Vegetarian, Gaya Hidup Sehat Tanpa Daging

Top Banner

Banyak cara untuk menikmati sehat lebih lama. Beragam hidup, hadir menawarkan berbagai cara untuk menikmati hidup lebih sehat dan lebih lama. Salah satunya adalah menjadi vegetarian atau pemakan tumbuhan.

Gaya hidup bebas daging tersebut, kini semakin popular dikalangan masyarakat kita, di era modern ini. Vegetarian pada awalnya belum diapandang sebagai gaya hidup, tetapi lebih dikaitkan pada ajaran agama atau aliran-aliran tertentu. Pada abad ke 19, vegetarian berkembang di Yunani berdasarkan ajaran seorang filsuf yaitu Pythagoras, dan para pengikutnya disebut sebagai Pythagoreans. Di Asia sendiri, vegetarian erat kaitannya dengan ajaran budhisme.

Meski awalnya berasal dari ajaran agama atau aliran tertentu, vegetarian dirasa memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Sehingga, vegetarian mulai diikuti dan berkembang sebagai gaya hidup saat ini. Berikut, beberapa manfaat menjadi vegetarian :

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

1. Mengurangi resiko kelebihan berat badan

Penelitian membuktikan 20% vegetarian lebih langsing dari mereka yang mengkonsumsi daging. Vegetarian mengkonsumsi lebih banyak serat dari tumbuhan yang secara efektif dapat mencairkan kalori dalam makanan Anda. Sehingga, timbunan kalori pada tubuh akan jauh lebih berkurang.

2. Mengurangi resiko gangguan pencernaan

Serat yang terkandung dalam sayur-sayuran dan buah-buahan juga baik untuk system pencernaan. Serat membantu membersihkan usus dari berbagai sampah sisa metabolisme. Dengan mengkonsumsi cukup serat, Anda akan terhindar dari berbagai macam gangguan pencernaan seperti penyakit usus, radang usus buntu, penyakit lambung, kanker usus, dan beragam penyakit lainnya.

3. Mengurangi resiko penyakit jantung

Kolesterol dan lemak yang terkandung dalam daging, dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Kolesterol dan lemak sulit untuk larut dan dicerna, konsumsi dagimg berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan kolesterol dan lemak pada pembuluh darah. Hal ini dapat memicu serangan jantung yang mungkin berujung pada kematian.

Menjadi vegetarian, merupakan pilihan tepat untuk bebas kolesterol dan bebas pula akan resiko penyakit jantung.

4. Mengurangi resiko kanker

Banyak pilihan sayur dan buah yang kaya akan antioksidan, seperti manggis, bluberry, lemon dan sayur-sayuran hijau. Antioksidan sangat diperlukan tubuh untuk melawan berbagai racun dan radikal bebas penyebab utama kanker. Mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya antioksidan dapat menurunkan resiko kanker pada tubuh Anda.

5. Memperpanjang harapan hidup

Sebuah studi menunjukan bahwa vegetarian hidup 4 hingga 10 tahun lebih lama darpada pemakan daging. Dengan menyediakan makanan yang lebih sehat dan seimbang secara nutrisi, dapat membantu menjaga tubuh Anda bebas dari beragam penyakit. Kesehatan yang baik merupakan factor utama yang mendukung vegetarian hidup lebih lama daripada pemakan daging.

Ada beragam tingkatan dalam menjadi vegetarian, ada yang 100% vegetarian murni; vegetarian and fish; vegetarian and egg; dan juga vegetarian temporary. Tingkatan tersebut menunjukan seberapa besar komitmen yang Anda pilih untuk mengkonsumsi tumbuhan dan mengabaikan daging.

Jika memilih untuk menjadi vegetarian, saya pribadi akan memilih untuk menjadi vegetarian sementara. Akan sangat baik untuk membersihkan tubuh sesekali dengan pola hidup ala vegetarian. Tetapi beberapa daging memang diciptakan Tuhan untuk dikonsumsi bukan?, dan semua makanan yang diciptakan Tuhan, pasti punya manfaat bagi tubuh kita. Tidak bijak rasanya, jika kita mengabaikan pemberian Tuhan demi alasan apapun.

Pilihlah gaya hidup sehat Anda secara bijak.

 

Sumber :

Ezine Articles

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*