Pekerja BUMN Harus Ikut Mewujudkan Kemandirian Ekonomi
Posted on: May 3, 2019, by : g3wgj
Pekerja BUMN Harus Ikut Mewujudkan Kemandirian Ekonomi

Pekerja BUMN Harus Ikut Mewujudkan Kemandirian Ekonomi

Pekerja BUMN Harus Ikut Mewujudkan Kemandirian Ekonomi
Pekerja BUMN Harus Ikut Mewujudkan Kemandirian Ekonomi

BANDUNG–Terkait May Day, Serikat Pekerja BUMN menyatakan akan terus

memperjuangan kesejahteraan kaum pekerja/buruh yang dari waktu ke waktu selalu berada dalam ancaman eksploitasi para pemberi kerja.

Walau terus bertumbuh, Perjuangan meretas kemakmuran itu tidak selalu berakhir sukses, meskipun negara dan pemerintah telah campur tangan cukup jauh melalui sejumlah instrumen perundang-undangan, mulai dari pencantuman hak-hak pekerja dalam konstitusi sampai dengan pengaturan detil mengenai pengupahan, penerapan hubungan industrial, perjanjian kerja, serta pembentukan Pengadilan Hubungan Industrial.

Beberapa Serikat Pekerja sudah menunjukan semangat dan upaya nyata untuk membela kepentingan Bangsa demi kemandirian bangsa di luar urusan perut dan pengupahan. SP PLN misalnya beberapa kali mengajukan Uji Materi UU Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, meskipun perjuangan itu tidak seluruhnya berhasil, namun upaya tersebut patut dicontoh oleh SP-SP lain di lingkungan BUMN.

Serikat Karyawan Telkom bergandengan tangan dengan Federasi SP BUMN

Strategis berhasil menahan usulan Revisi PP Nomor 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi yang ditengarai akan merugikan negara.

Sekretaris Jenderal DPP Serikat Karyawan PT Telkom Abdul Kadir mengatakan ke depan, serangan yang akan ditujukan kepada Bangsa dan Negara ini melalui permainan di tingkat legislasi dan regulasi akan semakin gencar.

“Mereka tidak akan pernah berhenti untuk membuat Bangsa ini lemah dan selalu tergantung.

Mereka selalu berusaha menciptakan ketergantungan agar misi menguasai negeri ini mudah dicapai. Upaya melawan atau menangkis serangan tersebut tidak cukup kuat kalau hanya diserahkan kepada kaum elit idealis berintegritas tinggi yang ada di parlemen, di Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung maupun di Pemerintahan,” ujarnya, sabtu.

Ia menambahkan perlu ada penguatan sinergis dari gerakan kerakyatan yang dapat saja dimotori kaum pekerja

“Kita tahu BUMN BUMN di Indonesia ini memegang sektor-sektor yang strategis seperti energi, teknologi dan pangan itulah sebabnya maka para aktivist Serikat Pekerja di BUMN ini harus bersatu padu, keluar membawa misi khusus selain untuk kesejahteraan anggota-anggotanya, yaitu misi yang lebih besar, untuk mendorong dan berupaya mewujudkan kemandirian dan kedaulatan ekonomi,” tegasnya. Jo

 

 

Sumber :

https://www.kiwibox.com/alistudio/blog/entry/147702863/manfaat-gotong-royong/