Aneka Tanaman Hias Air Tawar untuk Mempercantik Aquarium
Posted on: November 5, 2018, by : g3wgj

Aneka Tanaman Hias Air Tawar untuk Mempercantik Aquarium

Jenis tanaman hias air tawar untuk mempercantik aquarium anda ada berbagai macam jenis. Tanaman ini bisa anda memanfaatkan untuk hiasi aquarium anda, bersama dengan tumbuhan alami bukan bersama dengan tumbuhan buatan agar aman. Tanaman hias aquarium ini bisa digunakan sebagai karpet aquarium yang alami, area tinggal atau sembunyi ikan, dan sebagai penyeimbang lingkungan aquarium.

Pilihlah tanaman air tawar yang memiliki warna hijau. Tanaman hijau pada umumnya tidak perlu banyak perlindungan sinar matahari langsung. Terlalu banyak sinar matahari justru dapat memancing perkembangan alga berlebih yang dapat berdampak negatif pada lingkungan akuarium. Hal ini bisa sebabkan mengambil alih sementara Anda lebih banyak untuk pemeliharaan dan pembersihan akuarium. Inilah 9 Tanaman Aquascape Terbaik Untuk Pemula.

Jenis tanaman air banyak sekali, namun hanya type tertentu saja yang muncul bagitu indah untuk dipakai sebagai tempat tanaman air terlebih untuk Aquascaping. Berikut tanamanhiasan.com memberi tambahan saran sebagian tanaman hias air tawar yang bisa anda memanfaatkan untuk lebih mempercantik aquarium anda.

Aneka tanaman hias air tawar untuk Aqurium

1. Hygrophila Difformis (Water Wisteria)

Hygrophila difformis , umumnya dikenal sebagai wisteria air ( kendati tidak mengenai erat bersama dengan wisteria benar) , tanaman hias air tawar ini adalah tanaman air yang juga kedalam keluarga acanthus . Tanaman ini ditemukan di habitat berawa di anak benua India di Bangladesh , Bhutan , India dan Nepal . Tanaman ini bisa tumbuh sampai ketinggian 20 sampai 50 cm bersama dengan lebar 15 sampai 25 cm.

• Suhu air : 23 ° C – 28 ° C.
• Lighting : Pencahayaan Menengah.
• Fungsi : Tanaman Karpet di depan, melapisi lantai akuarium.

2. Java Moss

Java Moss adalah lumut yang juga kedalam keluarga Hypnaceae. tanaman ini berasal dariAsia Tenggara, yang biasa digunakan di akuarium air tawar. java moss umumnya melekat pada batu, akar, dan kayu apung.

Java moss tidak perlu perhatian khusus. Ia terima seluruh type air, bahkan payau lemah, dan segala macam kualitas cahaya. tanaman ini tumbuh pada rentang suhu 70 sampai 75 ° Fahrenheit (21 sampai 24 ° Celsius), namun bisa hidup didalam suhu sampai 85 sampai 90 ° F (29-32 ° C).

ava Moss lumayan kondang di kalangan pengagum aquarium dikarenakan bisa dijadikan sebagai area (ikan bayi) dan berudu, untuk memelihara mereka dari ikan dewasa kanibalisme. Java lumut juga bisa menyediakan makanan untuk anak ikan.

• Suhu air : Toleransi 21 ° C – 32 ° C, namun tumbuh yang paling baik di 21°C – 24°C.
• Lighting : Semua type pencahayaan.
• Fungsi : sebagai penutup bagian bawah; perlindungan bayi ikan; sumber makanan sekunder untuk bayi ikan.

3. Lilaeopsis

Lilaeopsis adalah tanaman hias air tawar yang bentuknya menyerupai rumput dan bisa tumbuh sampai 5cm. Penyebaran tanaman ini terlampau cepat
• Suhu air : 23 ° C – 29 ° C
• Lighting : Lampu Menengah
• Fungsi : Menutupi lantai akuarium; area persembunyian untuk bayi ikan.

4. Amazon Sword

Tanaman Amazon Sword, merupakan tanaman aquarium yang wujud daunnya berwujud lanset bersama dengan ujung lancip dan tersusun membentuk rumpu. Tanaman ini bisa tumbuh sampai 30-50 cm dan terlampau ideal untuk background akuarium. Seringkali mereka ditanam didalam kelompok di belakang akuarium. Tanaman hias ini diperkirakan berasal dari Amazon sesuai bersama dengan namanya ini adalah type paling kondang dari genus Echinodorus. Di pasaran terdapat 2 macam, yaitu amazon sword yang memiliki daun lebar dan daun sempit. Agar penampilannya bagus ia perlu sinar lampu 8-10 jam/hari. Jika kekurangan cahaya, daunnya dapat beralih warna.

• Suhu air : 22 ° C – 28 ° C
• Lighting : Pencahayaan Moderat.
• Fungsi : sebagai dekorasi background; area persembunyian untuk ikan.

5. African Water Fern (Bolbitis)

Afrika Fern adalah tanaman serbaguna, bagus untuk background atau foreground. Tanaman ini kerap digunakan di background dan perlu perawatan yang minim, tumbuh didalam situasi lembab. Nama latin dari tanaman hias air tawar ini adalah Bolbitis heudelotii, nama ini diambil alih dari explorer botani Afrika Barat Jean – Pierre Heudelot (1802-1837) , tanaman hias ini umumnya melekat batu dan mwmiliki warna hijau tua.

