Inilah Perbedaan Mesin Mobilio dan Mesin Honda Jazz

Posted on: May 16, 2020, by :

Pernahkah kita mendengar tentang kabar mesin Honda Jazz sama dengan mesin Mobilio? Nah, kali ini anda akan membahasnya secara lebih rinci mengenai kedua mesin mobil buatan PT Honda Prospect Motor tersebut.

Sebenarnya mesin Honda Jazz bertolak belakang dengan Honda Mobilio, urusan ini dapat disaksikan dari kode mesin yang dipakai pada setiap mobil tersebut, khususnya pada unsur kode buntutnya. Mesin Honda Jazz memakai mesin yang berkode L15A, sementara untuk Honda Mobilio memakai mesin berkode L15Z1 yang nyaris sama dengan mobil Honda City buatan tahun 2014.

Perbedaan mesin tentu memprovokasi performa serta tenaga yang dihasilkannya. Tenaga yang didapatkan oleh mesin mobil Mobilio ialah sebesar 118 PS pada kecepatan 6.600 Rpm dengan torsi maksimal sebesar 145 Nm pada kecepatan 4.600 Rpm.

Sedangkan pada mesin Honda Jazz, tenaga yang didapatkan lebih besar yakni sebesar 120 PS pada kecepatan 6.600 Rpm dengan torsi maksimal sebesar 145 Nm pada kecepatan 4.800 Rpm. Lalu apakah urusan ini menyatakan bahwa tenaga yang didapatkan Honda Jazz lebih unggul dikomparasikan dengan Mobilio.? Jawabannya tidak juga, karena mesin Mobilio sudah mendapatkan tidak sedikit perubahan serta penyempurnaan sistem yang bisa menghasilkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih baik dikomparasikan dengan performa mesin.

Mesin Mobilio sebetulnya telah dirubah dan disempurnakan sedemikian rupa sampai-sampai menghasilkan putaran mesin yang lebih merata, mulai dari putaran bawah dan putaran atasnya. Kondisi ini terjadi berkat teknologi Lo-Hi VTEC yang dapat bekerja di putaran atas dan bawah. Hal ini pun terjadi pada pemakaian double needle plug dan low tension oil seal serta piston yang lebih rendah gesekan dampak pemakaian zigzag pattern coating.

Salah satu hal penting yang dianggarkan oleh Honda untuk menyerahkan resin intake yang terintegrasi dengan bahan plastik laksana mobil ketika ini ialah dengan menurunkan mutu mesin kendaraan. Lalu kenapa tenaga mesin yang didapatkan lebih kecil bila dikomparasikan dengan mobil Honda City 2014? Hal ini barangkali saja disebabkan oleh sekian banyak penyesuaian yang dilaksanakan oleh Honda Indonesia karena Indonesia sendiri guna mobil ruang belajar LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) masih tidak sedikit yang memakai BBM bersubsidi.

Jadi walaupun jenis mesin Mobilio bertolak belakang dengan Honda Jazz, kita tidak butuh khawatir, karena mesin L15Z1 adalahpengembangan dari mesin L 15A yang lebih advanced sampai-sampai lebih irit bahan bakar. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Sumber : https://gumroad.com/adukasip/p/seva-mobil-bekas-pilihan-expert-untuk-pemula