Author: g3wgj

Jenis-Jenis Sejarah dan Klasifikasi Lengkap beserta Contohnya

Sejarah secara umum dapat diartikan sebagai peristiwa yang benar-benar terjadi dalam kehidupan manusia di masa lalu. Memahami sejarah memiliki dua konsep penting, yaitu “ruang” dan “waktu”. Pemahaman juga mencakup penjelasan tentang lingkup yang dibahas oleh sejarah secara luas.

Peristiwa yang terjadi dalam kehidupan orang-orang meliputi banyak bidang, seperti ekonomi, sosial, budaya, politik, dll. Peristiwa itu juga berlangsung selama periode waktu yang sangat lama, sejak saat itu orang tidak mengetahui penulisan sejauh ini.

Oleh karena itu, dalam upaya untuk melanjutkan peristiwa yang telah terjadi di masa lalu, perlu memiliki keterbatasan baik dalam ruang, waktu dan tematik untuk mendapatkan hasil dari penulisan sejarah yang mendalam dan komprehensif. Istilah yang sering digunakan untuk menjelaskan batas-batas penulisan sejarah disebut Jenis Sejarah.

Jenis-jenis sejarah

Setidaknya klasifikasi atau pengelompokan dalam sejarah dapat dibagi menjadi 3 bagian sebagai berikut:

Jenis sejarah menurut wilayah

Sejarah lokal

Sejarah lokal adalah sejarah kelompok sosial di daerah tertentu. Batas-batas wilayah studi berbeda dari batas administrasi.

Jawa Timur adalah contoh perbatasan administratif dan ada banyak suku, kelompok etnis dan kelompok sosial lainnya di dalamnya.

Sejarah Pertempuran 10 November terjadi di Jawa Timur, tetapi tidak bisa menjadi sejarah Jawa Timur secara keseluruhan.

Tujuan sejarah lokal adalah asal mula pertumbuhan, perkembangan dan kejatuhan kelompok-kelompok lokal. Fitur utama dari sejarah lokal adalah faktor teritorial. Dampak yang disebabkan oleh sejarah lokal terbatas pada wilayahnya, bukan ke tingkat nasional.

Lingkup sejarah nasional lebih luas dari sejarah lokal. Ini berarti bahwa dampak yang dirasakan dari peristiwa yang terjadi secara politik, ekonomi, sosial dan budaya meluas ke perbatasan wilayah suatu negara di masa lalu. Seringkali, sejarah nasional dikatakan sebagai puncak dari berbagai peristiwa sejarah lokal.

Contoh penulisan sejarah nasional adalah buku “babuoni” yang sering digunakan dalam sejarah pembelajaran Indonesia, yaitu Sejarah Nasional Indonesia (SNI), sebanyak 6 volume. Buku SNI ditulis oleh sekumpulan sejarawan Indonesia yang dipimpin oleh Sartono Kartodirjo, Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto.

Jenis-Jenis Sejarah

Sejarah regional

Regional dapat diartikan sebagai daerah yang melintasi perbatasan suatu negara, tetapi warganya masih memiliki gaya yang hampir sama. Area yang dapat digunakan sebagai contoh adalah Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Selatan, dll. Atas dasar pemahaman regional kita dapat mengambil definisi sejarah regional yang merupakan peristiwa dalam kehidupan manusia yang telah terjadi di masa lalu di sebuah wilayah yang melintasi perbatasan suatu negara tetapi masih sebuah keluarga

Sejarah Internasional (Dunia)

Sejarah dunia berbeda dari sejarah bumi, karena sejarah sebagai suatu peristiwa tidak termasuk sejarah penciptaan bumi (geologi). Studi sejarah dunia mencakup peninggalan manusia, seperti fosil, artefak, catatan tertulis yang ada di semua bagian dunia dari periode pra-literal hingga saat ini.

Memang, karya-karya sejarawan (terutama yang di Eropa) yang membahas sejarah dunia telah diterbitkan dalam skala besar, seperti buku berjudul A History Study yang ditulis oleh Arnold J Toynbee dalam 12 volume. Buku ini membahas tentang 21 peradaban yang ada dan ada di dunia.

Jenis sejarah berdasarkan waktu

Selain pengelompokan historis menurut daerah, juga dikenal sebagai kelompok sejarah berdasarkan istilah (periode). Kita dapat mengambil kelompok sejarah berdasarkan waktu dalam buku sejarah nasional Indonesia:

  • Periode prasejarah,
  • Periode pengaruh Hindu-Buddha,
  • Periode pengaruh Islam,
  • Masa kekuasaan Belanda,
  • Periode Gerakan Nasional,
  • Periode pendudukan Jepang,
  • Masa kemerdekaan,
  • Periode Revolusi Fisik,
  • Periode perintah lama,
  • Periode pemesanan baru,
  • Periode Orde Reformasi.

Sebagai titik acuan dalam menentukan setiap periode / periode, ciri khas batas waktu harus dipenuhi.

Periode prasejarah,

Periode awal prasejarah dimulai dari awal kehidupan manusia di bumi. Periode prasejarah berakhir ketika orang-orang, subjek sejarah, mampu menulis. Akhir periode pra-percobaan di setiap negara bervariasi. Ini dipengaruhi oleh beberapa fakta, salah satunya adalah lingkungan geografis yang bervariasi dari satu negara ke negara. Hanya di Indonesia, periode keaksaraan diperkirakan telah berakhir sejak berdirinya Kerajaan Salakanagara pada 130 Masehi.

