Bagian Bagian otak Lengkap dengan gambar
Posted on: March 13, 2019, by : g3wgj

Bagian dari otak

1. Otak besar (cerebrum)

Otak besar adalah bagian terbesar dan paling menonjol dari otak. Otak besar terdiri dari dua belahan, belahan kanan dan otak kiri. Setiap belahan otak mengatur sebagian besar kinerja bagian tubuh yang lain. Artinya, otak kanan mengatur kinerja sisi kiri tubuh. Otak besar bertanggung jawab atas banyak hal, dan kami menjelaskan fungsi otak besar berdasarkan bagian otak besar.

Ada 4 daun di otak besar.

Sebuah. Lobus frontal
Lobus frontal adalah bagian dari otak besar di depan. Lobus frontal ini membantu menyesuaikan aktivitas motorik secara sadar (gerak), kemampuan berbicara, kemampuan berpikir (pemecahan masalah), dan emosi.

b. Lobus parietal
Lobus parietal berada di belakang lobus frontal otak bagian atas. Fungsi utama lobus parietal adalah, misalnya, tekanan kontak, suhu tubuh, nyeri, dll., Sebagai pusat sensasi (penerimaan stimulasi).

c. Lobus temporal
Lobus temporal adalah bagian otak yang terletak di bawah lobus parietal, tepatnya di sisi otak. Fungsi utama lobus temporal adalah sebagai bagian sentral dari fungsi pendengaran dan verbal.

d. Lobus oksipital
Lobus oksipital adalah bagian belakang otak besar. Fungsi utama lobus oksipital adalah sebagai pusat penglihatan.

Berdasarkan strukturnya

serebrum dibagi menjadi dua bagian:

(1) Korteks serebral (di luar)

Korteks adalah lapisan abu-abu terang dengan miliaran tubuh sel saraf. Korteks sering juga disebut materi abu-abu. Sel-sel saraf ini dihubungkan bersama dan dibentuk seperti rantai rantai, di mana informasi yang diterima oleh satu sel saraf dapat ditransmisikan melalui komunikasinya dengan sel-sel saraf lainnya. Korteks dibagi menjadi tiga area utama.

Area sensorik, yaitu area yang bertanggung jawab untuk menafsirkan informasi sensorik (stimulasi), misalnya cahaya, rasa dan suara.
Area latihan adalah area yang bertanggung jawab untuk mengendalikan otot sehingga gerakan terjadi, misalnya ketika seseorang menginjak duri, dan kemudian akan ada refleksi dengan menggerakkan kaki menjauh dari duri.
Area asosiasi adalah area yang berfungsi dalam merekam pengalaman yang dialami oleh tubuh (memori), kemauan dan kecerdasan, dan mengoordinasikan beberapa fungsi bahasa.

(2) Basis ganglia (di dalam)

Ganglion dasar adalah area putih yang berisi banyak dendrit dan akson. Lapisan ini lebih tebal dari pada korteks. Ganglia dasar ini berfungsi dalam koordinasi gerakan, gerakan tak sadar, dalam fungsi kognitif dan emosional.

Cerebellum (otak kecil)

Otak kecil adalah bagian dari otak yang terletak di bawah lobus oksipital otak. Otak kecil adalah bagian yang terdiri dari dua belahan dengan permukaan seperti lipatan. Otak kecil juga memiliki fungsi utama mengendalikan gerakan dan koordinasi otot secara sadar sebagai bagian sentral dari keseimbangan tubuh. Beberapa penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa otak kecil berperan dalam menentukan pemrosesan informasi emosional dan kognitif (mental). Otak kecil memiliki tiga lobus: anterior, posterior, dan nodular lobular.

3. Batang otak (batang otak)

Batang otak adalah bagian dari otak yang terletak di lapisan tulang serebrum dan di bawah otak. Saat mengendalikan gerakan sadar, batang otak adalah jalur yang harus dilewati impuls untuk mencapai otak kecil. Batang otak juga disebut bagian yang menghubungkan otak dan sumsum tulang belakang.

Sebenarnya, batang otak adalah istilah untuk tiga kombinasi struktural utama berikut.
Sebuah. otak tengah
Otak tengah disebut bagian terkecil dari otak. Otak tengah memiliki fungsi utama sebagai stasiun untuk impuls visual, pendengaran, gerakan mata, dan gerakan.

Sumber : https://materibelajar.co.id/