Mengejar Permintaan

Posted on: June 22, 2020, by :

Mengejar Permintaan

Mengejar permintaan yakni menyesuaikan tingkat kapasitas untuk memenuhi tingkat permintaan setiap saat. Manajer dapat mengambil beberapa tindakan untuk menyesuaikan tingkat kapasitas sebagaimana dibutuhkan, yaitu dengan:

  1. Menjadwalkan masa  jeda selama periode permintaan rendah. Untuk memastikan kapasitas tersedia 100% selama periode sibuk, perbaikan dan renovasi seharusnya dilakukan pada saat permintaan diperkirakan akan rendah. Liburan karyawan seharusnya juga dilakukan selama periode-periode seperti itu.
  2. Menggunakan karyawan paruh waktu. Banyak organisasi mempekerjakan karyawan tambahan selama periode-periode paling sibuk, misalnya pekerja di kantor pos dan asisten toko ritel pada masa Natal, staf tambahan untuk lembaga-lembaga penyiapan pajak pada akhir tahun fiskal, dan karyawan hotel tambahan selama musim libur dan konvensi-konvensi besar.
  3. Menyewa atau berbagi fasilitas dan peralatan tambahan. Untuk membatasi investasi dalam aktiva tetap, bisnis jasa mungkin dapat menyewa ruang atau mesin tambahan pada masa-masa puncak. Perusahaan yang mempunyai pola permintaan pelengkap mungkin dapat melakukan kesepakatan formal untuk sama-sama menggunakannya.
  4. Melakukan pelatihan silang untuk karyawan. Bahkan ketika sistem penyerahan jasa tampaknya beroperasi dengan kapasitas penuh, elemen-elemen fisik tertentu dan karyawan penjaganya, mungkin tidak dimanfaatkan denngan penuh. Jika karyawan dapat diberikan pelatihan silang untuk melakukan berbagai macam tugas, mereka dapat dipindahkan ke bagian-bagian pekerjaan yang mengalami kemacetan sebagaimana diperlukan, dengan demikian meningkatkan kapasitas sistem total. Contohnya, dalam pasar swalayan manajernya dapat memanggil petugas persediaan rak untuk menjalankan mesin penghitung kas apabila antrean keluar sudah mulai terlalu panjang. Begitu pula selama periode permintaan sepi, kasir dapat diminta membantu untuk mengisi stok rak.

2.1.2.5 Menciptakan Kapasitas yang Fleksibel

Terkadang masalah yang timbul bukan terletak pada seluruh kapasitasnya, melainkan dalam bauran yang tersedia untuk melayani kebutuhan-kebutuhan segmen pasar yang berbeda-beda. Contohnya, dalam penerbangan tertentu, suatu perusahaan penerbangan mungkin memiliki tempat duduk kelas ekonomi yang terlalu sedikit walaupun terdapat tempat-tempat kosong di kelas bisnis. Salah satu contoh yang tepat tentang kapasitas yang sangat fleksibel diberikan operator ekoturisme di pulau selatan Selandia Baru. Selama musim semi, musim panas dan bualan-bulan awal musim gugur, perusahaan tersebut menyediakan wisata  jalan kaki dan perjalanan jauh bersama pemandu, dan selama musim salju perusahaan tersebut menawarkan pelajaran dan perjalanan ski lintas alam. Pemesanan sepanjang tahun diproses melalui layanan dengan mesin penjawab telepon yaqng disewa, pemandu dan instruktur dipekerjakan paruh waktu kalau diperlukan.

Perusahaan tersebut telah menegosiasikan perjanjian untuk menggunakan pondok-pondok dan kamar-kamar di taman nasional, dan juga memiliki perjanjian eksklusif dengan toko perlatan olahraga lokal di mana perlengkapan dapat disewa atau dibeli klien dengan harga khusus. Apabila diperlukan, layanan bus sewaan untuk kelompok dapat diatur. Namun, walaupun perusahaan tersebut mampu menyediakan berbagai jasa, investasi modal pemiliknya dalam bisnis tersebut sangat rendah.

sumber :
https://www.urusizin.co.id/battlefield-combat-black-ops-apk/