Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan
Posted on: September 9, 2019, by : g3wgj
Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Temulawak adalah salah satu rempah yang sangat populer di Indonesia. Jahe menyandang nama Latin Curcuma xanthorrhiza Roxb dan telah lama dikenal sebagai pengobatan tradisional Indonesia.

Apa manfaat temulawak untuk kesehatan Anda?

Sebelum Anda mendapatkan penjelasan tentang manfaat jahe, Anda perlu mengetahui bagian jahe yang diyakini paling efektif dalam rooting dan stemming. Anda harus mengetahui manfaat jahe untuk kesehatan berikut:

1. Tingkatkan nafsu makan Anda
Manfaat jahe dikenal sebagai penambah nafsu makan untuk anak-anak, sehingga mereka dapat memberi makan dengan baik dan memenuhi kebutuhan nutrisi mereka sehingga perkembangan tubuh mereka dapat dimaksimalkan. Tidak hanya dibuat sebagai obat herbal, ia juga menggunakan berbagai jenis obat selera dengan bahan alami ini.

2. Obati gangguan pencernaan
Beberapa jenis penyakit seperti perut kembung, diare atau bahkan dispepsia sebenarnya dapat diobati dengan bahan alami ini. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology menemukan bahwa kondisi pasien dengan gangguan pencernaan cenderung membaik ketika mereka secara teratur mengonsumsi obat herbal jahe.

3. Mengatasi kram perut saat menstruasi
Banyak wanita yang mengaku mengalami sakit perut ketika periode menstruasi terjadi. Cobalah manfaatkan jahe. Makan jahe bisa meredakan rasa sakit yang disebabkan saat menstruasi.

4. Atasi pilek
Manfaat jahe seringkali tidak dikenali karena bisa mengatasi masuk angin. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa rahim jahe memiliki kemampuan untuk mengobati pilek dan sakit kepala. Dengan minum dua atau tiga gelas obat herbal jahe, sakit kepala dan pilek mereda.

5. Membantu dengan pengobatan kanker
Sebuah jurnal kesehatan dari The Prostate mengungkapkan bahwa manfaat jahe mengandung agen yang dapat membantu mengobati kanker seperti kanker payudara, kanker prostat dan kanker usus besar. Penelitian lain yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center juga mencatat bahwa diet jahe dapat secara efektif membunuh perkembangan sel kanker.

6. Atasi masalah usus besar
Diyakini juga bahwa manfaat lain dari jahe adalah dapat mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus, penyakit hati dan penyakit kandung empedu. Kondisi ini umumnya disertai dengan gejala-gejala seperti mulas, perut kembung dan mual.

7. Mempengaruhi metabolisme lipid
Manfaat jahe juga bisa memengaruhi metabolisme lemak atau lemak. Metabolisme lipid adalah proses di mana asam lemak dipecah untuk mendapatkan energi bagi tubuh. Menurut sebuah penelitian, jahe mengandung bahan aktif lain selain curcuminoid, yang memengaruhi sistem metabolisme lipid.

8. Atasi arthritis
Bagi Anda yang menderita osteoartritis atau radang pada persendian, cobalah manfaatkan jahe. Jahe liar mampu meredakan rasa sakit dan nyeri sendi.

Bahkan satu studi menemukan bahwa manfaat kesehatan jahe untuk kesehatan hampir sama untuk penggunaan ibuprofen pada pasien osteoarthritis.

9. Buang racun di dalam tubuh
Diyakini bahwa kandungan Phelandren di Temulawak membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.

10. Atasi demam
Keuntungan selanjutnya dari jahe adalah kemampuannya untuk meredakan demam. Jika Anda adalah orang yang menggunakan obat-obatan yang biasa dijual di apotek untuk membantu Anda mengatasinya, Anda harus mencoba menggunakan jahe.

11. Meningkatkan fungsi ginjal
Manfaat jahe ini berasal dari keberadaan minyak esensial. Minyak Asiri membantu meningkatkan fungsi ginjal dengan menyaring darah dari sisa metabolisme dan racun.

12. Meningkatkan stamina
Bagi Anda yang ingin meningkatkan stamina dengan bahan-bahan alami, sepertinya Anda juga bisa membuat jahe. Campuran kunyit yang dicampur dengan jahe tidak bisa membuat tubuh mudah lelah dan gelisah. Ini bisa terjadi karena pot tonik yang dikandungnya.

Nah, inilah beberapa manfaat kesehatan dari jahe untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga :