Mengenal Area Kerja

Posted on: May 8, 2020, by :
Mengenal Area Kerja

Mengenal Area Kerja

Mengenal Area Kerja
Mengenal Area Kerja

Setelah lembar aplikasi terbuka, pengguna dapat melihat perbedaan pada Adobe Photoshop CS3, terutama pada bagian panel. Berikut dijelaskan bagian-bagian yang terdapat di area kerja Adobe Photoshop :

  1. Menu Bar

            Menu bar atau baris menu adalah kumpulan perintah yang terletak pada bagian atas area kerja. Menu bar meliputi beberapa menu perintah, diantaranya File, Edit, Image, Layer, Select, Filter, Analysis, View, Window, dan Help.

Masing-masing menu mempunyai kelompok perintah sendiri-sendiri yang dapat diakses dengan mengklik pilihan tersebut. Perintah-perintah tersebut terdapat pada menu pull down yang muncul saat mengklik. Misalnya menu File, didalam menu File terdapat perintah-perintah yang berhubungan dengan operasi dasar program, seperti membuat lembar kerja baru, membuka file, menyimpan file dan lain sebagainya.

Disebelah kanan menu File terdapat menu Edit. Menu ini berisi perintah-perintah untuk mengedit atau mengolah objek dan gambar.

Setelah menu Edit terdapat menu Image terdapat perintah-perintah untuk mengatur ukuran gambar dan memberikan koreksi pewarnaan sebuah gambar.

Disebelah menu Image terdapat menu Filter yang berfungsi untuk memberikan kreasi pada gambar menjadi lebih unik, artistik, sesuai keinginan dengan adanya berbagai fasilitas efek.

  1. Stage

            Stage, atau bidang kanvas, adalah area untuk pengeditan suatu objek atau gambar. Stage merupakan tempat yang digunakan untuk seorang berkreasi untuk menciptakan desain gambar digital.

  1. Status Bar

            Status bar terletak pada bagian bawah area kerja. Status bar akan muncul setelah membuat lembar kerja baru. Teks yang paling kiri merupakan informasi ukuran gambar yang sedang aktif beserta ukuran file yang dibuat.

  1. Panel

   Panel merupakan sebuah jendela yang berisi berbagai palet pengaturan. Panel terletak dibagian kanan area kerja. Beberapa palet terkumpul menjadi satu dalam satu panel yang terdapat melalui menu Windows.

Jika ingin membuat setting workspace dengan tampilan panel yang diinginkan. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Misalkan pilih palet Channelsdrag palet tersebut keluar dari panel.
  2. Arahkan mouse pointer ke palet lain yang diinginkan, misalkan palet Layersdrag keluar juga.
  3. Drag lain palet History keluar panel dan gabungan dengan palet yang telah dibuat.
  4. Setelah panel yang diinginkan cukup, simpanlah pengaturan tersebut dengan klik Window > WorkspaceSave Workspace sehingga tampilan kotak dialog tersimpan.
  5. Ketikkan nama workspace, misalkan Paletku. Setelah itu klik Pallet Location > Save.
  6. Setelah semua langkah diatas telah dilakukan maka setting workspace tersebut akan ditambahkan pada menu. Setelah itu cek dengan menggunakan Window > Workspace > Paletku. Jika ingin menghapus setting workspace, klik menu Window > Workspace > Deleted Workspace. Pada kotak dialog Deleted Workspace, pilih nama yang akan dihapus kemudian klik Delete. Pada kotak konfirmasi, pilih Yes untuk menghapus.

 

Sumber : https://dolanyok.com/seva-mobil-bekas/