FK Unusa Kini Didukung Fasilitas Rumah Sakit Pendidikan Utama
Posted on: November 17, 2019, by : g3wgj
FK Unusa Kini Didukung Fasilitas Rumah Sakit Pendidikan Utama

FK Unusa Kini Didukung Fasilitas Rumah Sakit Pendidikan Utama

FK Unusa Kini Didukung Fasilitas Rumah Sakit Pendidikan Utama
FK Unusa Kini Didukung Fasilitas Rumah Sakit Pendidikan Utama

Menyusul diperolehnya akreditasi B, Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

(FK Unusa) kini didukung dengan fasilitas rumah sakit pendidikan utama, yang kini disandang oleh RSI Surabaya Jemursari.

Fasilitas ini merupakan salah satu komponen utama dalam pelaksanaan program pendidikan dokter.

Demikian disampaikan Rektor Unusa, Prof Dr Ir Achmad Jazidie M.Eng dalam acara Jumpa Pers perolehan sertifikat Rumah Sakit Pendidikan Utama di Ruang Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (Yarsis), Selasa (23/7/2019) siang.

“Peran RS Pendidikan dalam mencetak dokter yang kompeten tidak dapat dipandang sebelah mata. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 93 tahun 2015 tentang Rumah Sakit Pendidikan, menyebutkan bahwa Rumah sakit Pendidikan adalah rumah sakit yang mempunyai fungsi sebagai tempat pendidikan, penelitian, dan pelayanan kesehatan secara terpadu dalam bidang pendidikan kedokteran, pendidikan berkelanjutan, dan pendidikan kesehatan lainnya secara multiprofesi,” kata Rektor.

Untuk mewujudkan hal tersebut Unusa telah berhasil mendampingi Rumah Sakit Islam

(RSI) Surabaya Jemursari memperoleh predikat sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama.

“Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit merupakan satu kesatuan yang memiliki fokus kegiatan pada peningkatan pelayanan, pendidikan dan penelitian melalui pengembangan Rumah Sakit Pendidikan. Hal ini menjadikan sebuah keharusan bagi Fakultas Kedokteran untuk memiliki Rumah Sakit Pendidikan Utama, dan saat ini Unusa telah memilikinya,” katanya.

Melalui SK Menteri Kesehatan No. HK.01.07/MENKES/324/2019, Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya telah ditetapkan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.

Jazidie berharap dengan diperolehannya predikat RS Pendidikan itu, peminat FK Unusa terus meningkat.

“Kami juga telah menerima tentang penambahan jumlah mahasiswa FK dari Kemenristekdikti.

Awalnya hanya diperbolehkan menerima 50 mahasiswa baru, kini bisa menerima hingga 100 mahasiswa baru. Tentu penambahan itu seiring dengan fasilitas yang kami miliki dan akreditasi yang telah diperoleh,” kata Rektor.

Jazidie menjelaskan, FK Unusa menerima mahasiswa sejak tahun 2014. Angkatan Pertama sudah lulus S1 kedokteran dan sekarang sedang menjalani panitera klinik atau dokter muda di RSI Jemursari.

“Selain RS Pendidikan Jemursari, kami juga didukung dua rumah sakit lain, yakni RSI A. Yani dan RS Ibu dan Anak Nyai Ageng Pinatih di Grersik. Semua rumah sakit itu ada dalam satu yayasasan, yakni Yayasan Rumah Sakit Islam Surabaya (Yarsis).

 

Baca Juga :