• Suhu air : 20 ° C – 27 ° C
• Lighting : Pencahayaan rendah, teduh.
• Fungsi : sebagai cover menutupi tanaman dibawahnya; dekorasi di bagian belakang; area persembunyian untuk ikan.

6. Java Fern

Tanaman ini bisa digunakan di hampir seluruh area akuarium. Java Fern merupakan keliru satu tanaman yang paling kondang untuk dijadikan tanaman hias aquarium, dikarenakan daya tarik estetika dan kemudahan perawatannya.

• Suhu air : 20 ° C – 28 ° C.
• Lighting : sinar rendah ke menengah.
• Fungsi : untuk dekorasi background; area persembunyian untuk ikan.

7. Green Tiger Lotus

Green Tiger Lotus adalah tanaman hias air tawar bersama dengan wujud daun yang melebar, dan hanya perlu sedikit perawatan. Kondisi lingkungan rata-rata mendukung tanaman ini berkembang.

• Suhu air : 22 ° C – 28 ° C.
• Lighting : Moderat.• Fungsi : Tempat persembunyian yang bagus untuk ikan; dekorasi background.

8. Anubias Nana

Tanaman hias ini bisa mengalami perkembangan sampai 15cm dan memiliki karakteristik daun yang berwarna gelap. Perlu perawatan yang terlampau sedikit, dan terlampau ideal untuk pemula.

• Suhu air : 22 ° C – 28 ° C.
• Lighting : Pencahayaan Moderat.
• Fungsi : Penambah keindahan yang bisa ditaruh diseluruh bagian akuarium.

9. Cryptocoryne Becketti

Sama layaknya tanaman lain, Cryptocoryne terlampau mudah untuk dirawat dan merupakan tambahan yang indah untuk akuarium Anda.
• Suhu air : 20 ° C – 30 ° C.
• Lighting : terlampau rendah – tinggi.
• Fungsi : Sebagai dekorasi; area persembunyian untuk ikan.

10. Spatterdock

Tanaman ini juga dikenal bersama dengan sebutan Japanese spatterdock (Nuphar sp) atau Cow Lily. Dulunya tanaman ini banyak ditemukan dan tersebar di Jepang, Namun sekarang sudah tersebar di penjuru Pulau jawa. Tinggi tanaman ini bisa meraih tinggi 20 cm. Bentuk daunnya cantik layaknya jantung memanjang, berwarna hijau, bersama dengan tekstur lembut.

11. Vallisneria

Tanaman Vallisneria juga banyak dijadikan sebagai tanaman hias aquarium oleh pengagum ikan untuk menghiasi aquariumnya. Terdapat 3 spesies vallisneria yang bisa dijumpai di pasaran. Tanaman berasal dari Eropa Selatan dan Afrika Utara, namun sudah banyak tersebar di area tropis. Bentuk daunnya memanjang menyerupai padi, namun tidak tebal dan lentur. Panjang daunnya banyak variasi menjadi dari 30 cm – 1 mtr. dan memiliki lebar berkisar 1,27-2,54 cm. Pada spesies Vallisneria spiralis, daunnya memelintir layaknya spiral. Ia diperbanyak bersama dengan runner (tunas yang muncul dari ujung akar).

12. Varen

Varen (Synnema triflorum / Synnema triflorum) adalah tanaman air tawar asli Indonesia yang penyebarannya sudah mencakup wilayah Asia Tenggara. Jenis tanaman hias air tawar satu ini mengalami perkembangan yang cepat, agar bisa meraih tinggi 50 cm. Bentuk daunnya sendiri menjari layaknya daun pepaya dan memiliki warna hijau muda.

13. Cabomba

Terdapat 2 macam type tanaman cabomba yang memiliki warna daun dan wujud bunga yang berbeda. Jenis yang pertama memiliki bunga yang berwarna ungu, daunnya hijau berlapis ungu. dan type ke dua adalah cabomba yang memiliki bunga berwarna kuning, bersama dengan daun hijau muda. Batangnya beruas-ruas, dan pada tiap-tiap ruas itu dapat tumbuh berkeliling daun hijau berwujud jarum. Cabomba merupakan tanaman air yang terlampau cepat pertumbuhannya, agar didalam sementara singkat muncul “berdesak-desakan”. Perbanyakannya terlampau mudah, caranya bersama dengan memotong batang muda sebagian ruas.

14. Elodea Densa

Tanaman Elodea Densa, memiliki susunan tubuh yang menyerupai cabomba, hanya wujud daunnya yang berbeda. Sehingga langkah perbanyakannya pun sama. Bentuk daun tanaman ini lanset kecil-kecil dan pendek, tumbuh pada sekeliling ruas yang rapat. Pada satu ruas tumbuh 4 helai daun. Tanaman asal Argentina ini bisa meraih ukuran panjang 3-4 meter.

15. Telanthera lilacina

Tanaman ini kerap juga disebut red telanthera dikarenakan warna daunnya merah tua sampai keunguan. Bentuk daun yang dimilikinya lonjong bersama dengan ujung runcing. Tinggi tanaman bisa lebih dari 30 cm. Jenis ini bisa digunakan untuk memperkaya nuansa warna pada aquarium.

Selengkapnya : https://www.lele.co.id/