MANUSIA DENGAN SUARA TERTINGGI

Posted on: August 8, 2020, by :
MANUSIA DENGAN SUARA TERTINGGI

MANUSIA DENGAN SUARA TERTINGGIMANUSIA DENGAN SUARA TERTINGGI

GEORGIA BROWN

VOCAL RANGE
Nama Lengkap: Georgia Brown aka Rossana Monti
TTL: 29 Juni 1980
Domisili: Brazil

Nada TERTINGGI: G10
Nada Terendah: G2
Range Vokal: 8 oktaf!

BIOGRAPHY
Georgia Brown, adalah penyanyi keturunan Italia-Brazilia yang sangat dikenal karena range vokal yang sangat lebar. Dia terdaftar dalam Guinness World Records 2005 untuk menembak nada vokal TERTINGGi dan karena memiliki range vokal tepat 8 oktaf dari G2-G10 menggunakan scientific pitch notation. Nada G10 = 25087 Hz, padahal jangkauan pendengaran manusia adalah dari 20 – 20.000 Hz
Jadi pada manusia terdapat 4 (empat) register buat memproduksi suara:

1. Vocal Fry — Buat nembak nada-nada rendah/bass.

2. Modal Register — Ini semua orang punya! 😛 Kalau kita nyanyi seperti biasa atau pakai chest voice, pakai register ini.
3. Head Voice / Falsetto — buat menjangkau nada-nada yang nggak bisa dijangkau chest voice.
4. Whistle Register — nah ini dia! Nggak semua orang bisa mengakses yang satu ini. More info di bawah:

Register whistle (juga disebut register flageolet) adalah register phonational tertinggi, yang dalam kebanyakan penyanyi soprano dimulai di atas “C tinggi” (C6 atau 1,046.5 Hz) dan biasanya memanjang sampai sekitar dua D atas (D7 atau 2349,3 Hz).

Register ini memiliki produksi fisiologis khusus yang berbeda dari register lain, dan disebut whistle karena timbre dari nada-nada yang dihasilkan dari register ini terdengar mirip dengan peluit. Bagian bawah register whistle mungkin tumpang tindih bagian atas dari modal dan falsetto, sehingga memungkinkan bagi penyanyi untuk memproduksi nada-nada tinggi ini dengan cara/teknik yang berbeda. Namun, pada dasarnya whistle register paling sering digunakan untuk menghasilkan nada-nada C6 ke atas.

Seperti dengan register vokal lainnya, register whistle tidak dimulai pada titik yang sama dalam setiap suara, dan ada kasus-kasus langka yang dapat memperpanjang jangkauan whistle jauh lebih tinggi atau lebih rendah daripada batas yang tercantum di atas. Sebagai contoh, beberapa penyanyi opera bisa menyanyi sampai F “tinggi” (F6) atas C “tinggi” (C6) tanpa harus masuk/menggunakan whistle (hanya head voice/falsetto). Juga, jarang penyanyi seperti Georgia Brown dari Brasil, yang mampu menyanyikan sampai G10 (25087Hz), yang jauh lebih tinggi di dalam jangkauan whistle register yang biasa.

Sumber: https://montir.co.id/