Baca Juga :

Cara Menangani Laptop yang Panas Temperatur Processor Suhu Meningkat

Terlalu panas atau panas berlebih pada laptop adalah masalah serius dan tidak bisa ditangani dengan sembarangan. Ini menunjukkan bahwa sistem pendingin pada laptop merupakan komponen penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli laptop.

Layar yang mati, sistem rusak, dan laptop yang restart tiba-tiba adalah beberapa gejala masalah overheating.

Untuk menghindarinya, Anda perlu tahu berapa suhu maksimum pada perangkat keras laptop, termasuk prosesor, hard drive, dan kartu grafis.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengunduh perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengetahui ketentuan komponen laptop, memasang bantalan karet, atau menambahkan pendingin laptop. Selain itu, Anda juga dapat membersihkan laptop dan mengoptimalkan ventilasi untuk menghindari kepanasan.

Panas Temperatur Processor

Mengatasi Laptop Cepat Panas

Suhu prosesor pada laptop dapat meningkat karena beberapa faktor, termasuk:

  1. Karena ada kerusakan pada komputer di laptop dan
  2. Karena udara knalpot tidak dapat bekerja dengan lancar.

Jika suhu prosesor naik karena masalah pertama, Anda harus membawanya ke bagian yang memahami perbaikan laptop Anda dengan sangat baik. Tetapi jika, karena udara yang dievakuasi tidak lancar atas kehendak Tuhan, laptop dapat diatasi dengan sendirinya.

Penonaktifan udara pada laptop yang tidak mulus dapat disebabkan oleh jumlah debu yang menempel, umumnya pembuangan udara terletak di sisi kiri laptop, pembuangan udara dianggap normal jika ada angin keluar dari lubang udara.

Cara Termudah

Cara termudah (versi saya) untuk membersihkan debu adalah dengan meniup bagian luar (laptop mati). Meniup keluar lubang udara dengan mulut Anda, mulut tidak boleh tetap berada di udara buangan, tetapi jaga jarak sekitar 1 cm dari mulut ke udara buang, dan jangan lupa untuk menutup hidup Anda karena ada kemungkinan debu tumpah ke dalam hidup Anda.

Jika Anda merasa debu telah hilang, coba nyalakan laptop Anda, lalu rasakan jika ada angin yang keluar dari udara yang keluar. Jika ada angin, berarti Anda sudah bisa membersihkan debu yang menempel di bagian lubang udara.
Jika mode over-the-top tidak dapat menangani panas laptop Anda, Anda dapat mencoba membongkar laptop Anda untuk membersihkan bagian dalam dengan sikat.

Tetapi jika Anda tidak berani melepaskan diri dari ketakutan akan sesuatu yang buruk terjadi pada laptop Anda, Anda dapat meminta seseorang yang ahli untuk memisahkan laptop, misalnya, untuk memiliki layanan laptop.

Sumber : Https://www.videomax.co/

Kehidupan Bangsa Indonesia Masa Pendudukan Jepang

Kehidupan Bangsa Indonesia Masa Pendudukan Jepang

kamu tahu berapa lama bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa Jepang? Ya! Selama 3,5 th. bangsa kita ini dijajah oleh bangsa Jepang. Kalau kamu telah membaca artikel-artikel peristiwa lainnya di blog ini, tentunya telah tahu terkecuali bangsa Jepang itu sangat licik dan sangat kejam memperlakukan masyarakat bangsa Indonesia. Kira-kira layaknya apa ya kehidupan bangsa Indonesia era pendudukan Jepang?

Pada artikel ini, bakal dibahas bagaimana suasana dan suasana kehidupan bangsa Indonesia didalam aspek sosial, ekonomi, budaya, politik, militer, dan termasuk pendidikan.

ASPEK SOSIAL

Pemerintahan Jepang selagi itu mencetuskan kebijakan tenaga kerja romusha. Mungkin kamu telah sering dengar terkecuali romusha adalah sistem kerja yang paling kejam sepanjang bangsa Indonesia ini dijajah. Tetapi, pada awalnya pembentukan romusha ini mendapat sambutan baik lho dari rakyat Indonesia, justru banyak yang bersedia untuk jadi sukarelawan. Namun seluruh itu beralih ketika keperluan Jepang untuk berperang meningkat.

Pengerahan romusha jadi sebuah keharusan, lebih-lebih paksaan. Hal berikut menyebabkan rakyat kita jadi sengsara. Kamu bayangin aja, rakyat kita dipaksa membangun seluruh layanan perang yang ada di Indonesia. Selain di Indonesia, rakyat kita termasuk dikerjapaksakan sampai ke luar negeri. Ada yang dikirim ke Vietnam, Burma (sekarang Myanmar), Muangthai (Thailand), dan Malaysia. Semua dipaksa bekerja sepanjang hari, tanpa diimbangi upah dan layanan hidup yang layak. Akibatnya, banyak dari mereka yang tidak lagi lagi ke kampung halaman dikarenakan telah meninggal dunia.

Selain romusha, Jepang termasuk membentuk Jugun Ianfu. Jugun Ianfu adalah tenaga kerja perempuan yang direkrut dari beragam Negara Asia layaknya Indonesia, Cina, dan korea. Perempuan-perempuan ini dijadikan perempuan penghibur bagi tentara Jepang. Sekitar 200.000 perempuan Asia dipaksa jadi Jugun Ianfu.

