Jumlah Peserta BPJS Naker di Jabar Masih Rendah
Posted on: April 8, 2019, by : g3wgj
Jumlah Peserta BPJS Naker di Jabar Masih Rendah

Jumlah Peserta BPJS Naker di Jabar Masih Rendah

Jumlah Peserta BPJS Naker di Jabar Masih Rendah
Jumlah Peserta BPJS Naker di Jabar Masih Rendah

 

Dari jumlah total tenaga kerja di Jabar baik formal maupun non formal 10 juta lebih

, saat ini baru sekitar 5 jutaan pekerja yang sudah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan atau BPJS Naker. Hal itu diungkapkan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jabar Kuswahyudi di Gedung Sate Jumat malam (12/1/2019), usai memberikan anugerah jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan 2018.

“Makanya kita perlu terus memacu peningkatan jumlah peserta ini. Salah satu upayanya ya ini, pemberian penghargaan kepada daerah dan perusahaan yang telah berperan aktif meningkatkan jumlah kepesertaan selama tahun 2018,” katanya.

Kuswahyudi mengakui masih ada daerah kabupaten kota yang kurang mendorong

kepesertaan, begitu juga perusahaannya sendiri.

“Ya masih adalah yang nakal-nakal gitu tapi jumlahnya tidak banyak, hanya perlu pendekatan lebih saja. Tetapi justru yang sangat diharapkan adalah peran pemerintah daerah dimana perusahaan itu berada, baik berupa regulasi maupun himbauan langsung,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kuswahyudi menyambut baik usul Gubernur Jabar Ridwan Kamil

tentang cara dan gaya anjuran kepesertaan.

“itu layak dipikirkan ya, dengan bahasa sederhana yang disampaikan Kang Emil tadi misalnya hanya dengan 16 ribu anda bisa mendapat layanan perumahan, transportasi, sembako murah dan lain-lain,” ungkap Kuswahyudi.

Sebelumnya dalam sambutan di acara yang sama Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau Kang Emil menyebutkan harus ada inovasi untuk mengurangi beban pekerja, misalnya dibangun rumah susun di areal tempat kerja, transportasi atau angkutan gratis, dan sembako murah untuk pekerja yang sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

 

 

Sumber :

https://blogs.itb.ac.id/indonesia/2019/04/02/cara-mendidik-anak-agar-tidak-jadi-pemalu/