CARA MENGAJARKAN ANAK MENULIS DENGAN RAPI
Posted on: August 30, 2019, by : g3wgj

CARA MENGAJARKAN ANAK MENULIS DENGAN RAPI

Mengajarkan anak mencatat dengan apik tentunya bukan urusan yang mudah, terlebih lagi anak tidak akan dapat tiba-tiba mahir menulis. Sebagai orang tua, peran kita sangat urgen untuk membantu mengajar motorik halus sang buah hati. Dengan pelajaran dan semakin matang perkembangan benak si kecil, tulisannya bakal semakin baik. Kemampuan mencatat memang memerlukan kemampuan yang kompleks.

Beberapa anak memang menghadapi masalah dalam menulis. Namun, kita tidak butuh khawatir andai si kecil masih belum dapat mencatat dengan rapi. Hal yang mesti kita lakukan ialah terus menyokong dan mendorong anak guna terus mengupayakan menulis. Ada sejumlah cara simpel yang dapat Anda kerjakan untuk mengajarkan anak mencatat dengan rapi. Berikut ini ulasannya:

1. Mengajarkan anak teknik memegang pensil dengan benar
Hal kesatu yang butuh Anda ajarkan pada anak ialah cara memegang pensil dengan benar. Mulailah memakai pensil untuk mempermudah mereka guna menghapusnya saat mengerjakan kesalahan.

Cara yang sekitar ini diajarkan untuk menciptakan tulisan terlihat rapi ialah memegang pensil dengan jempol dan telunjuk, sedangkan ketiga jari lainnya ditempatkan di belakang telunjuk. Lakukan gerakan ini secara berulang hingga anak paham bagaimana teknik memegang pensil dengan benar.

2. Ajarkan anak mencatat sesuai dengan garis kertas

Berikan kertas bergaris untuk anak sebagai media guna menulis. Ajarkan si kecil mengenai titik guna menyebutkan huruf besar maupun huruf kecil. Jika anak Anda telah paham, mintalah dia guna menyebutkan huruf secara sejajar.

Apabila terdapat huruf yang tidak sejajar ataupun miring, mintalah anak guna menghapus dan mengulanginya kembali. Yang terpenting, anak Anda mesti menyebutkan huruf cocok dengan garis.

3. Mulai pelajaran dengan satu huruf
Cara mengajarkan anak mencatat selanjutnya ialah dengan memintanya guna menyebutkan satu huruf dalam selembar kertas. Lakukan urusan ini sejumlah kali hingga si kecil dapat mencatat huruf itu dengan rapi. Jika Anda menyaksikan huruf yang diciptakan anak lumayan baik, mintalah dia guna menyebutkan huruf lain. Latihlah anak kita sampai dapat menyebutkan seluruh huruf dengan baik.

4. Ajarkan anak dengan telaten

Mengajari anak untuk mencatat dengan rapi diperlukan kesabaran. Sebab, anak butuh mengulang latihan sejumlah kali hingga dapat menyebutkan sesuatu dengan rapi. Saat anak mengerjakan kesalahan, biarkan dia menghapus tulisannya. Di samping itu, mohon anak guna beristirahat sesekali supaya tangan mereka tidak pegal.

5. Lakukan permainan untuk mengajar anak menulis

Beberapa anak memiliki teknik belajar bertolak belakang sehingga dibutuhkan teknik khusus. Lakukan teknik yang mengasyikkan untuk mengajarkan anak menulis, contohnya dengan mengerjakan permainan yang mereka suka. Kebiasaan ini paling baik dilaksanakan dan menciptakan anak merasa tidak jenuh dengan apa yang mereka lakukan.

6. Ajarkan anak ejaan

Teknik melafalkan untuk menyimak atau mencatat memang tidak terlampau diandalkan. Para orang tua lebih memilih untuk memperkenalkan huruf secara langsung. Ternyata, urusan itu malah menciptakan anak susah untuk mengerti. Saat kita mengajarkan anak menulis, usahakan mulailah dengan mengajari ejaan sederhana. Jika anak dapat melafalkan dengan baik, mereka bakal terbiasa mencatat dengan benar dan rapi. Sumber: pelajaran.co.id

Ayah Bunda, mengajarkan anak mencatat dengan apik memang diperlukan kesabaran yang ekstra. kita tidak dapat memaksa anak guna mahir mencatat dalam masa-masa yang singkat. Di samping itu, hindarilah melakukan teknik yang keras laksana membentak saat mereka mengerjakan kesalahan. Sebab, urusan tersebut dapat merangsang trauma yang menciptakan mereka tak mau untuk pelajaran menulis. Jangan lupa pun untuk selalu mengawal komunikasi yang baik dengan si kecil sekitar mengajarinya pelajaran menulis.