ASPEK BUDAYA

Pemerintahan Jepang dulu mencoba menerapkan kebudayaan berikan hormat ke arah matahari terbit kepada rakyat Indonesia lho! Dalam masyarakat Jepang, kaisar mempunyai tempat tertinggi, dikarenakan diyakini sebagai keturunan Dewa Matahari. Nah, Jepang berupaya menerapkan nilai-nilai kebudayaannya kepada bangsa Indonesia. Tetapi langsung mendapat pertentangan dan perlawanan dari masyarakat di Indonesia. Bangsa kita ini hanya menyembah Sang Pencipta, yakni Tuhan Yang Maha Esa mana barangkali setuju berikan hormat bersama membungkukkan punggung dalam-dalam (seikerei) ke arah matahari terbit.

Dahulu, para seniman dan tempat pers kita tidak sebebas sekarang. Pemerintahan Jepang mendirikan pusat kebudayaan yang diberi nama Keimin Bunkei Shidoso. Lembaga ini yang sesudah itu digunakan Jepang untuk mengawasi dan mengarahkan kegiatan para seniman supaya karya-karyanya tidak menyimpang dari kepentingan Jepang. Bahkan tempat pers pun berada di bawah pengawasan pemerintahan Jepang.

ASPEK PENDIDIKAN

Sistem pendidikan Indonesia pada era pendudukan Jepang berbeda bersama era pemerintahan kolonial Hindia-Belanda. Pada era pendudukan Jepang, seluruh kalangan dapat terhubung pendidikan, tetapi era Hindia-Belanda, hanya kalangan atas (bangsawan) saja yang dapat mengakses. Akan tetapi, sistem pendidikan yang dibangun oleh Jepang itu memfokuskan pada keperluan perang. Meskipun kelanjutannya pendidikan dapat diakses oleh seluruh kalangan, tapi secara jumlah sekolahnya mengalami penurunan sangat drastis, dari semulanya 21.500 jadi 13.500.

ASPEK EKONOMI

Sewaktu Indonesia masih di bawah penjajahan Jepang, sistem ekonomi yang diterapkan adalah sistem ekonomi perang. Saat itu Jepang merasa perlu untuk menguasai sumber-sumber bahan mentah dari beragam lokasi Indonesia. Tujuan Jepang melakukan itu, untuk menghadapi Perang Asia Timur Raya, Squad. Nah, wilayah-wilayah ekonomi yang dapat memenuhi kebutuhannya sendiri atau yang diberi nama Lingkungan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya, merupakan lokasi yang masuk ke didalam struktur ekonomi yang direncanakan oleh Jepang.

Kalau di bidang moneter, pemerintah Jepang berupaya untuk menjaga nilai gulden Belanda. Hal itu dikerjakan supaya harga barang-barang dapat dipertahankan sebelum perang.

ASPEK POLITIK dan MILITER

Pada era pendudukan Jepang, pemerintah Jepang tetap mengajak bekerja sama golongan-golongan nasionalis. Hal ini tahu berbeda dibandingkan pada era pemerintahan Hindia-Belanda. Saat itu golongan nasionalis tetap dicurigai. Golongan nasionalis berkenan bekerja sama bersama pemerintahan Jepang dikarenakan Jepang banyak melewatkan pemimpin nasional Indonesia dari penjara, layaknya Soekarno, Hatta, dan termasuk Sjahrir.

Kenapa Jepang mengajak kerja sama golongan nasionalis Indonesia? Karena Jepang menganggap bahwa golongan nasionalis ini mempunyai pengaruh besar pada masyarakat Indonesia. Saat itu, Wakil Kepala Staf Tentara Keenam Belas, Jenderal Harada Yosyikazu, berjumpa bersama Hatta untuk perlihatkan bahwa Jepang tidak menghendaki menjajah Indonesia, melainkan menghendaki melewatkan bangsa Asia. Karena itulah Hatta mererima ajakan kerja sama Jepang. Akan tetapi, Sjahrir dan dr. Tjipto Mangunkusumo tidak mererima tawaran kerja sama Jepang.

Namun, sesudah itu Jepang mengeluarkan undang-undang yang perihal pada bidang politik yang justru banyak merugikan bangsa Indonesia. https://www.biologi.co.id/

Jadi begitulah Squad uraian bagaimana suasana bangsa kita dulu selagi berada di bawah penjajahan Jepang. Beberapa kebijakan yang dikeluarkan Jepang justru menyengsarakan rakyat kita. Selain itu, Jepang termasuk mempunyai cara-cara yang licik untuk menguasai sumber daya alam dan juga sumber daya manusia bangsa kita.

Mengenal Perbedaan Rangkuman dan Notula

Mengenal Perbedaan Rangkuman dan Notula

kamu pernah diminta untuk mencatat hasil rapat atau merangkum suatu materi? Nah, kali ini kita akan studi mengenai langkah mengakibatkan rangkuman suatu materi dan mengakibatkan notula. Masih banyak yang mengira bahwa rangkuman dan notula itu sama, padahal keduanya tidak serupa lho, Squad. Apa bedanya? Yuk, kita merasa pelajari.

