Tips Merawat Sepatu Pria

Top Banner

Smartdetoxsynergy.co.id. Sebagai seorang istri, anda sudah pasti dihadapkan pada kewajiban untuk melayani segala kebutuhan suami. Salah satu diantaranya adalah terkait dengan kebutuhan suami akan sandang. Pakaian kerja, pakaian di rumah, tas, sepatu, sandal dan lain-lain. Nah, sepatu yang menjadi salah satu barang wajib bagi pria dalam segala kondisi baik untuk bekerja di kantor, berolahraga, atau sekedar santai berjalan-jalan dengan keluarga, perlu mendapat perhatian juga dari anda sebagai istrinya. Hamper setiap hari sepatu dipakai dan digunakan oleh seorang pria, oleh karena itu sepatu memerlukan perawatan yang baik agar tidak mudah rusak sehingga dapat memperpanjang masa pakainya. Berikut tips untuk .
Pertama, biasakan untuk rutin membersihkan sepatu sebanyak 2 minggu sekali. Hindari mencuci dengan mesin cuci karena sepatu akan cepat rusak dan berkerut. lem pada sepatu juga akan mudah lepas. Sebaiknya Anda mencucinya dengan sikat dan sabun/deterjen. Untuk jenis sepatu Sepatu sneakers canvas biasanya agak sulit dibersihkan. Jangan menunda untuk mencucinya, karena semakin lama, kotorannya yang menempel akan sulit dibersihkan. Jangan menggunakan pemutih jika sepatu banyak terdapat variasi warna yang cukup banyak. Untuk jenis sepatu pantofel, bersihkan kotoran pada sepatu sebelum anda semir dan jangan pernah menyemir sepatu kulit dalam kondisi kotor. Karena ketika Anda gosok, Anda hanya akan menyebarkan kotorannya ke seluruh permukaan. Untuk hasil maksimal anda bisa menggunakan saddle soap. Sabun ini dirancang khusus untuk membersihkan kulit tanpa merusak permukaan yang sensitif. Kemudian bersihkan dengan sikat atau kain yang lembut. Jika sepatu anda berlumpur, bersihkan kotoran lumpur ketika kering . Pada sneakers noda lumpur biasanya agak sulit dibersihkan. Karena sneakers biasa dipakai di lingkungan outdoor. Jangan Anda bersihkan ketika lumpur masih basah, hal tersebut hanya akan memperparah keadaan. Lumpur akan tersebar ke seluruh permukaan. Jika sudah kering, Anda bisa benturkan bagian yang terkena lumpur. Agar kotoran lumpur rontok dan lebih mudah dibersihkan.
Kedua, setelah sepatu dibersihkan jangan lupa untuk diangin-anginkan terlebih dahulu sebelum dimpan di dalam kotak. Hindari menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung karena dapat membuat warna sepatu pudar dan sepatu cepat rusak.
Ketiga, setelah diangin-anginkan jangan lupa untuk menyemprotkan desinfektan atau pewangi sepatu atau foot spray pada sepatu yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan membuat sepatu menjadi harum. Jangan lupa untuk diangin-anginkan kembali.
Keempat, semir secara rutin sepatu untuk ke kantor, kemudian semir sepatu kulit Anda dengan produk wax/cream polish yang ada. Pastikan sepatu sudah kering sebelum Anda semir. Sesuaikan warna wax/cream dengan sepatu. Tempelkan wax/cream ke sepatu. Kemudian Anda sikat hingga seluruh permukaan sepatu. Diamkan selama beberapa menit. Lalu Anda gosok dengan kain bersih hingga mengkilap. Sepatu kulit sebaiknya di semir setiap hari secara rutin.
Kelima, jika anda kehujanan dan sepatu anda basah, segera keringkan sepatu anda namun hindari penggunaan pengering otomatis karena dapat membuat sepatu mudah rusak. Untuk bagian dalam sepatu yang basah, gunakan kertas koran. Masukkan kertas koran ke dalam sepatu. Kemudian posisikan sepatu pada posisi berdiri agar cepat kering.Jangan gunakan pemanas buatan seperti hair dryer, dll. Karena akan merusak kulit dari sepatu tersebut. Biarkan sepatu kulit Anda kering secara natural.
Keenam, pastikan kaki anda benar-benar kering saat memakai sepatu. Kaki yang basah akan membuat kaus kaki Anda juga basah. Kondisi di dalam sepatu akan menjadi lembab. Jika Anda terus-menerus melakukan hal ini, akan memicu bakteri dan kuman di dalam sepatu yang tentunya tidak baik baik bagi kesehatan kaki. Selain itu, sepati juga akan menjadi bau. Jika kaki anda sering berkeringat ada baiknya sebelum memakai sepatu gunakanlah bedak pada kaki anda yang bertujuan untuk menyerap keringat pada kaki dan membuat kaki anda tetap kering.
Ketujuh, untuk menghindari bau pada sepatu, gunakan baking soda. Taburkan pada bagian dalam sepatu anda di malam hari lalu bersihkan serbuknya di pagi hari sebelum anda kenakan.
Kedelapan, usahakan untuk selalu menyimpan sepatu dengan rapi pada tempatnya. Pilih area penyimpanan sepatu yang bebas debu dan pancaran sinar matahari langsung. Anda dapat memanfaatkan kotak sepatu dari toko untuk menyimpan sepatu anda dan menyusunnya pada rak sepatu di rumah anda.
Terakhir, sebaiknya anda memiliki lebihd ari satu pasang sepatu agar sepatu anda lebih awet dan tahan lama.
sepatu pria
Sumber:
fashionpria dot com
preciseshoes dot com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*