dan yang kedua bersuci darikotoran atau najis. Yang dimaksud bersuci dari hada itu sendiri yaitu berwudhu, mandi besar, dan juga tayamum sebagai pengganti wudhu. Sedangkan yang dimaksud bersuci dari kotoranataupun najis itu sendiri yaitu istinjak, dan menghilangkan najis dati badan dan tempat.

  1. Alat Thaharah

  2. Air mutlak atau air yang suci lagi menyucikan air inilah yang layak dipakai untuk berwudhu dan mandi janabat,  air tersebut adalah air asli yang didak tercampuri oleh suatu apapun dari najis, seperti air sumur air mata air, air lembah, air sungai, air salju, dan air laut, karena dalil berikut:

… $uZø9t“Rr&ur z`ÏB Ïä!$yJ¡¡9$# [ä!$tB #Y‘qßgsÛ ÇÍÑÈ

Artinya: “Dan Kami turunkan air dari langit yang amat suci.” (Al-Furqan:48).

  1. Tanah yang suci di atas bumi, atau pasir, atauu batu, atau tanah berair,

Firman Allah:

öNn=sù… (#r߉ÅgrB [ä!$tB (#qßJ£Ju‹tFsù #Y‰‹Ïè|¹ $Y7ÍhŠsÛ (#qßs|¡øB$$sù öNä3Ïdqã_âqÎ/ öNä3ƒÏ‰÷ƒr&ur 3 ¨bÎ) ©!$# tb%x. #‚qàÿtã #·‘qàÿxî ÇÍÌÈ

Artinya: “kemudian kalian tidak mendapat air maka bertayamumlah kalian dengan tanah yang suci.”(An-nisa:43).

       Selain penjelasan diatas para ulama membagi alat bersuci itu menjadi tiga bagian yaitu, air thahir mutahir (air mutlak), air thahir ghairu mutahir, dan air mutanajis. Namun didalam kitab lain juga dijelaskan bahwa air itu terbagi menjadi empat bagian yaitu, air thahir muthahirair tahir ghairu mutahir, air mutanajis, dan air musyamma.

       Air thahir mutahir (air mutlak) yaitu setiap air yang tusun dari langit atupun yang keluar dari bumi yang mana keluarnya tersebut keluar seperti asal kejadiannya serta salah satu sifatnya air tidak berubah sebab ada sesuatu yang mencampurinya,macam-macam air tahir mutahir yaitu sebagai berikut, air hujan, laut, sungai, sumur, mata air, air es atu salju, air embun.

https://kaosfullprint.co.id/zombie-annihilator-apk/