Notula adalah catatan singkat mengenai jalannya rapat. Unsur-unsur notula rapat ditulis berdasarkan alur materi dan obyek rapat, pas rapat, tempat rapat, peserta, acara rapat atau pelaksanaan, jalannya rapat, dan keputusan rapat atau hasil rapat.

Rangkuman adalah ringkasan dari suatu uraian obrolan atau tulisan. Rangkuman dimaksudkan sehingga seseorang sanggup lebih mudah mengerti mengisi uraian obrolan atau tulisan.

Dari pengertian di atas, apakah anda telah sanggup membedakan antara rangkuman dan notula? Intinya adalah didalam notula catatan singkat yang dibikin perlu berurutan dari awal hingga akhir, sedangkan pas mengakibatkan rangkuman tidak perlu berurutan.

Langkah-langkah Membuat Notula

Agar sanggup menulis notula secara baik, kita sanggup mencermati langkah-langkah berikut.

Tentukan terutama dahulu format notulen yang lengkap sesuai situasi dan kepentingan rapat, seperti berikut ini.
Judul notula yang berisi organisasi penyelenggara rapat.
Keterangan penyelenggaraan rapat yang meliputi tempat rapat, tanggal dan pas penyelenggaraan, pemimpin rapat, acara rapat, dan peserta rapat.
Pelaksanaan rapat yang meliputi pembukaan, sambutan, pemaparan, sesi tanya-jawab, dan penutup.
Penandatanganan notula.
Catat semua proses rapat yang diikuti apa ada bersama tidak menambah atau mengurangi materi.
Catat simpulan atau kesepakatan yang berjalan didalam rapat berikut secara cermat.
Tulislah notulen berikut secara rapi, bersama mencermati penulisan kata-kata dan pemanfaatan bahasa yang mudah dipahami, dan juga pemanfaatan tanda baca yang tepat.

Langkah-langkah Membuat Rangkuman

Membaca naskah asli atau mencermati suatu diskusi hingga tuntas.
Mencatat ide perlu yang terkandung didalam naskah atau diskusi.
Membuat reproduksi, yaitu menyusun lagi suatu karangan singkat berdasarkan gagasan-gagasan perlu yang diperoleh dikala membaca atau mencermati suatu materi secara detail tersebut.
Contoh Soal

Soal 1

Cermatilah penggalan kata-kata berikut.

Sesuai bersama kesepakatan bersama, kesibukan bakti sosial akan diselenggarakan terhadap awal bulan depan.

Penggalan di atas merupakan anggota notula rapat, yaitu….

pembukaan
penjelasan
sambutan
tanggapan
keputusan
Jawaban: E

Pemabahasan: berdasarkan maknanya, kata-kata berikut perlihatkan keputusan rapat gara-gara perlihatkan ketegasan yang telah final.

Soal 2

Kalimat simpulan rapat yang pas adalah ….

Rapat menyimpulkan bahwa keputusan akhir terserah terhadap semua peserta rapat.
Bagaimana pun keputusan ini baru merupakan langkah awal.
Berdasarkan kesepakatan dan pertimbangan bersama, peserta rapat menyimpulkan bahwa semua siswa kelas II dinyatakan naik kelas.
Tiada gading yang tak retak. Jadikanlah keputusan ini sebagai langkah awal program kerja kita.
Apapun yang berjalan kita perlu selalu menunjang keputusan rapat secara sukarela, ikhlas, dan setia.
Jawaban: C

https://www.gurukelas.co.id/ Pembahasan: kata-kata simpulan yang terpat ditunjukkan terhadap opsi C gara-gara isinya perlihatkan sebuah putusan yang telah disepakati sebelumnya.

Pengertian dan Cara Penulisan Daftar Pustaka

Pengertian dan Cara Penulisan Daftar Pustaka

“Ini bukunya bagus banget deh. Beli, yuk. Memang agak mahal sih, tetapi kalo kami hmm… patungan kan menjadi lebih murah hehehe”, ucap si laki-laki.

“Wajar sih bagus, cobalah menyaksikan aja daftar pustakanya. Si penulis mengutip dari mana saja tuh sumbernya”, balas si perempuan sambil menunjuk buku tersebut.

“Daftar apa tadi hmm…daftar apa? Pusaka? Keris dong?”, tanya si laki-laki.

“Pus-ta-ka, bukan pu-sa-ka. Sepertinya telinga anda tersumbat sesuatu,” si perempuan ini agak kesal menjawabnya.

Squad, mohon bedakan ya yang bakal kami bahas ini daftar pustaka bukan daftar pusaka. Kalau pusaka itu ‘kan warisan harta benda yang ditinggalkan, sanggup berwujud keris, cincin, dan sebagainya. Nah, kecuali yang kami bakal bahas kali ini ialah pengertian dan langkah penulisan daftar pustaka.

Kalian mengetahui layaknya apa bentuk dari daftar pustaka? Coba ambil buku pelajaran kalian dan menyaksikan halaman di belakang, kadang ditaruh di paling akhir tuh daftar pustakanya.

Daftar pustaka merupakan daftar yang berisi semua buku atau postingan ilmiah yang menjadi rujukan di dalam lakukan penelitian. Maksudnya begini Squad, kecuali kalian mendambakan menulis karya ilmiah yang sanggup berupa, artikel, makalah, atau presentasi, kalian wajib membuat daftar pustaka atau mudahnya kalian itu wajib mencantumkan sumber rujukan penelitian kalian. Jika membuat postingan ilmiah tetapi sumber rujukannya (daftar pustaka) tidak benar atau bahkan tidak ada, maka postingan ilmiah selanjutnya dikatakan tidak sanggup dipercaya alias hoaks.

