DALIL PENSYARIATAN SHOLAT

Posted on: July 15, 2020, by :

DALIL PENSYARIATAN SHOLAT

  1. Dalil dari Al-Quran

Al-Baqarah: 43

وأقيموا الصّلواة وءاتوا الزّكواة واركعوا مع الرّاكعين

 

Artinya: Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukulah beserta orang – orang yang ruku
Al-Baqarah :110

 عند اللّه, إنّ اللّه بما تعملون بصيرتَجِدُوْهُ خَيْرٍ لأنفسكمم من مَاتُقَدِّمُوْا  ووَآتُوْالزَّكَوةَ الصَّلَوْةَ وَاَقِيْمُوْ

Artinya : Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat dan apa – apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan dapat pahalanya pada sisi Allah sesungguhnya Allah maha melihat apa – apa yang kamu kerjakan
Al –Ankabut : 45

وَالْمُنْكَرَوأقيمو الصّلواة إنّ الصّلواة تنهي عن الفحشآء

 

Artinya: Kerjakanlah shalat sesungguhnya shalat itu bisa mencegah perbuatan keji dan munkar.
An-Nuur: 56

تُرْحَمُوْنَو أقيمو الصّلاة وءاتو الزّكوة وأطيعو الرّسول لعلّكم

Artinya : Dan kerjakanlah shalat, berikanlah zakat, dan taat kepada Rasul, agar supaya kalian semua diberi rahmat.

Dan masih banyak lagi perintah di dalam kitabullah yang mewajibkan umat Islam melalukan shalat. Paling tidak tercatat ada 12 perintah dalam Al-Quran lafaz “Aqiimush-shalata” yang bermakna “Dirikanlah Shalat” dengan fi`il Amr (kata perintah) dengan perintah kepada orang banyak (khithabul Jam`i) maupun khithab hanya kepada satu orang.

  1. Dalil dari As-Sunnah

Di dalam sunnah Raulullah SAW, ada banyak sekali perintah shalat sebagai dalil yang kuat dan qath`i tentang kewajiban shalat. Diantaranya adalah hadits-hadits berikut ini :

Dari Ibni Umar ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Islam didirikan di atas lima hal. Syahadat bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, PENEGAKAN SHALAT, pelaksanaan zakat, puasa di bulan Ramadhan dan haji ke Baitullah bila mampu”. (HR. Muttafaqun `alaihi).

  1. Dalil dari Ijma`
                Bahwa seluruh umat Islam sejak zaman nabi SAW hingga hari ini telah bersepakat atas adanya kewajiban shalat dalam agama Islam. Lima kali dalam sehari semalam.
    Dengan adanya dalil dari Quran, sunnah dan ijma` di atas, maka lengkaplah dalil kewajiban shalat bagi seorang muslim. Maka mengingkari kewajiban shalat termasuk keyakiann yang menyimpang dari ajaran Islam, bahkan bisa divonis kafir bila meninggalkan shalat dengan meyakini tidak adanya kewajiban shalat.

    Recent Posts