Inflasi adalah
Posted on: September 12, 2019, by : g3wgj
Inflasi adalah

Inflasi adalah

Inflasi adalah
Inflasi adalah

Inflasi

Inflasi adalah keadaan dimana terjadi kenaikan suatu harga atas barang-barang secara umum dari waktu ke waktu secara terus menerus. Tingkat kenaikan harga baru dapat dikatakan sebagai inflasi bila kenaikan itu meluas dan mempengaruhi kenaikan harga untuk barang yang lain. Sehingga kenaikan harga untuk satu atau dua barang saja dapat dikatakan sebagai inflasi, kecuali bila telah mempengaruhi harga barang lainnya.

Jenis-jenis Inflasi

Jenis-jenis inflasi dapat dibedakan menjadi beberapa golongan berdasarkan berbagai faktor yang membedakannya.

  • Berdasarkan asalnya :
  1.  Inflasi Dalam Negeri (Domestic Inflation),inflasi yang terjadi didalam negeri, umumnya                   disebabkan karena defisit anggaran belanja yang dibiayai oleh percetakan uang baru, kenaikan      upah, gagal panen dll.
  2. Inflasi Luar Negeri (Imported Inflation), inflasi yang disebabkan karena naiknya harga barang-           barang impor, yang terjadi karena kenaikan tarif impor barang atau karena tingginya biaya             produksi di luar negeri.
  • Berdasarkan tingkat tingginya inflasi
  1. Inflasi ringan (dibawah 10% pertahun)
  2. Inflasi sedang (10% sampai 30% pertahun)
  3. Inflasi berat (antara 30% sampai 100% pertahun)
  4. Hiper inflasi (diatas 100% pertahun)

Penyebab Terjadinya Inflasi

  1. Tarikan Permintaan (Demand Pull Inflation)

Disebabkan karena permintaan masyarakat akan barang terlalu kuat yang dipicu oleh membanjirnya likuiditas di pasar sehingga permintaan menjadi tinggi. Permintaan yang tinggi terhadap faktor faktor produksi tersebut mengakibatkan harga faktor produksi mengalami kenaikan. Hal ini terjadi karena jumlah uang yang beredar bertambah.

  1. Desakan Biaya (Cost Push Inflation)

Terjadi akibat adanya kelangkaan distribusi. Walaupun tidak ada permintaan yang meningkat secara signifikan. Yang memicu terjadinya kenaikan harga ialah karena ketidaklancaran arus distribusi atau berkurangnya barang yang di produksi yang tersedia pada rata rata permintaan normal. Hal ini juga adapat terjadi karena naiknya biaya produksi.

  1. Inflasi Campuran

Adalah gabungan dari kedua kombinasi antara tarikan permintaan dan dorongan biaya. Namun jenis ini jarang dijumpai pada kehidupan nyata.

Sumber : https://filehippo.co.id/