“Berarti, daftar pustaka itu punyai manfaat dong ya?”

Tepat sekali, Squad. Ada beberapa manfaat dari penulisan daftar pustaka seperti:

memenuhi etika penulisan;
bentuk ucapan terima kasih penulis kepada penyumbang information penelitian;
sebagai pendukung gagasan seorang penulis;
petunjuk untuk melacak kebenaran information yang diambil; dan
referensi silang, yakni menunjukkan pada halaman atau anggota information selanjutnya dituliskan.
Nah, setelah mengetahui pengertian dan manfaatnya, saat ini liat baik-baik ya langkah penulisannya. Sebelumnya

Kita bahas satu per satu.

1. Nama Penulis

Dalam menulis nama penulis buku, maka nama penulis buku selanjutnya dibalik.

Contoh:

Hadi Setiadi → ditulis menjadi Setiadi Hadi

Kalau penulis bukunya lebih dari satu gimana tuh?

Ada beberapa perihal yang wajib kalian ingat nih Squad, kecuali penulisnya terdiri dari dua atau tiga orang, penulis pertama namanya ditulis dibalik, tetapi penulis kedua dan ketiga namanya tidak wajib dibalik. Jika penulisnya lebih dari tiga, maka nama penulis pertama selalu dibalik, sesudah itu ditambahkan singkatan dkk atau et.all.

Contoh:

Hadi Setiadi dan Iwan Sasmito → ditulis menjadi Setiadi Hadi dan Iwan Sasmito
Hadi Setiadi, Iwan Sasmito, dan Fahri Abdillah → ditulis menjadi Setiadi Hadi, Iwan Sasmito, dan Fahri Abdillah
Hadi Setiadi, Iwan Sasmito, Fahri Abdillah, Seno Aji, Rabia Edra → ditulis menjadi Setiadi Hadi dkk atau Setiadi Hadi et.all
Kalau ada beberapa buku tetapi ditulis oleh seorang pengarang, nama pengarang lumayan ditulis sekali pada buku yang disebut pertama. Selanjutnya, lumayan dibuat garis sepanjang 10 ketukan dan diakhiri bersama sinyal titik.

Contoh:

Setiadi Hadi.
__________ .
__________ .
Tanda garis selanjutnya menunjukkan bahwa penulisnya sama yakni Hadi Setiadi.

2. Tahun

Tahun di dalam penulisan daftar pustaka ditulis setelah nama penulis buku dan diakhiri sinyal titik (.)

Contoh:

Setiadi Hadi. 2017.

3. Judul Buku

Judul buku ditaruh setelah th. terbit bersama dicetak miring atau diberi garis bawah.

Contoh:

Setiadi Hadi. 2017. Cerdas Belajar Bahasa Indonesia.

4. Kota Penerbit

Kota penerbit ditulis setelah judul buku dan diakhiri sinyal titik dua (:).

Contoh

Setiadi Hadi. 2017. Cerdas Belajar Bahasa Indonesia. Jakarta:

5. Penerbit

Penerbit merupakan PT atau CV buku selanjutnya diterbitkan. Ditulis setelah kota penerbit dan diakhiri sinyal titik (.).

Contoh:

Setiadi Hadi. 2017. Cerdas Belajar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. ECP Tulis Indo.

Baca Juga :

Tsunami Banten Menelan Puluhan Korban Jiwa, Facebook Aktifkan Safety Check

Tsunami Banten Menelan Puluhan Korban Jiwa, Facebook Aktifkan Safety Check

 

Tsunami Banten Menelan Puluhan Korban Jiwa

Penanganan bencana tsunami yang menerjang pantai di Selat Sunda, khususnya di daerah Pandenglang, Lampung Selatan dan Serang terus bertambah.

Hingga Minggu (23/12/2018) pukul 10.00 WIB, data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 62 orang meninggal dunia, 584 orang luka-luka dan 20 orang hilang.

Kerugian fisik akibat tsunami tersebut, meliputi 430 unit rumah rusak berat, 9 unit hotel rusak berat, 10 kapal rusak berat dan puluhan rusak.

Atas kejadian tersebut Facebook pun sigap menyertakan informasi bencana di fitur Crisis Response dan Safety Check.

Fitur ini digunakan pengguna yang berada di sekitar wilayah terdampak bencana untuk memberikan informasi terkini pada area tersebut.

Baca: Unggahan Terakhir Bani Seventeen yang Jadi Korban Tsunami Banten, Foto Berdua dengan Putrinya

Teman yang terhubung lewat Facebook juga bisa memantau lewat halaman Crisis Response.

Untuk mengaksesnya, pengguna bisa login ke Facebook, lalu di halaman utama klik “See More” di sebelah kiri deretan menu.

Fitur Safety Check

Setelah dibeberkan beberapa menu lainnya, pilih “Crisis Response”.

Di halaman ini, pengguna bisa melihat beberapa bencana terkini, termasuk bencana tsunami yang melanda Banten malam tadi.

Setelah tiba di halaman Crisis Response, pilih postingan “The Tsunami near Sunda Strait, Indonesia”.

