Kompetisi Sains Madrasah 2019 Provinsi NTB Mulai Bergulir
Posted on: December 1, 2019, by : g3wgj
Kompetisi Sains Madrasah 2019 Provinsi NTB Mulai Bergulir

Kompetisi Sains Madrasah 2019 Provinsi NTB Mulai Bergulir

Kompetisi Sains Madrasah 2019 Provinsi NTB Mulai Bergulir
Kompetisi Sains Madrasah 2019 Provinsi NTB Mulai Bergulir

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat

(NTB) mulai bergulir. KSM tahun 2019 ini dibuka oleh Sekjen Kemenag, M Nur Kholis Setiawan di lapangan umum Sangkareang Kota Mataram, Rabu (14/8).

Seremonial pembukaan dihadiri sekitar 10.000 siswa Madrasah dan santri pondok pesantren.

“Dalam 10 tahun terakhir, berdasarkan hasil penelitian para ilmuwan Internasional, sedang terjadi peralihan kekuatan dari Barat ke Timur, sedang terjadi pergeseran kekuatan, di mana Indonesia ke depan akan menjadi kekuatan dunia,” kata M Nur Kholis Setiawan di Mataram.

M Nur Kholis Setiawan optimis, ke depan akan semakin banyak orang benar

dan pintar lahir dari Madrasah. Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini menilai, KSM yang sudah dilaksanakan sejak 2008 itu bisa menjadi salah satu ruang terbaik bagi siswa Madrasah untuk mengembangkan nalar kritis berbasis keagamaan.

“Lima karakter yang harus dimiliki santri Madrasah, yaitu Tawaddu’, bekerjasama, responsif, memakrifatkan manusia dan mampu bersikap proporsional,” kata M Nur Kholis Setiawan.

Kabid Pendidikan Madrasah NTB, sekaligus juga Ketua Panitia, Zamroni Aziz melaporkan bahwa KSM akan berlangsung dua hari, yaitu tanggal 14 – 15 Agustus 2019 di MAN 1 Mataram.

Seremonial pembukaan diawali dengan pawai karnaval yang dilepas oleh Wali Kota Mataram,

Akhyar Abduh di Islamic Center. Peserta karnaval adalah siswa-siswi Madrasah dari kabupaten/kota se-NTB yang mengenakan busana adat daerah masing-masing.

Kakanwil Kemenag NTB, Nasruddin berharap pelaksanaan KSM dapat memotivasi dan menginspirasi siswa Madrasah untuk terus berjuang dan semangat meraih cita-cita.

“Utamakan kejujuran dan kesantunan dalam mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat,” kata Nasruddin.

Tampak hadir dalam pembukaan KSM tingkat Provinsi NTB ini, Asisten 1 Pemprov NTB, Wali Kota Mataram, Bupati Lobar, Bupati KLU, Kankemenag Kabupaten/kota se Nusa Tenggara Barat, Kepala Dinas/Instansi se Kota Mataram, Perbankkan dan BUMN se Kota Mataram.

Usai membuka KSM tingkat Provinsi NTB, Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan juga menandatangani Prasasti Peresmian Penegerian Madrasah dan menerima penyerahan tanah hibah dari beberapa Bupati dan Wali Kota.

 

Sumber :

https://my.mac.edu/ICS/Campus_Life/Campus_Groups/MacMurray_College_Choir/Discussion.jnz?portlet=Forums&screen=PostView&screenType=change&id=6ac110c3-9423-45b0-8977-6c5342bff9cf