Camilan Untuk Penderita Diabetes
Posted on: August 18, 2019, by : g3wgj

Memiliki riwayat diabetes tidak berarti Anda harus menghindari makan makanan ringan. Bahkan, Anda dianjurkan untuk ngemil agar kadar gula darah Anda tetap stabil, meskipun mereka masih perlu dimonitor untuk jumlah gula yang masuk. Berbicara tentang makanan ringan diabetes, kacang adalah pilihan terbaik. Apa alasan di baliknya?

Manfaat buah untuk diabetes

Cheryl Mussatto, RD, pendiri Eat Well to Be Kind di City Osage, Kansas, mengatakan: “Kacang adalah camilan super bagi penderita diabetes karena mereka rendah karbohidrat dan protein tinggi, serat, dan lemak sehat.” Dia juga menambahkan bahwa makan kacang bisa menciptakan perasaan kenyang.

Mengurangi risiko komplikasi penyakit jantung
mencegah penyakit jantung turun temurun
Penderita diabetes tipe 2 sangat berisiko mengalami komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung. Faktanya, American Heart Association menyatakan bahwa kemungkinan penderita diabetes meninggal karena penyakit jantung adalah 2-4 kali lebih besar daripada mereka yang tidak menderita diabetes.

Nah, itulah fakta yang membuat kacang dinobatkan sebagai cemilan yang tepat untuk penderita diabetes. Juru bicara Asosiasi Pendidik Diabetes Amerika, Melissa Joy Dobbins, RDN, CDE, mengungkapkan bahwa lemak sehat (lemak tak jenuh) dalam kacang-kacangan dapat membantu melindungi detak jantung.

Kurangi kadar kolesterol jahat
Lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang terkandung dalam kacang dapat membantu mengurangi kadar LDL atau kolesterol “jahat”. Tidak hanya itu, kacang juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Kolesterol yang baik, menurut Mussatto, akan bekerja seperti petugas kesehatan. Artinya, kolesterol baik membantu menghilangkan kolesterol dari jaringan yang mencegah penumpukan plak di arteri.

Periksa kadar gula darah
“Kacang juga dapat membantu mengatur gula darah,” kata Mussatto. Misalnya, almond terbukti memperlambat kenaikan kadar gula darah setelah dimakan bersama dengan makanan kaya kabroidate pada mereka yang sehat.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Maret 2011, dalam European Journal of Clinical Nutrition, menemukan hasil yang sama untuk pistachio yang dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bagi mereka yang menderita diabetes, makan kacang secara teratur juga dapat meningkatkan manajemen glukosa darah, sebagaimana diungkapkan oleh penelitian dalam jurnal PLoS One September 2014.

Kacang kenari untuk penderita diabetes
Kacang memang sumber nutrisi yang baik. Namun, beberapa jenis kacang lebih baik untuk penderita diabetes daripada kacang lainnya. Berikut adalah 5 kacang yang paling baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

kacang almond
kacang almond
Kacang almond memiliki beragam manfaat untuk diabetes. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 menunjukkan bahwa menambahkan almond dalam makanan penderita diabetes tipe 2 selama 12 minggu secara positif memengaruhi gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Ini dengan penelitian serupa yang dilakukan pada 2017 pada penderita diabetes tipe 2, selama 2 minggu.

Kacang almond mengurangi kadar kolesterol jahat / LDL (low density lipoprotein) dalam tubuh, yang dapat menyumbat pembuluh darah. Mereka meningkatkan jumlah kolesterol baik / high density lipoprotein (HDL), yang membantu menghilangkan kolesterol LDL dari arteri. Inilah sebabnya mengapa almond dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

kacang kenari
BMJ Open Diabetes Research & Care meneliti 112 peserta yang berisiko diabetes dengan diet rendah kalori atau gila selama 6 bulan. Mereka menemukan bahwa diet yang diperkaya kacang dapat meningkatkan rasio kolesterol HDL ke LDL tanpa mempengaruhi komposisi tubuh.

manfaat kacang adalah
Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2018, para peneliti mempelajari hubungan antara konsumsi kacang dan risiko diabetes pada 34.121 orang. Faktanya, mereka menemukan bahwa untuk orang yang makan kacang dalam 24 jam terakhir, mereka memiliki setengah risiko diabetes dibandingkan dengan orang yang tidak makan kacang selama waktu ini.

Kacang mete
Kacang mete dapat membantu meningkatkan rasio HDL terhadap kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam sebuah studi 2018, para peneliti memberi 300 peserta diabetes tipe 2 diet mete dan tanpa mete.

Mereka yang mengikuti diet mete memiliki tekanan darah rendah dan kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi setelah 12 minggu. Kacang mete juga tidak memiliki dampak negatif pada kadar glukosa darah atau berat badan.

kacang pistasi
Pistachio relatif kaya kalori, tetapi mengandung banyak serat dan lemak bermanfaat. Dalam sebuah studi tahun 2015, para peneliti menyediakan makanan pistachio yang diperkaya atau diet teratur untuk peserta dengan diabetes tipe 2 selama 4 minggu.

Baca juga :