Tips Mudik Aman Dengan Keluarga Tercinta
Posted on: November 16, 2018, by : g3wgj

Tips mudik aman menurut https://www.rentalmobillampung.co.id

1. Periksa kondisi kendaraan

Hal utama dan terpenting yang harus dilakukan sebelum pulang adalah memeriksa kondisi kendaraan Anda terlebih dahulu. Periksa mobil atau motor di laboratorium terdekat. Kondisi kendaraan Anda adalah faktor yang paling penting dan paling berpengaruh dalam keselamatan Anda dan keluarga ketika Anda pulang dengan kendaraan pribadi.
Untuk mobil, coba periksa mesin, rem, oli, kantung air dan roda. Untuk mesin, mesin, rem dan ban mereka harus diasuransikan dalam kondisi baik. Jangan meremehkan ini, karena ada banyak kecelakaan di jalan karena Anda tidak bisa menggunakan kondisi kendaraan bolak-balik.


2. Hindari mengangkut penumpang yang melebihi kapasitas kendaraan

Untuk keamanan dan kenyamanan saat Anda pulang, Anda harus menghindari membawa muatan atau orang yang melebihi kapasitas kendaraan Anda. Pada dasarnya, setiap kendaraan dirancang untuk membawa muatan atau orang berdasarkan kemampuan masing-masing.
Namun, jika ada kelebihan beban, ini memiliki potensi keselamatan bagi semua penumpang. Misalnya, untuk sepeda motor, kapasitas normal adalah untuk 2 orang, jika Anda memiliki anak di bawah usia 7 tahun, panduan tiga masih diperbolehkan.
Tetapi situasi ini berbeda jika Anda memiliki dua anak, kapasitas akan melebihi beban beban normal. Untuk mobil, jika kapasitas mobil hanya 7-8 orang, maka lebih baik tidak menggunakannya untuk pulang membawa 10 orang. Ini tidak sehat dan berbahaya untuk keselamatan Anda dan keluarga Anda.

3. Bawa cukup uang tunai

Membawa uang tunai penting ketika Anda pulang ke rumah. Karena, ketika Anda bepergian ke kota asal Anda, tidak selalu ada ATM dan tidak semua toko dapat dibayar dengan kartu debit atau kartu kredit, jadi membawa cukup uang adalah suatu keharusan. Tidak perlu berlebihan, sebaiknya sebelum pulang, buatlah perhitungan kisaran uang yang dibutuhkan selama perjalanan.
Lakukan perhitungan rinci sehingga kisaran biaya diperlukan. Ini juga menghitung dari yang terkecil hingga biaya terkecil, seperti biaya parkir dan biaya buang air besar di toilet umum. Bayangkan jika Anda bepergian, ramai, lapar dan tanpa makanan. Hanya ada pedagang kaki lima di jalanan. Apakah mungkin membayar mereka tanpa menggunakan uang tunai? Jadi, selalu siapkan tuna untuk mengantisipasinya.

4. Bawa cukup makanan dan minuman

Kemacetan ketika Anda pulang sering terjadi, kemacetan dapat terjadi di mana saja, seperti di jalan tol, di jalan yang panjang atau di jalan kecil yang menjadi jalan pulang. Karena itu, hal penting berikutnya adalah membawa cukup makanan dan minuman. Ketika mengemudi dalam kemacetan yang membuat stres, Anda bisa berpotensi lapar dan haus, bahkan ini dapat menyebabkan hilangnya konsentrasi saat mengemudi.
Hindari mengendarai kendaraan untuk jarak yang jauh dalam kondisi lapar, Anda harus makan sebelum dan melanjutkan perjalanan Anda. Karena itu, penting untuk menyediakan makanan ringan seperti buah, roti atau camilan favorit ketika Anda pulang dengan kendaraan pribadi.

5. Aktifkan GPS atau Port Peta

Khususnya bagi Anda yang tidak menyimpan cara Anda, atau tertarik mencari cara alternatif untuk menghindari kemacetan. Tidak apa-apa ketika Anda pulang ke rumah, selalu hidupkan GPS atau peta google di smartphone Anda. Pastikan baterai ponsel Anda mencukupi, bawa charger perjalanan bersama Anda.Jika Anda memiliki peta, Anda juga harus mengambilnya untuk mengantisipasi rute yang salah. Ini penting, jangan sampai waktu Anda habis hanya karena Anda tersesat atau benar-benar terjebak. Ini yang Anda gunakan untuk mengangkut peta atau GPS. Anda dapat berkendara lebih tepat dan akurat dengan membawa peta dan GPS.