Pengertian Latihan Daya Tahan Jantung dan Paru

Posted on: April 14, 2020, by :
Pengertian Latihan Daya Tahan Jantung dan Paru

Pengertian Latihan Daya Tahan Jantung dan Paru

Menurut Bompa (1994:4) latihan adalah aktivitas olahraga yang sistematik dalam waktu yang lama, ditingkatkan secara progresif dan individual yang mengarah kepada ciri-ciri fungsi psikologis dan fisiologis manusia untuk mencapai sasaran yang ditentukan. Harsono (1988:102) menyatakan bahwa latihan juga bisa dikatakan sebagai sesuatu proses berlatih yang sistematis yang dilakukan secara berulang-ulang yang kian hari jumlah beban latihannya kian bertambah.  Jadi latihan adalah aktivitas olahraga yang dilakukan secara berulang-ulang dengan proses yang sistematis untuk mencapai sasaran yang ditentukan.

Pengertian Latihan Daya Tahan Jantung dan Paru

Suharno (dalam Budiwanto, 2004:35) menjelaskan bahwa daya tahan adalah kemampuan organ atlet untuk melawan kelelahan yang timbul saat melakukan aktivitas olahraga dalam waktu yang lama. Daya tahan atau endurance dalam hal ini dikenal dua macam daya tahan, yakni daya tahan umum atau general endurance dan daya tahan otot atau local endurance. Menurut Sajoto  (1995:  8) Daya tahan umum (general endurance), yaitu kemampuan seseorang dalam menggunakan sistem jantung, paru-paru dan peredaran darahnya secara efisien, dan efektif untuk menjalankan kerja secara terus yang melibatkan kontraksi sejumlah otot dengan  intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama. Jadi daya tahan kardiovaskuler atau daya tahan paru dan jangtung adalah kemampuan seseorang menggunakan organ paru dan jantung untuk melakukan aktivitas olahraga dalam waktu yang lama.

Dari paparan pendapat diatas bisa disimpulkan bahwa latihan daya tahan kardiovaskuler atau daya tahan paru dan jantung adalah, suatu aktivitas olahraga yang dilakukan secara berulang-ulang dengan proses yang sistematis untuk mendapatkan kemampuan maksimal organ paru dan jantung dalam melakukan aktivitas fisik yang lama.

  1. Tujuan latihan daya tahan paru dan jantung
  2. Meningkatkan kemampuan kerja jantung
  3. Meningkatkan kapasitas paru
  4. Menjaga kebugaran jasmani
  5. Meningkatkan semua komponen fisik lainnya
  6. Menciptakan aktivitas gerak yang ekonomis
  7. Meningkatkan daya refleks
  8. Meningkatkan kemampuan kerja otot

sumber :

Guard Of The Light : Shooting and Tower Defense 1.09 Apk + Mod