BENTUK NEGARA REPUBLIK

Posted on: May 8, 2020, by :
BENTUK NEGARA REPUBLIK

BENTUK NEGARA REPUBLIK

BENTUK NEGARA REPUBLIK

Republik adalah bentuk pemerintahan di mana negara dianggap sebagai “masalah publik” (bahasa Latin: res publica), bukan urusan pribadi atau milik para penguasa, dan di mana yang menjalankan kepemerintahan negara secara langsung atau tidak langsung dipilih atau ditunjuk bukan diwariskan.

Orang-orang, atau sebagian besar dari mereka, memiliki kendali tertinggi atas pemerintahan. Definisi umum republik yang disederhanakan adalah pemerintahan di mana kepala negara bukan raja.

Istilah republik pertama kali diciptakan 500 SM di Roma, tetapi seiring waktu, istilah tersebut telah mengalami beberapa perubahan makna. Awalnya istilah Latin res publica menandai “bentuk parsial demokrasi” sebelumnya seperti yang ditemukan di Roma dari 500 SM sampai 27 SM.

Dalam demokrasi parsial Romawi awal ini, kekuatan kelas aristokratis atau ningrat, yang memegang semua kursi di Senat Romawi, diperiksa oleh lembaga konsulat, yang dua konsul / wakilnya dipilih setiap tahun oleh warga negara di Roma.

Republik adalah negara berdaulat tunggal, tetapi ada juga entitas negara sub-negara yang disebut sebagai republik, atau yang memiliki pemerintahan yang digambarkan sebagai “republik” di alam. Misalnya, Pasal IV Konstitusi Amerika Serikat “menjamin kepada setiap Negara Bagian dalam Persatuan ini sebagai bentuk Pemerintahan Republik”.

Sebaliknya, bekas Uni Soviet, yang menggambarkan dirinya sebagai kelompok “Republik” dan juga sebagai “negara multinasional federal yang terdiri dari 15 republik”, secara luas dipandang sebagai bentuk pemerintahan otoriter dan bukan sebagai bentuk republik dari pemerintah.

Itu dipandang sebagai otoriter, karena sistem elektoralnya terstruktur sehingga secara otomatis menjamin pemilihan calon yang disponsori pemerintah.


Baca Juga :