Batan siapkan program nuklir untuk energi

Posted on: May 31, 2020, by :

Batan siapkan program nuklir untuk energi

Batan siapkan program nuklir untuk energi

Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) terus menyiapkan berbagai aspek pendukung

program nuklir untuk energi sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat di Indonesia.

“Salah satu upaya tersebut adalah melakukan pemetaan terhadap para pemangku kepentingan yang terkait dengan program pemanfaatan teknologi nuklir untuk energi,” kata Kepala Batan Djarot Sulistio Wisnubroto di Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, beberapa pemangku kepentingan di negeri ini telah siap untuk

menyongsong era pemanfaatan teknologi nuklir untuk industri.

“Kita sudah menyusun peta pemangku kepentingan. Pihak swasta yang paling siap adalah industri non nuclear island, seperti industri pembuat turbin, sipil, dan teknologi non-reaktor lainnya,” kata Djarot.

Di sisi lain, menurut dia, yang paling lemah adalah industri di nuclear island yakni industri yang bergerak di bidang reaktor dan fasilitas yang berisiko radiasi, karena sampai saat ini di Indonesia belum ada.

“Hal itu menjadi tantangan bagi Batan untuk mengajak industri sebanyak-banyaknya

bergerak masuk ke ranah industri nuclear island,” katanya.

Ia mengatakan, dari sisi infrastruktur, Indonesia telah siap untuk memasuki go nuclear. Selain itu, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dengan regulasinya juga siap mengawal pemanfaatan teknologi nuklir untuk energi.

“Selama ini memang belum ada kebijakan go nuclear dari pemerintah, sehingga pihak swasta masih enggan untuk menuju industri nuclear island. Namun, setidaknya kami sudah mengajak para pemangku kepentingan untuk berdiskusi agar mereka bisa cepat beradaptasi bila kelak Indonesia menyatakan go nuclear,” katanya.

 

Baca Juga :