Cara mempercepat Android tanpa root
Posted on: March 22, 2019, by : g3wgj

Seiring waktu, kinerja ponsel Android mungkin lebih lambat dan lebih lambat. Performa yang kurang cepat tidak permanen, tetapi ada alasan yang tiba-tiba membuat ponsel Anda sangat lambat. Jangan khawatir, Anda dapat menerapkan cara untuk mempercepat Android untuk mengatasi masalah ini.

Karena saat ini tidak dapat disangkal bahwa kebutuhan akan smartphone Android saat ini sangat penting. Karena selain bisa berkomunikasi, ponsel Android juga memiliki peran lain seperti berbisnis, dokumentasi, menonton video, bermain game, dan lainnya.

Karena ada beberapa cara yang kami bagikan, Anda dapat menerapkan semua metode ini atau hanya beberapa cara agar ponsel Android Anda menjadi lebih ringan tanpa root.

Cara mempercepat Android tanpa root

1. Perbarui sistem operasi

Pastikan ponsel cerdas Android Anda diperbarui ke sistem operasi terbaru. Caranya, buka menu Pengaturan> Informasi Perangkat> Pembaruan Perangkat Lunak> dan ketuk tombol Periksa Pembaruan.
Informasi lebih lanjut dalam tutorial: Cara memperbarui sistem operasi Android

Sumber : carageo.com

Jika ada pembaruan terbaru, perbarui segera di ponsel pintar Android Anda. Selain memaksimalkan kinerja pada ponsel cerdas, biasanya akan ada fitur baru setelah pembaruan.

2. Tuliskan jumlah memori

Setiap smartphone memiliki spesifikasi memori yang berbeda. Selain RAM, kapasitas memori internal juga memengaruhi kinerja smartphone. Ketika ada sedikit memori internal yang tersedia, ini dapat memperlambat ponsel Android Anda.

cara mempercepat ponsel Android Anda tanpa root

Untuk mengatasi masalah ini, hindari menyimpan data hingga memenuhi memori internal. Kami merekomendasikan menggunakan smartphone dengan dukungan kartu memori atau smartphone dengan memori internal yang besar.

3. Bersihkan layar utama

Layar utama atau layar beranda sering penuh dengan pintasan aplikasi, baik dari aplikasi yang sering digunakan maupun dari aplikasi yang baru diinstal. Lakukan pembersihan di jalan pintas.

Selain masalah ini, pastikan latar belakang yang terpasang statis. Hindari menggunakan wallpaper yang bergerak, karena itu akan berpengaruh pada kinerja ponsel.

4. Hapus atau hentikan aplikasi yang tidak digunakan

Jumlah aplikasi baru di Google Playstore selalu menarik untuk dicoba. Tanpa disadari, banyak aplikasi yang ditinggalkan, menyebabkan kelebihan smartphone Android. Untuk menjaga stabilitas kinerja ponsel cerdas Android Anda, segera hapus aplikasi yang tidak digunakan.
Ingin menghemat baterai Anda? Baca: Cara menghemat baterai Android

Terkadang beberapa aplikasi tidak dapat dihapus karena ini adalah sistem default. Yang menjengkelkan adalah kenyataan bahwa kadang-kadang aplikasi standar sistem terus bekerja meskipun tidak diperlukan, sehingga mereka mengkonsumsi RAM dan memperlambat Android Anda.

5. Nonaktifkan sinkronisasi otomatis

cara mengelola Android lambat

Untuk tetap terhubung dengan semua akun yang diinstal di Android Anda, Anda perlu mengaktifkan fungsi Auto-Sync. Tetapi ini memiliki dampak besar pada kinerja Android Anda. Menonaktifkan Sinkronisasi Otomatis sangat berguna untuk mengelola ponsel cerdas Android Anda yang melambat.

Tetapi itu mengejutkan Anda bahwa Anda harus membuka aplikasi secara manual sebagai Email atau Kalender.

6. Gunakan Peluncur lain

Salah satu kelebihan dari smartphone Android yang membuatnya banyak digunakan adalah kemudahan kustomisasi. Jika Anda bosan dengan penampilan yang dibawa oleh perangkat OEM Android, Anda dapat mencoba menggunakan peluncur lain. Selain mengubah suasana, mengganti program startup juga berguna untuk mengatasi Android Anda yang tampaknya lambat berkat antarmuka pengguna default.
Iklan rusak? Baca: Cara menghapus iklan di Android

bagaimana menangani telepon yang lambat dan panas

7. Reset pabrik

Cara terbaik untuk mengembalikan ponsel Anda sebagai yang baru adalah dengan melakukan reset pabrik, ini adalah untuk membersihkan semua data di dalamnya.

Sebelum melakukan reset pabrik, alangkah baiknya untuk membuat cadangan data penting terlebih dahulu. Karena alasan itu, ponsel tampaknya baru saja kembali.

Diharapkan dengan mempercepat Android di atas, ponsel Android Anda akan lebih cepat sehingga aktivitas sehari-hari tidak terganggu.