Pendidikan Karakter di SMP Negeri
Posted on: November 8, 2019, by : g3wgj
Pendidikan Karakter di SMP Negeri

Pendidikan Karakter di SMP Negeri

Pendidikan Karakter di SMP Negeri
Pendidikan Karakter di SMP Negeri

Pada hari Senin, 27-12-2010, saya mendapat kehormatan diundang oleh SMP Negeri 2 Darma-Kabupaten Kuningan untuk menjadi pemateri dalam acara Workshop tentang Optimalisasi Kinerja Guru. Sesuai dengan permohonan panitia, pada kesempatan ini saya menyampaikan materi tentang “Pendidikan Karakter di Sekolah (Mengapa, Apa dan Bagaimana)”. Materi ini dikemas dalam bentuk tayangan Power Point, merupakan hasil olahan saya dari berbagai sumber, terutama diambil dari : Buku Panduan Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, dilengkapi dari sumber-sumber online, diantaranya dari website-nya Pak Suparlan dan Pak Triyono, serta beberapa tulisan yang telah disajikan dalam blog ini.

Kepada peserta saya menawarkan pemikiran implementasi Pendidikan Karakter yang agak sedikit berbeda dari rambu-rambu Kemendiknas. Jika Anda membaca buku Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, yang diterbitkan Kemendiknas, di sana tampak bahwa pengembangan karakter di sekolah dilakukan melalui pendekatan Pembelajaran, Ekstra Kurukuler dan Manajemen. Sementara peranan Bimbingan dan Konseling yang menurut hemat saya justru sangat sarat dengan karakter, malah sama sekali tidak disinggung.Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya menyisipkan tentang pentingnya peranan Bimbingan dan Konseling dalam pengembangan karakter siswa. Jika divisualisasikan tentang implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah versi saya ini menjadi seperti tampak dalam gambar di bawah ini.

Skema Pendidikan Karakter

Selama berlangsungnya penyajian, saya melihat adanya rasa ingin tahu dan enthusias yang tinggi dari para peserta, tampak dari munculnya berbagai pertanyaan dan gagasan dari peserta. Diantaranya, ada yang menggagas pentingnya menghidupkan nilai-nilai lokal dalam mengembangkan karakter siswa, mempertanyakan bagaimana mengadaptasikan nilai-nilai yang berkembang di masyarakat menjadi bagian dari pengembangan iklim dan budaya sekolah, bagaimana pengembangan karakter untuk mata pelajaran matematika yang berkaitan dengan pengembangan kemampuan logis dan menghargai keberagaman, dan lain-lainnya seputar implementasi pendidikan karakter, yang semua itu tentu menjadi bahan diskusi yang hangat dan menarik.

Sebuah kehormatan bagi saya bisa tampil di hari pertama, bersamaan dengan acara pembukaan, yang dibuka secara resmi oleh Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kuningan, Bapak Dedi Supardi, M.Pd. Dalam kesempatan sambutannya, selain memaparkan kebijakan pendidikan di Kabupaten Kuningan, beliau menitipkan pesan kepada para peserta untuk senantiasa berusaha meningkatkan kemampuan profesionalnya, khususnya berkaitan dengan perbaikan proses pembelajaran siswa. Dalam hal ini, rekan-rekan guru diharapkan dapat mengembangkan model-model pembelajaran yang menarik dan mutakhir, diantaranya berusaha memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.

Akhirnya, semoga saja apa yang telah saya sampaikan kiranya dapat dikembangkan lebih lanjut oleh seluruh keluarga besar di SMP N 2 Darma, sehingga ke depannya SMP N 2 Darma dapat tampil lebih berkarakter lagi. Amin.

Baca Juga :