Pramuka, Eskul Wajib Tiap Sekolah
Posted on: October 1, 2019, by : g3wgj
Pramuka, Eskul Wajib Tiap Sekolah

Pramuka, Eskul Wajib Tiap Sekolah

Pramuka, Eskul Wajib Tiap Sekolah
Pramuka, Eskul Wajib Tiap Sekolah

Pengukuhan Gugus Depan (Gudep) se kecamatan Cimenyan masa bakti 2016-2019

dilantik secara serentak, acara dilaksanakan di Aula gedung PGRI kecamatan setempat, Kamis (25/2) . Untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran peserta didik agar ikut kegiatan Pramuka.

Acara tersebut dihadiri sekretaris Kwarcab, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kepala UPTD, ketua PGRI, kepala sekolah, Mabigus, dan tamu undangan lainnya.

”Mari kita junjung kepramukaan demi kemajuan generasi muda khusus kredibilitas kecamatan Cimenyan,” ujar Drs Ruswan selaku Mabigus yang juga Kepala UPTD TK/SD Kecamatan Cimenyan usai pengukuhan pengurus Gugus Depan (Gudep) kemarin.

Menurutnya, untuk memajukan generasi muda bidang ke pramukaan, pihaknya

siap melakukan koordinasi dengan semua unsur. Karena generasi muda Cimenyan memiliki pontensi yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, dirinya mengimbau kepada para kepala sekola yang bertindak selaku Mabigus agar mendukung sepenuhnya kegiatan pramuka. Baik secara kebutuhan sarana untuk meningkatkan pengatahuan peserta didik tentang kepramukaan, sampai dengan dukungan materi. Karena kegiatan tersebut merupakan dan masuk ke asnap pengalokasian dana BOS,” terangnya.

Sementara itu, DR H Juhana MMp, ketua Bidang Binawasa yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Ketua Kwaran Kecamatan Cimenyan. Pelaksanaan pelantikan pengurus Gudep periode 2016-2019 secara serentak merupakan yang pertama kalinya digelar serentak.

”Untuk menyosialisasikan semua kegiatan kepramukaan, bisa melakukan komunikasi

dengan semua unsur. Mulai dengan para tokoh, masyarakat, lemabaga masyarakat ataupun media. Karena media punya peran untuk mempublikasikan secara luas tentang kepramukaan itu,” terang Juhana.

Oleh karena itu, kata dia, dirinya sangat mendukung kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan oleh siapapun. Termasuk oleh Jawa Pos (induk Bandung Ekspres) yang akan menggelar Indonesia Scout Challenge tahun ini.

Juhana menambahkan, kebersamaan dan komunikasi dengan semua unsur akan meningkatkan kepramukaan di Kabupaten Bandung.

Drs Priatna, ketua Kwaran Kecamatan Cimenyan mengatakan, sekolah wajib melaksanakan ekskul. Dengan begitu kegiatan Pramuka akan terus berkjalan dengan baik dengan dukungan kepala sekolahnya.

”Mari kita dukung, segala kegiatan pramuka untuk meningkatankan rasa pengetahuan kepada peserta Didik, memberikan rasa kedisiplinan kepadanya agar generasi muda lebih kuat dan mandiri, maju sejak usia dasar. Karena kegiatan pramuka merupakan ekskul yang harus dilaksanakan di tiap sekolah, dan wajib dilaksanakan oleh kepala sekolah.” jelasnya.

 

Sumber :

https://miralaonline.net/teks-editorial/