Definisi Ekologi dan Ruang Lingkupnya

Posted on: June 22, 2020, by :

Definisi Ekologi dan Ruang Lingkupnya

                      Ekologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata oikos dan logos.Oikos berarti habitat atau tempat tinggal, sedangkan logos berarti pengetahuan atau ilmu.Istilah ekologi dipakai sebagai satu bagian dari ilmu pengetahuan.Istilah ini dipakai pertama kali oleh seorang ahli zoology bangsa Jerman bernama Ernst Haeckel pada tahun 1866.Secara umum ekologi dapat diartikan sebagai hubungan antara organisme dan habitatnya atau ilmu yang mempelajari hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.Yang termasuk dalam ruang lingkup ekologi antara lain organisme (individu), populasi, komunitas, ekosistem, dan biosfer (kumpulan dari beberapa komunitas yaitu komunitas hewan dan komunitas tumbuhan dalam suatu wilayah).

 B.Ciri-ciri, Struktur, Dinamika dan Interaksi tentang Populasi, Komunitas, dan Ekosistem.

  1.  Populasi

            Populasi merupakan kumpulan beberapa individu yang menempati suatu wilayah tertentu pada waktu yang sama dan dapat melakukan perkawinan sesamanya. Misalnya komodo di pulau komodo  membentuk suatu populasi.

          Ciri dari suatu populasi yaitu, mempunyai potensi untuk berkembang biak silang, mempunyai ukuran seperti kerapatan atau kepadatan, mempunyai struktur umur, dan mampu mempertahankan diri.Populasi bersifat dinamis, dimana kedinamisan suatu populasi sesuai dengan waktu dan ruang. Pada tingkat populasi, interaksi dapat terjadi pada individu sejenis ataupun berbeda jenis.Tingkat populasi dari spesies bisa banyak berubah sepanjang waktu.Perubahan ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti ketersediaan jumlah makanan yang rendah, pemangsa, persaingan dengan mahkluk hidup sesama spesies atau spesies lainnya, iklim (curah hujan) dan penyakit.

sumber :
https://periskop.co.id/tank-battle-apk/