Pengertian Globalisasi Ekonomi

Posted on: May 11, 2020, by :
Pengertian Globalisasi Ekonomi

Pengertian Globalisasi Ekonomi

Pengertian Globalisasi Ekonomi

Gejala globalisasi terjadi

pada kegiatan keuangan, produksi, investasi, perdagangan yang akan mempengaruhi hubungan antar bangsa dan hubungan antar individu dalam segala aspek kehidupan. Hubungan antar negara menjadi saling tergantung sehingga bahkan membuat ekonomi dunia menjadi satu sehingga seolah-olah batas antara negara-negara dalam perdagangan dan kegiatan bisnis sudah tidak ada lagi.
Ekonomi globaliasai ditandai dengan semakin menipisnya batas investasi atau pasar baik nasional, regional maupun internasional. Ini berhubungan dengan:

 

  • Komunikasi dan transportasi semakin canggih.
  • Lalu lintas devisa semakin bebas.
  • Ekonomi negara yang semakin terbuka.
  • Penggunaan keunggulan komperatif¬† dan keunggulan kompetitif masing-masing negara,
  • Metode produksi dan perakitan dengan organisasi yang lebih efisien.
  • Pertumbuhan pesat perusahaan multinasional di hampir setiap penjuru dunia.

 

Selain itu, penyebab lain adalah semakin banyak industri yang dilihat karena kemajuan teknologi (yang mengurangi penggunaan sumber daya alam), semakin tinggi pendapatan rata-rata dunia per kapita, semakin tinggi tingkat pendidikan masyarakat dunia, sains dan teknologi di semua bidang, dan meningkatnya jumlah populasi dunia.
Ada tiga faktor yang mendorong perubahan global. Pertama, produk nasional bruto (PDB) tumbuh dan berkembang pesat, terutama di negara maju. Kedua, revolusi dalam teknologi komunikasi. Ketiga, kekuatan yang memudahkan munculnya perusahaan besar berskala besar.
Di bidang ekonomi, secara umum fenomena globalisasi dapat dilihat dari pertumbuhan aktivitas ekonomi lintas negara dalam berbagai bentuk. Antara lain, dua bentuk kegiatan ekonomi secara signifikan lebih bersifat global, yaitu arus perdagangan dan arus modal internasional. Oleh karena itu, arus globalisasi dan arus perdagangan dan investasi dunia berlangsung secara bersamaan.