Di situ akan tampil halaman beranda Crisis Response tsunami Banten.

Di sini, pengguna bisa melihat informasi dan fakta terkini dari beberapa situs berita daring terkait bencana tsunami Banten, sekaligus rangkuman bencana.

Facebook tanggap bencana

Safety check Selain berita, facebook juga mengaktifkan Safety Check.

Pengguna Facebook yang berada di lokasi sekitar Banten dan Anyer akan menerima notifikasi apakah mereka aman dari bencana tsunami atau tidak.

Update kondisi itu ditampilkan di fitur “Friends in Area” di menu Crisis Response.

Fitur ini berguna untuk mengetahui apakah kerabat pengguna di Facebook yang berada di area bencana selamat atau tidak, berdasarkan lokasi.

Jika pengguna ingin menanyakan keadaan kepada temannya yang ada di daerah tersebut, klik tombol “Ask if Safe” dan nantinya akan disampaikan ke kerabat tersebut lewat notifikasi.

Baca: Video Kondisi Pantai Anyer Pasca-Tsunami, Puing-Puing Bangunan Berserakkan

Ada pula menu “Support” untuk menggalang bantuan sesama pengguna Facebook mulai dari kebutuhan pokok, seperti makanan dan pakaian, hingga tempat tinggal.

Safety Check Facebook

Sebelumnya, Facebook sendiri sudah kembangkan fitur serupa yakni Safety Check.

Fitur ini memang dikembangkan oleh Facebook sebagai sistem informasi darurat saat terjadi bencana, seperti gempa bumi atau banjir.

Fitur tersebut diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 2014

Kala itu, Facebook menyatakan terinspirasi dengan peristiwa bencana gempa bumi yang menimpa Jepang di tahun 2011.

Sebelumnya BMKG menyatakan bahwa gelombang tinggi yang menerjang pantai di sekitar Selat Sunda adalah tsunami.

Hasil pengamatan menunjukkan tinggi gelombang masing-masing 0.9 meter di Serang pada pukul 21.27 WIB, 0,35 meter di Banten pada pukul 21.33 WIB, 0,36 meter di Kota Agung pada pukul 21.35 WIB, dan 0,28 meter pada pukul 21.53 WIB di Pelabuhan Panjang.

Meski menyatakan tsunami, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rachmat Triyono menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada aktivitas seismik di sekitar lokasi gelombang tinggi.

Tsunami kemungkinan disebabkan longsor bawah laut akibat erupsi Gunung Anak Krakatau dan gelombang pasang akibat bulan purnama.

Artikel Terkait :

PENGERTIAN POSSESSIVE PRONOUN DAN CONTOH KALIMATNYA

PENGERTIAN POSSESSIVE PRONOUN DAN CONTOH KALIMATNYA

 

PENGERTIAN POSSESSIVE PRONOUN DAN CONTOH KALIMATNYA

Hallo semuanya, masih berbicara seputar jenis-jenis pronoun atau dalam bahasa indonesia kita menyebutnya sebagai kata ganti. Pada perjumpaan sebelumnya kita menyelesaikan pembahasan tentang salah satu jenis pronoun yaitu personal pronoun, anda bisa membacanya sendiri. Nah pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang possessive pronoun, karena jenis pronoun ini menyebabkan cukup ke ambiguan dengan possessive adjective. Untuk mengetahui perbedaan jelas antara possessive pronoun dan possesive adjective silahkan simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Possessive Pronoun

Possessive pronoun adalah sebuah pronoun yang digunakan untuk menunjukkan sebuah kepemilikan terhadap suatu benda, dan menggantikan sebuah noun atau noun phrase. Dalam sebuah kalimat possessive pronoun dapat dijadikan sebagai subject of sentence, subject complement.

Possessive Pronoun Vs Possessive Adjective

Pronoun ini memang menimbulkan ke ambiguan dengan possessive adjective yang memiliki makna yang sama, namun secara fungsi keduanya sangatlah berbeda. Untuk mengetahuinya silakan lihat tabel dibawah ini.

Contoh Kalimat Possessive Pronoun Vs Possessive Adjective
Utnuk lebih jelasnya mengenai perbedaan keduanya, silahkan tebel contoh possessive pronoun dan Possessive adjective di bawah ini.

Possessive pronoun

Possessive adjective

This is hers.
Ini (buku)miliknya.
This is your book.
Ini bukunya

Mine is very old
Punyaku(sepedah) sangat tua.

My bike is very old.
Sepedahku sangat tua.
Yours is like my father’s car
Punyamu(mobil) seperti mobil ayahku.

Your car is like my father’s car.
Mobilmu seperti mobil ayahku.
Hers is very kind.
(Orangtua)nya sangat baik.

Her parrents is very kind.
Orang tua dia sangat baik.
Ours will be win.
(Tim)kita akan menang.

Our team will be win.
Tim kita akan menang.
Theirs have been collected
(Tugas)mereka sudah dikumpulkan.

Penggunaan Possessive Pronoun dan Contoh Kalimatnya

Dari segi penggunaannya, possessive adjective diletakkan sebelum noun(phrase) yang mengikutinya, sedangkan possessive pronoun berfungsi untuk menggantikan noun(phrase). Possessive bronoun antara lain yang berupa berupa singular (mine, yours, hers, his, its) atau plural (ours, yours, theirs), yang dimana digunakan sendirian tanpa diikuti/dipasangkan dengan noun(phrase). Dan pemilihan penggunaan possessive pronoun bergantung pada:
number: singular (ex: mine) or plural (ex: ours)
person: 1st person (ex: mine), 2nd person (ex: yours) or 3rd person (ex: his)
gender: male (his), female (hers).

