Penyebab kram kaki saat berenang
Posted on: August 31, 2019, by : g3wgj

Terkadang saat Anda tiba-tiba mandi, kaki Anda terasa kram dan sulit untuk bergerak. Akibatnya, kepanikan yang sering muncul membuat Anda tidak bisa berpikir jernih dan akhirnya tenggelam. Sebenarnya, apa penyebab kram kaki saat berenang dan bagaimana menghadapi situasi tersebut?

Penyebab kram kaki saat berenang

Kram kaki saat berenang adalah hal biasa, mulai dari atlet hingga orang biasa. Penyebabnya juga bisa beragam.

Sebelum mengetahui cara mengatasi kram kaki saat berenang, ada baiknya Anda memahami apa yang perlu Anda lakukan untuk mengetahui akar masalahnya.

Mengetahui penyebabnya dapat membantu Anda menghindari kram kaki saat berenang. Beberapa penyebab umum yang menyebabkan kram kaki saat berenang meliputi:

Pemanasan kaki yang buruk

Salah satu penyebab paling umum dari kram kaki adalah kurangnya pemanasan. Tidak hanya berenang, hampir semua jenis olahraga yang dilakukan tanpa atau tanpa pemanasan akan menyebabkan kram kaki.

Saat Anda berenang, otot-otot kaki membentuk garis kaku dari betis ke jari-jari untuk memaksimalkan gerakan kaki dan menambah kecepatan.

Namun, kekakuan bisa berubah menjadi kram karena otot kaki kurang fleksibel karena tidak memanas.

Otot-otot yang sedang menghangat biasanya menjadi lebih fleksibel, sehingga akan lebih kuat ketika melakukan gerakan kuat, seperti berenang.

Karena itu, cukup hangat agar otot Anda lebih siap untuk melakukan gerakan berenang.

Kurangnya elektrolit
penurunan keseimbangan hidroelektrik
Seperti dilansir Medline Plus, elektrolit adalah mineral yang ada di tubuh Anda. Senyawa ini dapat ditemukan dalam darah, urin, jaringan dan cairan tubuh lainnya.

Elektrolit berguna untuk mendukung seluruh sistem tubuh, seperti aktivitas otak, otot, dan saraf.

Jika elektrolit dalam tubuh tidak seimbang, ini dapat menyebabkan kram otot, terutama di kaki.

Saat Anda berlatih, tubuh berkeringat. Cairan ini tentunya harus diisi agar elektrolit dalam tubuh tetap seimbang.

Jika Anda kurang minum selama aktivitas fisik, misalnya saat berenang, tubuh Anda akan kekurangan elektrolit dan kaki Anda berisiko kram.

Cara mengatasi kram kaki saat berenang
perlakukan kaki kapalan
Pada dasarnya, kunci mengatasi kaki sempit Anda saat berenang bukanlah panik. Setelah itu, cobalah keluar dari kolam secepat mungkin. Jika ini tidak memungkinkan, Anda dapat meminta bantuan orang lain.

Setelah mengurangi kepanikan, coba ikuti beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi kram kaki saat Anda berenang.

Menggunakan metode bertahan mengambang ketika Anda masih di dalam air, yang merupakan teknik mengambang sehingga Anda tidak perlu menggerakkan otot kaki Anda.
Rentangkan jari-jari kaki ke arah langit atau dagu.
Istirahatkan kaki Anda setelah keluar dari kolam
Putar pergelangan kaki sehingga kram menghilang dengan cepat
Kompres pergelangan kaki dengan kompres hangat dan ganti dengan kompres es.
Untuk mencegah kram kaki saat berenang, Anda bisa melakukan pemanasan yang cukup dan minum banyak untuk menghindari kekurangan elektrolit dan dehidrasi.

Jika Anda terus merasakannya meskipun sudah hangat dan minum cukup, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan solusi yang tepat.

Baca Juga :