Memahami Pola dan Faktor Penentu Permintaan

Posted on: June 22, 2020, by :

Memahami Pola dan Faktor Penentu Permintaan

Untuk mengendalikan keragaman permintaan untuk jasa tertentu, manajer perlu menentukan faktor apa saja yang mengatur siklus permintaan (demand cycle). Siklus permintaan yakni periode waktu ketika tingkat permintaan untuk jasa akan bergerak turun-naik dengan pola yang dapat diprediksi sebelum level itu memunculkan diri.

2.1.3.1  Berbagai Hal yang Mempengaruhi Permintaan

Kebanyakan siklus berkala yang mempengaruhi permintaan untuk jasa tertentu berbeda-beda lama waktunya, mulai dari satu hari hingga dua belas bulan. Sering banyak siklus terjadi dengan waktu yang bersamaan. Contohnya, tingkat permintaan untuk transportasi umum dapat berbeda dari jam ke jam sepanjang hari (tertinggi selama jam-jam pergi atau pulang dari tempat kerja), dari hari ke hari sepanjang minggu (lebih sepi perjalanan ke tempat kerja pada akhir pekan tetapi lebih ramai perjalan untuk berlibur), dan dari musim ke musim sepanjang tahun (lebih banyak perjalanan turis pada musim panas). Permintaan jasa selama masa puncak Hari Senin pada musim panas mungkin berbeda dari permintaan selama masa puncak Hari Sabtu pada musim dingin, yang mencerminkan perbedaan hari kerja dan musim secara bersamaan.

                  Dalam teori, masing-masing periode memiliki tingkat permintaanyya sendiri yang berbeda (pada harga tertentu) dan profil pelanggan (yang menghasilkan perbedaan kebutuhan dan harapan-harapan). Tetapi dalam praktiknya, analisis mungkin menunjukkan kemiripan dekat di antara banyak periode tersebut.

sumber :
https://www.tokomodemku.co.id/escape-games-apk/