Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
Posted on: September 17, 2019, by : g3wgj

Memahami 4 Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam

Sesuai bersama bahan syarat-syarat dan bahan pengajar, guru harus punya kualifikasi kompetensi tertentu cocok bersama bidang tugas dan selanjutnya dapat menghasilkan lulusaan yang bermutu. Adapun kualifikasi kompetensi guru yang harus dimiliki berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) RI No.19 th. 2005 adalah sebagai berikut:

1. Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik adalah kapabilitas mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan beraneka potensi yang dimilikinya. Jadi, dalam kaitannya bersama guru Pendidikan Agama Islam (PAI), yakni kapabilitas guru PAI dalam mengajarkan moral lewat perencanaan pembelajaran seperti dukungan teori dan juga evaluasi yang terselubung dalam aktivitas belajar mengajar dikelas, baik secara langsung maupun tidak langsung.

2. Kompetensi Kepribadian

Merupakan keadaan guru sebagai individu yang punya kepribadian yang mantap sebagai contoh seorang pendidik yang beriwaba. Adapun kompetensi kepribadian ini mencakup beraneka segi yakni punya kepribadian sebagai pendidik yang layak diteladani, dan punya sikap dan juga kapabilitas kepemimpinan dalam interaksi yang berwujud demokratis dalam mengayomi peserta didik. Jadi dalam hubungannya bersama peran guru PAI, yakni dalam memberi tambahan bimbingan moral, guru harus mempunyai kepribadian yang dapat dijadikan teladan oleh siswa dikelas. Dengan kata lain, baiknya kepribadian seorang guru dalam mengajar, akan berpengaruh baik pula bagi siswa yang diajarnya.

3. Kompetensi Profesional

Merupakan penguasaan materi ilmu ilmu dan teknologi yang luas dan mendalam mengenai bidang belajar atau mata pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik bersama mengfungsikan sistem intruksional dan langkah pembelajaran yang tepat. Kompetensi profesional ini mencakup:
Penguasaan materi pembelajaran atau bidang belajar yang mencakup ilmu pengetahuan, teknologi dan seni secara teriris dan praktis.
Penguasaan ilmu cara mengajar dan kapabilitas melaksanakannya secara efektif.
Penguasaan ilmu mengenai cara dan sistem belajar dan dapat membimbing peserta didik secara berkualitas.
Memiliki ilmu dan pemahaman professional mengenai perilaku individu dan kelompok dalam jaman perkembangan dan dapat melaksanakannya dalam sistem pembelajaran untuk keperluan peserta didik, juga aktivitas bimbingan.
Menguasai ilmu kemasyarakatan dan ilmu lazim yang memadai.
Menguasai kapabilitas mengevaluasi hasil atau prestasi belajar peserta didik secara obyektif.
Jadi, dalam kaitannya bersama guru pendidikan agama islam yakni merupakan penguasaan materi ilmu ilmu dan teknologi yang luas dan mendalam mengenai bidang belajar atau mata pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik bersama mengfungsikan sistem intruksional dan langkah pembelajaran yang pas dalam memberi tambahan pembinaan moral tersebut.

4. Kompetensi Sosial

Kaitannya bersama efek peran guru terhadap pembinaan moral merupakan kapabilitas guru sebagai anggota dari suatu kelompok sosial yang dapat berkomunikasi secara efisien dan efisien bersama peserta didik, sesama guru, orang tua atau wali peserta didik dan juga masyarakat lebih kurang dalammemberikan pendidikan moral. Adapun aspek-aspek dalam kompetensi ini meliputi:
Memiliki perilaku yang terpuji bersama sikap dan kepribadian yang mengasyikkan dalam pergaulan disekolah dan masyarakat.
Memiliki kapabilitas menghargai dan menghargai orang lain khususnya peserta didik bersama kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Memiliki ahlak yang mulia cocok agama yang dianut.
Dari keempat kompetensi di atas, kompetensi kepribadian yang berhubungan langsung bersama pembentukan moral anak didik dan erat kaitannya bersama peran guru pendidikan agama islam. Guru harus menjadi teladan dan memberi tambahan contoh yang baik dari segala sisi kepada anak didik karena apa yang kita berikan dapat ditiru anak didik.
Demikian gambaran empat kompetensi guru khususnya dikaitkan bersama kompetensi guru pendidikan agama islam .

Sumber : https://tokoh.co.id/

Baca Juga :