IMPLEMENTASI WAWASAN NUSANTARA

Posted on: May 8, 2020, by :
IMPLEMENTASI WAWASAN NUSANTARA

IMPLEMENTASI WAWASAN NUSANTARA

IMPLEMENTASI WAWASAN NUSANTARA

1. IMPLEMENTASI DALAM BIDANG POLITIK

Wawasan nusantara akan menciptakan iklim penyelenggaraan kenegaraan menjadi lebih baik, sehat, dan dinamis. Dengan adanya konsepsi wawasan nusantara dalam setiap kegiatan pemerintahan maka akan terwujud suatu pemerintahan yang aspiratif, kuat, dan terpercaya. Kegiatan politik dalam negara akan berjalan secara kondusif dan penyelewangan kekuasaan politik dapat dicegah.

2. IMPLEMENTASI DALAM BIDANG SOSIAL DAN BUDAYA

Indonesia memiliki keragaman sosial dan budaya yang melimpah. Implementasi wawasan nusantara dalam bidang sosial budaya berarti menuntut masyarakat untuk memiliki toleransi yang tinggi terhadap keanekaragaman tersebut. Masyarakat harus dapat menerima dan menyadari bahwa perbedaan budaya dalam masyarakat merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa yang harus dibanggakan.

Penerapan wawasan nusantara dalam bidang sosial budaya melarang adanya bentuk rasisme dan penindasan dalam masyarakat. Masyarakat harus bisa menghargai perbedaan dan memiliki rasa toleransi terhadap budaya yang tidak diikutinya. Konsep wawasan nusantara di hati rakyat akan menjadikan bangsa yang rukun dan damai tanpa unsur SARA.

3. IMPLEMENTASI DALAM BIDANG EKONOMI

Penerapan wawasan nusantara di bidang ekonomi akan menciptakan suatu tatanan ekonomi di negara Indonesia menjadi lebih optimal. Ekonomi masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat itu sendiri.

Masyarakat harus memiliki etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi untuk mengelola potensi sumber daya alam di lingkungannya. Segala potensi yang ada dalam wilayah tempat tinggalnya dapat dijadikan sebagai alat untuk memajukan sektor ekonomi bangsa.

4. IMPLEMENTASI DALAM BIDANG PERTAHANAN DAN KEAMANAN

Wawasan nusantara akan menciptakan kesadaran masyarakat akan pentingnya bela negara dan rasa cinta tanah air. Apabila sifat cinta tanah air sudah tertanam dalam hati tiap rakyat maka secara otomatis masyarakat akan menjunjung tinggi nama baik negaranya dalam dunia luar. Hal ini akan menjadi penggerak partisipasi bangsa jika suatu saat terjadi ancaman dari negara asing terhadap Indonesia.


Sumber: https://hon.co.id/driveline-apk/