Pengertian Manajemen Adalah
Posted on: March 8, 2019, by : g3wgj
Pengertian Manajemen Adalah

Pengertian Manajemen Adalah

Pengertian Manajemen Adalah
Pengertian Manajemen Adalah

 

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

1. George R. Terry : Management is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating, and controlling, utilizing in each both science and art, and followed in order to accomplish predetermined objectives
(manajemen adalah suatu proses yang membeda-bedakan atas ; perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelaksanaan dan pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya)

2. John D. Millet : is the process of directing and facilitating the work of people organized in formal group to achieve a desired goal
(adalah suatu proses pengarahan dan pemberian fasilitas kerja kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan)

3. James A. Stoner & Charles Wankel : management is the process of planning, organizing, leading, and controlling the efforts of organization members and of using all other organizational resources to achieve stated organizational goals
(manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan penggunaan seluruh sumber daya organisasi lainnya demi tercapainya tujuan organisasi)

4. Paul Hersey & Kenneth H. Blanchard : working with and through individuals and groups to accomplish organizational goals
(sebagai suatu usaha yang dilakukan dengan dan bersama individu atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi)

5. H.B. Siswanto : manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan
Elemen sifat

Manajemen sebagai suatu seni

Sebagai suatu keahlian, kemampuan, dan keterampilan dalam aplikasi ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan
2. Manajemen sebagai suatu ilmu : akumulasi pengetahuan yang telah disistematisasikan dan diorganisasikan untuk mencapai kebenaran umum (general purposes)

G.R. Terry mengatakan bahwa manajer adalah

ilmuwan dan seniman, karena memerlukan pengetahuan yang disusun menurut sistem yang digunakan dalam mengoperasikan pekerjaannya, dan pada waktu yang sama harus memberi ilham, membujuk, bermulut manis, mengajar, dan memikat karyawan untuk bekerja sesuai tujuan
Elemen fungsi

. Perencanaan : suatu proses dan rangkaian kegiatan untuk menetapkan tujuan terlebih dahulu pada suatu jangka waktu/periode tertentu serta tahapan/langkah2 yg harus ditempuh untuk mencapai tujuab tersebut. Fungsi perencaan juga harus bisa menjawab rumus 5W2H. WHAT(apa) yang akan dilakukan, WHY (mengapa) harus melakukan apa, WHEN (kapan) melakukan apa, WHERE (dimana) melakukan apa, WHO (siapa) yang melakukan apa, HOW MANY(bagaimana) cara melakukan apa, dan HOW MUCH (berapa) jumlah anggaran.
Pengorganisasian : suatu proses dan rangkaian kegiatan dalam pembagian kerja yang direncanakan untuk diselesaikan oleh anggota kelompok pekerjaan, penentuan hubungan pekerjaan yang baik di antara mereka, serta pemberian lingkungan dan fasilitas pekerjaan yang kondusif.

Pengarahan :

Suatu rangkaian kegiatan untuk memberikan petunjuk atau instruksi dari seorang atasan kepada bawahan atau kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal dan untuk pencapaian tujuan bersama
Pemotivasian : suatu proses dan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atasan dalam memberikan inspirasi, semangat, dan kegairahan kerja serta dorongan kepada bawahan untuk dapat melakukan suatu kegiatan yang semestinya.
5. Pengendalian/pengawasan : suatu proses dan rangkaian untuk mengusahakan agar suatu pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dan tahapan yang harus dilalui. Dengan demikian, apabila ada kegiatan yang tidak sesuai dengan rencana dan tahapan tersebut, diadakan suatu tindakan perbaikan (corrective actions)
Elemen sasaran/objek

Sumber : https://bandarlampungkota.go.id/blog/jaring-jaring-kubus/