CONTOH KALIMAT POSSESSIVE PRONOUN

My young sister’s shoes is Nike. Mine is Adidas.(Sepatu adikku Nike. Punyaku Adidas.)
This book is hers, not mine.(Buku ini miliknya, bukan milikku.)
Your car is a lot faster than mine. (Mobilmu lebih cepat daripada (mobil)punyaku).
This is my father and mother’s room. Mine is in second floor. (ini adalah kamar ayah dan ibu. Kamarku di lantai dua.)

Who’s book is that? Is it Yours?(Buku siapa ini? Punyamu?)

Nah itulah tadi pembahasan tentang pengertian possessive pronoun dan contoh kalimatnya. Silahkan berkomentar di bawah jika ada yang ingin ditanyakan atau kurang paham dengan materi di atas. Mohon maaf dan mohon koreksinya juga bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih.

 

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.com/

Berikan Hadiah Terbaik di Momen yang Spesial untuk Orang Terkasih!

Berikan Hadiah Terbaik di Momen yang Spesial untuk Orang Terkasih!

 

Berikan Hadiah Terbaik di Momen yang Spesial untuk Orang Terkasih!

Hadiah Terbaik di Momen yang Spesial

Tahun 2019 sudah di depan mata, tentunya momen penting seperti ini tidak boleh dilalui begitu saja.

Memberikan hadiah tahun baru pada orang yang paling dikasihi tentu akan menjadikan tahun baru Anda dan yang tersayang menjadi lebih istimewa.

Bingung ingin memberikan hadiah di tahun baru? Tak perlu khawatir, karena Vivo V11 Fairy Pink merupakan hadiah yang bisa Anda berikan pada orang terkasih.

Pasti Anda bertanya-tanya

kenapa Vivo V11 Fairy Pink merupakan hadiah yang tepat? Yuk, intip spesifikasi smarthone berikut ini.

Desain Menawan dengan Warna Gradasi

Bagian belakang V11 Fairy Pink dihiasi dengan warna gradasi merah muda dan ungu dan dengan efek glossy akan berkilau ketika terpapar cahaya.

Tidak hanya menawan dan sedap dipandang, kilauan tersebut sekaligus membuat V11 Fairy Pink tampak lebih mewah dan menawan.

Menariknya lagi, V11 juga hadir dalam pilihan warna Starry Black yang sangat eye-catching.

Layar Lega, Poni Minimalis

Beralih ke bagian depan, V11 Fairy Pink memiliki layar Ultra All Screen 6,3 inci, dengan rasio berukuran 19:9, dan rasio layar ke bodi 90.4%.

Dengan layar yang luas dan keluaran warna yang begitu memanjakan mata saat digunakan, tentunya akan sangat mendukung aktivitas mobile seperti nonton video streaming atau berselancar di internet.

Selain itu, smartphone ini memiliki desain bodi terbaik yang hadir dalam dimensi 154,8mm x 75mm x 7,9mm, dan bobot ringan 156 gram.

Performa Mumpuni untuk Aktivitas Mobile

V11 Fairy Pink dibekali hardware yakni prosesor Octa-core AI dari MediaTek Helio P60 yang ditemani dengan memori RAM 4GB, ROM 64GB, dan sistem operasi FunTouch OS 4.5 berbasis Android 8.1 Oreo.

Dengan hardware seperti ini, Anda bisa menjalankan berbagai aplikasi seperti media sosial, galeri, Youtube, dan aplikasi musik dengan mulus tanpa kendala.

Tidak hanya itu, V11 Fairy Pink telah didukung teknologi Fast Charging untuk pengisian daya baterai 3315mAH yang jauh lebih cepat dan nyaman.

Kamera AI Canggih yang Unggul pada Kelasnya

V11 Fairy Pink didukung kamera depan 25MP dengan fitur-fitur canggih seperti AI Face Shaping, Anti-Backlight AI HDR/ AI Low Light Mode, AI Scene Recognition, AI Selfie Lighting, dan AI Portrait Framing.

Sedangkan kamera belakang ganda 16MP+5MP masing-masing menggunakan aperture f/2.0 dan f/2.4 yang dilengkapi lampu flash. Adanya kamera ganda ini mampu menghasilkan kemudahan foto dengan efek bokeh (efek buram pada latar belakang).

Selain itu, fitur Panorama atau Professional yang ada di menu kamera V11 Fairy Pink mengadopsi menu layaknya kamera DSLR dan menghasilkan gambar dengan beragam format antara lain 1:1, 16:9, 19:9, dan 4:3.

Jadi bagaimana, sudah terbukti bahwa V11 Fairy Pink bisa dijadikan hadiah yang sangat spesial bagi orang tersayang, kan?

Anda bisa dapatkan Vivo V11 Fairy Pink pada program Selling Day melalui official Vivo Stores, di toko-toko retail maupun Official Partner di e-commerce, seperti JD.ID, Blibli.com dan Akulaku.

