Pemahaman , Fungsi dan Jenis RAM
Posted on: August 31, 2019, by : g3wgj

Memahami RAM

Apa arti dari RAM dan ROM? Kedua istilah ini digunakan di bidang teknologi informasi sebagai media penyimpanan untuk data komputer. Namun, pengertian kedua istilah ini sebenarnya berbeda.

Memahami RAM
Pengertian RAM (Random Access Memory) adalah perangkat keras di dalam komputer yang berfungsi sebagai memori data sementara (memori) dan berbagai instruksi program.

Anda dapat mengakses konten RAM secara acak atau tidak tergantung pada pengaturan tata letak. Data dalam RAM dapat hilang saat komputer dimatikan atau catu daya ke catu daya dihapus dari perangkat.

Kapasitas RAM di komputer memengaruhi kecepatan pemrosesan atau mengunggah data ke komputer. Oleh karena itu, proses menyimpan data, membuka data, dan menjalankan program akan lebih cepat berdasarkan jumlah RAM di komputer.

Fungsi RAM

Seperti disebutkan dalam pemahaman sebelumnya tentang RAM, fungsi umum RAM adalah untuk membaca dan menyimpan data. Penjelasan berikut:

1. Pembacaan data
Semua data dan informasi yang tersimpan di hard drive dapat dibuka lebih cepat karena peran RAM komputer.

Coba bandingkan kecepatan memuat pembukaan file atau program pada akses pertama dengan file (baca: pemahaman file) atau program sudah dibuka sebelumnya. Ketika suatu program atau file dibuka, data dibaca dan disimpan dalam RAM sementara sehingga dibuka kembali lebih cepat ketika komputer belum dimatikan.

2. Penyimpanan sementara
RAM juga dapat berfungsi sebagai area penyimpanan data sementara saat program berjalan di komputer. Jadi ketika kita melakukan sesuatu, seperti membuat dokumen, komputer akan sementara menyimpan data.

Namun, data harus disimpan secara permanen untuk menghindari kerusakan atau kehilangan karena hal-hal yang tidak terduga. Misalnya, pemadaman listrik atau lonjakan daya yang tidak stabil.

Jenis-jenis RAM

Berikut ini adalah beberapa jenis RAM:

1. Dynamic RAM (D RAM)
Dynamic RAM adalah jenis RAM yang diperbarui secara berkala oleh CPU (Central Processing Unit) agar tidak kehilangan data yang dikandungnya.

2. RAM SD
SDRAM (Syronous Dynamic Random Access Memor) adalah RAM DRAM canggih tetapi telah disinkronkan oleh jam sistem. SDRAM umumnya lebih cepat dari DRAM.

3. RAM DDR
RAM DDR (Double Rate Random Access Memory) atau sering disebut DDR, yang merupakan jenis RAM dengan teknologi canggih dan RAM SD. RAM DDR juga memiliki generasi terbaru, DDR2 dan DDR3 dan mungkin akan berlanjut.

4. RAM RDR
RAM RDR (Rambus Dynamic Access Memory) adalah jenis RAM yang bekerja lebih cepat dan umumnya lebih mahal daripada RAM SD. Jenis RAM SD ini digunakan pada perangkat yang menggunakan Pentium 4.

5. S RAM
S RAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM yang dapat menyimpan data di dalamnya tanpa harus memperbarui / memperbarui CPU. Jenis RAM ini bekerja lebih cepat daripada RAM D dan RAM SD.

6. EDO RAM
RAM EDO (Extended Data Out Random Access Memory) adalah jenis RAM yang digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Pentium. Jenis memori ini dapat melakukan proses menyimpan dan mengambil data secara bersamaan.

Sumber : rumusguru.com