Pengertian Integritas dan Contohnya
Posted on: August 18, 2019, by : g3wgj

Integritas berasal dari seluruh bahasa Latin; sifat tidak korup, ketaatan pada kode moral nilai-nilai a-acristic, yaitu, posisi yang mempertahankan prinsip, tidak ingin korupsi dan menjadi dasar yang melekat pada diri sendiri sebagai nilai moral.

Integritas bukan hanya ucapan, pemanis retorika, tetapi juga tindakan. Jika kita melacak karakter yang sangat diperlukan untuk pemimpin saat ini dan selamanya dari integritas, kredibilitas dan segudang karakter muliah lainnya – ini pasti akan mengarah pada orang hebat yang dipilih oleh al-mustofa Muhammad, saw. Yang dikirim ke karakter manusia yang sempurna

Integritas berarti kualitas, karakter, atau kondisi yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kapasitas untuk mengeluarkan otoritas; kejujuran. Seseorang yang memiliki integritas pribadi akan tampil percaya diri, anggun, tidak mudah dipengaruhi oleh hal-hal yang hanya untuk kesenangan sesaat. Siswa yang memiliki integritas lebih berhasil ketika mereka menjadi pemimpin, baik formal maupun informal.

Pengertian Integritas

Lihat daftar utama:
Memahami integritas adalah
Integritas adalah konsistensi dan tekad yang kuat untuk mendukung nilai-nilai dan kepercayaan yang mulia, definisi integritas lainnya adalah konsep yang menunjukkan konsistensi antara tindakan, nilai dan prinsip. Dalam etika, integritas ditafsirkan sebagai kejujuran dan kebenaran atas tindakan seseorang. Penentang integritas adalah kemunafikan (munafik atau munafik).

Dikatakan bahwa seseorang “memiliki integritas” jika tindakannya sesuai dengan nilai-nilai, kepercayaan dan prinsip yang dia pegang (Wikipedia). Singkatnya, karakter orang yang tidak terpisahkan ditandai hanya dengan kata-kata dan tindakan, bukan oleh seseorang yang kata-katanya tidak dapat ditahan. Seseorang yang memiliki integritas bukanlah tipe manusia dengan banyak wajah dan penampilan yang disesuaikan dengan motif dan minat pribadinya: integritas adalah karakter kunci bagi seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang memiliki integritas akan mendapatkan kepercayaan (trust) dari para karyawannya. Pemimpin dengan integritas dipercaya karena apa yang mereka katakan juga bertindak.

Memahami integritas menurut para ahli
Berikut ini adalah beberapa definisi integritas kata yang telah diuji oleh para ahli:

Menurut Henry Cloud
Menurut Henry Cloud, ketika menyangkut integritas, itu tidak akan terlepas dari upaya untuk menjadi orang yang utuh dan terintegrasi dalam setiap bagian dirinya yang berbeda, yang bekerja dengan baik dan melakukan tugasnya sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya. Integritas berkaitan erat dengan kelengkapan dan efektivitas seseorang sebagai manusia.

Menurut KBBI
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian integritas adalah kualitas, sifat, dan keadaan yang menggambarkan suatu kesatuan yang utuh, sehingga memiliki potensi dan kemampuan untuk memancarkan otoritas dan kejujuran.

Menurut Ippho Santoso
Menurut Ippho Santoso, integritas sering ditafsirkan sebagai penyatuan pikiran, kata-kata dan tindakan untuk menciptakan reputasi dan kepercayaan. Ketika merujuk ke asal kata, kata integritas berarti berbicara dengan cara yang lengkap dan lengkap / lengkap.

Menurut Andreas Harefa
Menurut Andreas Harefa, integritas adalah tiga kunci yang dapat diamati, yang menunjukkan kejujuran, memenuhi komitmen dan secara konsisten melakukan sesuatu.

Menurut Stephen R. Love
untuk membedakan antara kejujuran dan integritas “kejujuran mengatakan yang sebenarnya, dengan kata lain, menyesuaikan kata-kata kita, integritas realitas konsisten dengan kata-kata kita, dengan kata lain, menepati janji dan memenuhi harapan.” Kejujuran berarti mentransmisikan kebenaran, kata-kata sesuai dengan kenyataan, sementara integritas menunjukkan bahwa tindakannya sesuai dengan kata-katanya. Orang yang memiliki integritas dan kejujuran adalah orang bebas. Mereka menunjukkan diri sebagai orang yang bertanggung jawab dan berdedikasi.

Kedua (Jacobs, 2004)
Integritas juga telah didefinisikan dengan menekankan konsistensi moral, integritas pribadi atau kejujuran (misalnya dalam mata pelajaran akademik).

Menurut Butler dan Cantrell (1984, dalam Hosmer, 1995)
yang mendefinisikan integritas sebagai reputasi seseorang yang dapat dipercaya dan jujur ​​untuk menjelaskan istilah “kepercayaan” dalam konteks organisasi.

Karakteristik integritas
Orang yang tidak memakai topeng.
Orang yang bertindak sesuai dengan bahasa
Depan dan belakang sama
Konsisten antara apa yang orang yakini dan perilaku
Konsisten antara nilai-nilai kehidupan yang dipegang dan kehidupan yang dijalankan
Manfaat integritas
Secara fisik kita akan merasa sehat dan bugar
Secara intelektual, otak kita dilatih untuk berpikir secara ilmiah
Kita menjadi manusia yang termotivasi secara emosional, mampu beradaptasi dengan situasi apa pun
Secara spiritual kita mampu menafsirkan berbagai hal

Sumber : santinorice.com