Sumber : http://situsiphone.com/

Cara Kreatif Untuk Mengajar Matematika

Cara Kreatif Untuk Mengajar Matematika

Cara Kreatif Untuk Mengajar Matematika
Cara Kreatif Untuk Mengajar Matematika

 

Beberapa aktifitas di kelas

Berikut ini ada beberapa aktifitas di kelas untuk menumbuhkan kreativitas dalam pengajaran matematika. Dalam pengajaran, sering-seringlah mengajukan pertanyaan kritis seperti “Apakah Kamu mencoba ini?” “Apa yang akan terjadi jika ada ini ?” “Apakah kamu dapat?” untuk meningkatkan pemahaman anak-anak dari ide-ide dan kosakata matematika. Berikut beberapa aktifitas yang mungkin dapat dipraktekkan di kelas:

Gunakan dramatisasi

Ajaklah anak-anak berpura-pura berada di sebuah bola (sphere) atau kotak (prisma), merasakan sisi-sisinya, ujung-ujungnya, dan sudutnya dan menyandiwarakan secara sederhana masalah aritmatika seperti: Tiga katak melompat dalam kolam dsb.

Menggunakan anggota tubuh anak-anak

Menyarankan agar anak-anak menunjukkan berapa banyak kaki, mulut, dan sebagainya. Ketika diminta untuk menampilkan “tiga tangan,” mereka akan menanggapi dengan protes keras, dan kemudian menunjukkan berapa banyak tangan yang mereka memiliki( “membuktikan”) ini. Kemudian mengajak anak-anak untuk menampilkan nomor dengan jari, dimulai dengan pertanyaaan sederhana, “Berapa usia Kamu?” Kemudian siswa diminta menunjukkan angka yang diminta guru. Selain itu guru menampilkan angka dalam berbagai cara (misalnya, menunjukkan lima dengan tiga pada jari tangan kiri dan dua di jari tangan kanan).

Menggunakan permainan

Melibatkan anak-anak bermain yang memungkinkan mereka untuk melakukan matematika dalam berbagai cara, termasuk pengurutan, menciptakan bentuk simetris dan bangunan, membuat pola, dan sebagainya. Kemudian memperkenalkan permainan jual-beli di toko, menunjukkan anak-anak permainan membeli dan menjual mainan atau benda kecil lainnya, belajar menghitung, aritmatika, dan konsep uang.

Menggunakan mainan

Mendorong anak-anak untuk menggunakan “adegan” dan mainan untuk simulasi kejadian nyata, seperti tiga mobil di jalan, atau misalnya, untuk menunjukkan ada dua monyet di atas pohon dan dua di atas tanah.

Menggunakan cerita anak-anak

Bercerita tentang sebuah kisah menarik yang didalamnya berisi konsep matematika. Jika perlu diperagakan khususnya untuk memperjelas konsep matematikanya

Baca Juga : 

 

Modal Auxiliaries May

Modal Auxiliaries May

Modal Auxiliaries May
Modal Auxiliaries May

 

Modal auxiliaries adalah kata kerja bantu yang selalu diikiti oleh kata kerja pertama (VERB-1) atau BE. Penggunaan modal auxiliaries dapat dirumuskan sebagai berikut :

SUBJECT + MODAL AUXILIARIES + VERB-1 (BE) + COMPLEMENT

Cara untuk menentukan modal auxiliaries yang akan digunakan dalam suatu kalimat tergantung pada makna modal auxiliaries itu sendiri. Karena itu, kita perlu mengetahui makna masing-masing modal auxiliaries.



May

May adalah kata kerja bantu yang digunakan dalam bentuk present, sementara untuk bentuk past digunakan might. Meskipun demikian, might dapat juga digunakan untuk present. Pola kalimat penggunaan modal auxiliary ini dapat dituliskan sebagai berikut :

 

SUBJECT + MAY / MIGHT + VERB-1 (BE) + OBJECT / COMPLEMENT

Baik may maupun might mempunyai arti yang sama yaitu :

Menyatakan izin (permission)

Apabila may digunakan untuk menyatakan izin, may ataupun might dapat digantikan dengan can atau could. Hal ini bisa terjadi karena can dan could dapat juga digunakan untuk menyatakan izin.

Karena may / might mempunyai fungsi yang sama dengan can / could dalam menyatakan izin, may dan might dapat juga diganti dengan TO BE + ALLOWED / PERMITTED + TO. Perbedaan may / might dengan can / could terletak pada nilai rasanya. May / might mempunyai nilai rasa yang lebih sopan dibandingkan dengan can / could.

Contoh :

  1. You may stay here for a night.
  2. She may borrow my book.
  3. May I use your car?
  4. Andi may go outside.
  5. May he join us to the party?

Menyatakan kemungkinan (possibility)

Apabila may / might digunakan untuk menyatakan kemungkinan, modal auxiliary tersebut dapat diganti dengan kata yang menyatakan suatu hal yang belum pasti, seperti Perhaps, Possibly, probably, uncertain atau Not Sure.

Contoh :

He may be late. Perhaps, he is late. He is probably late.

They may lose the way. They probably lose the way. Perhaps, they lose the way.

We may find it in the forest. Perhaps, we find it in the forest. We probably find it in the forest.

She might miss the first train. Perhaps, she misses the first train. She probably misses the first train.

I may fail in the test. Perhaps, I fail in the test. I probably fail in the test.

Sumber : https://www.ilmubahasainggris.com/