Pengertian Renaisans

Posted on: July 12, 2020, by :

Pengertian Renaisans

Renaisans adalah lahirnya kembali peradaban barat. Renaisans dari bahasa Prancis terdiri dari kate re (kembali) dan naitre (lahir). Jadi Dalam konteks sejarah barat, renaisans mengacu pada terjadinya kebangkitan kembali minat yang besar dan mendalam terhadap kekayaan warisan Yunani dan Romawi kuno dalam berbagai aspeknya. Tanpa renaisans mungkin di Eropa mungkin tidak akan menapaki abad-abad modern begitu cepat[2]. Renaisans Membangkitkan kembali cita-cita alam pemikiran yang menstrukturi standar dunia modern seperti optimisme, hedonisme, naturalisme, dan individualisme[3].

Masa ini ditandai oleh kehidupan yang cemerlang di bidang seni, pemikiran maupun kesusastraan yang mengeluarkan Eropa dari kegelapan intelektual abad pertengahan. Masa Renaisans bukan suatu yang berkembang secara alami dari abad pertengahan, melainkan sebuah revolusi budaya, suatu reaksi terhadap kakunya pemikiran serta tradisi Abad pertengahan.

Salah satu ciri khas renaisans di dunia Barat sejak abad ke-15 ialah menonjolkan manusia pribadi perseorangan dan sebagai yang berkuasa (humanisme dan individualisme). Ciri itu antara lain menampakkan diri dalam bidang seni, politik, filsafat, agama maupun dalam gerakan-gerakan melawan agama ilmu pengetahuan, dan teknik[4]. Sejak permulaan Renaisans, sebenarnya individualisme dan humanisme telah dicabangkan oleh Decartes, yakni pandangan bahwa manusia mampu mengatur dunia. Ini suatu pandangan yang tidak menyenangkan orang-orang beragama. Oleh karena itu zaman ini sering juga disebut zaman humanisme, maksudnya manusia diangkat dari abad pertengahan. Karena pada abad pertengahan manusia tidak dihargai sebagai manusia. Kebenaran diukur berdasarkan dari gereja (kristen) bukan dari ukuran yang dibuat oleh manusia, padahal manusia mempunyai kemampuan berfikir[5].

 

Sumber :

https://belantaraindonesia.org/alarm-clock-pro-apk/