Memindahbukukan Jurnal Ke Buku Besar
Posted on: December 28, 2018, by : g3wgj
Memindahbukukan Jurnal Ke Buku Besar

Memindahbukukan Jurnal Ke Buku Besar

Memindahbukukan Jurnal Ke Buku Besar

Pengertian Buku Besar

Memindahbukukan Jurnal Ke Buku Besar – Buku besar (ledger) adalah tempat menampung seluruh transaksi yang telah diklasifikasikan melalui jurnal atau sebuah buku yang berisi kumpulan akun atau perkiraan (accounts). jadi seluruh jurnal dimasukkan ke dalam buku besar dengan cara memindahbukukan (posting) jurnal ke buku besar.  Akun (rekening) tersebut digunakan untuk mencatat secara terpisah aktiva, kewajiban, dan ekuitas. Dengan demikian, akun merupakan kumpulan informasi dalam sebuah sistem akuntansi. Misalnya, kas dicatat dalam akun kas, piutang dicatat dalam akun piutang, tanah dicatat dalamakun tanah, dan sebagainya untuk akun-akun yang termasuk dalam kelompok akun aktiva. Kelompok akun kewajiban akan dijumpai akun hutang, pinjaman jangka panjang, dan lain-lain sesuai dengan jenis kewajiban tersebut. Demikian pula, modal dicatat dalam akun ekuitas Sistem pemprosesan transaksi dalam perusahaan dapat dilakukan secara manual maupun komputerisasi.

Sistem Pemprosesan

Dua system pemprosesan tersebut akan mempengaruhi input,proses,output,menejemen data dan pengendaliannya.

  1. Sistem pemprosesan transaksi secara manual

Transaksi secara manual dimulai dari dokumen sumber transaksi akan dicatat dalam jurnal khusus dan jurnal umum sesuai dengan tipe transosesmpraksinya.

  1. Sistem pemprosesan transaksi berkomputerisasi

Sistem pemprosesan transaksi terkomputerisasi pada dasarnya memiliki proses yang sama dengan system pemprosesan transaksi secara manual.

Beberapa klsifikasi perkiraan dapat dijelaskan sebagai berikut :

1)    Klasifikasi menurut pelaporan keuangan :

  1. Perkiraan aktiva yaitu semua perkiraan yang mencatat aktiva yang mencatat (asset accounts).
  2. Perkiraan utang atau kewajiban (liabilities accounts).
  3. Perkiraan modal (capital accounts).
  4. Perkiraan biaya (expense accounts).
  5. Perkiraan penghasilan (revenue accounts).

2)    Klasifikasi menurut perlakuan jurnal.

Perkiraan biaya dapat dikelompokkan dalam satu golongan apabila ditinjau dari segi perlakuan jurnal. Apabila perkiraan ini bertambah maka dibukukan di debet dan sebaliknya apabila berkurang dibukukan di kredit.

3)    Dilihat dari segi pemecahannya perkiraan dibagi dua yaitu ;

  1. Perkiraan kontrol (controlling/general ledger account).
  2. Perkiraan pembantu (subsidiary account)

4)    Lain – lain, Kita mengenal perkiraan netral (neutral account).

Perkiraan ini merupakan perkiraan yang disajikan ke dalam laporan keuangan. Dia hanya di pakai sewaktu proses akuntansi sebagai perkiraan yang dipakai dalam proses penyusunan laporan keuangan.

Buku besar merupakan suatu buku yang berisi kumpulan akun atau perkiraan yang telah dicatat dalam jurnal. Akun – akun tersebut digunakan untuk mencatat secara terpisah antara aktiva, kewajiban atau hutang dan ekuitas.

Sumber: https://sel.co.id/