Pengertian Negara Menurut Para Ahli
Posted on: September 9, 2019, by : g3wgj
pengertian negara

Pengertian Negara

Apa yang dimaksud dengan tanah? Pengertian negara adalah suatu organisasi atau institusi tertinggi dari suatu kelompok komunitas yang terdiri dari sekelompok orang di suatu wilayah tertentu, memiliki aspirasi untuk hidup bersama, dan memiliki sistem pemerintahan yang berdaulat.

Disebutkan pula bahwa definisi suatu negara adalah persatuan orang-orang tertinggi di wilayah tertentu, memiliki pemerintahan yang sah dan berdaulat, memiliki sistem dan aturan yang berlaku untuk semua rakyatnya, dan bersifat independen.

Dalam bahasa Inggris, kata land disebut “state”, yang berarti karakter yang tegak dan tegas. Sementara di Indonesia kata “negara” berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti “Nagari” atau “Nagara”, yang berarti “wilayah” atau “penguasa”.

Administrasi negara memiliki tiga karakteristik, yaitu:

  • Menjadi kompulsif, yaitu, memaksa orang untuk mematuhi aturan yang ditetapkan.
  • Ini monopolistik dan mengendalikan semua sumber daya alam yang penting di wilayah negara.
  • Secara keseluruhan, negara selalu memiliki otoritas atas semua hal.

Pemahaman negara menurut pendapat ahli

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan negara, kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut:

1. Max Weber
Menurut Max Weber, konsep negara adalah masyarakat yang memonopoli penggunaan kekuatan tubuh secara hukum di bidang tertentu.

2. John Locke
Menurut John Locke, pemerintah negara bagian adalah badan atau organisasi yang muncul dari kesepakatan komunitas.

3. Roger F. Soleau
Menurut Roger F. Soleau, memahami negara adalah sarana atau otoritas yang mengatur dan mengendalikan berbagai masalah yang biasa terjadi dalam kehidupan masyarakat.

4. Miriam Budiardjo
Menurut Miriam Budiardjo, memahami negara adalah wilayah yang populasinya dijalankan oleh pejabat dan kekuasaan yang sah telah berhasil mengatur populasinya untuk mematuhi hukum dan peraturan.

5. Prof. Soenarko
Menurut Prof. Soenarko, pengertian negara adalah organisasi tertinggi rakyat yang memiliki wilayah tertentu di mana kekuasaan negara yang kedaulatannya sepenuhnya efektif.

6. Roger H. Soltou
Menurut Roger H. Soltou, negara adalah instrumen yang diberdayakan untuk mengatur dan mengendalikan semua masalah umum atas nama masyarakat.

Unsur Negara

Suatu negara memiliki beberapa elemen yang membentuk keseluruhan. Setiap elemen di negara ini akan saling melengkapi. Tanpa elemen, suatu negara tidak akan sempurna.

Sesuai dengan pemahaman negara yang dijelaskan di atas, beberapa elemen negara adalah sebagai berikut:

1. Wilayah
Wilayah adalah wilayah yang dikuasai dan ditempati oleh sekelompok orang dan menjadi batas wilayah kedaulatan. Wilayah ini terdiri dari tiga bagian: darat, laut dan udara.

2 penghuni / orang
Penduduk atau orang-orang adalah orang yang telah menetap di satu tempat untuk waktu yang lama. Orang adalah elemen paling penting di suatu negara, dan sebuah negara hanya dapat dibentuk jika penduduknya menyetujui suatu perjanjian.

3. pemerintah yang berdaulat
Pemerintah adalah lembaga di dalam negara, yang memiliki otoritas tertinggi dan dibentuk untuk memimpin pemerintahan suatu negara.

4. Pengakuan dari negara lain
Suatu negara tidak sempurna jika tidak ada pengakuan dari negara lain. Pengakuan ini diperlukan untuk mencegah terjadinya ancaman (kudeta) atau gangguan oleh negara lain.

Pengakuan dari negara lain akan membantu suatu negara untuk membangun hubungan kerja sama dengan negara lain di berbagai bidang (ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan).

Fungsi Negara

1. Fungsi pesanan dan keamanan
Negara memiliki fungsi sebagai pihak yang mengatur dan menjamin ketertiban dan keamanan dalam kehidupan sosial. Dengan cara ini kegiatan warga bisa berlangsung dengan baik.

2. Fungsi kesejahteraan dan kekayaan
Penyelenggara negara, dalam hal ini pemerintah, harus berjuang untuk kesejahteraan dan kemakmuran warga negara, terutama di bidang ekonomi dan sosial.

3. Fungsi pertahanan
Negara juga memiliki tugas melindungi dan menjamin kelangsungan suatu bangsa dari berbagai ancaman, baik internal (kudeta) maupun eksternal (invasi).

4. Fungsi eksekusi yudisial
Negara harus dapat menjamin keadilan sosial bagi semua warga negara, yang mencakup semua aspek kehidupan (ideologi, ekonomi, budaya sosial, politik, pertahanan dan keamanan). Fungsi keadilan dijalankan oleh lembaga penegak hukum di satu negara.

Sumber : https://ilmubelajar.com/

Baca Juga :