Tips Memilih Pasta Gigi yang Tepat

Top Banner

smartdetoxsynergy.co.id.Dewasa ini banyak sekali beredar produk-produk pasta gigi di pasaran. Hal ini menuntut anda sebagai konsumen untuk mampu memilh yang terbaik untuk anda gunakan. Karena salah memilih bisa berakibat tidak baik untuk anda, mengingat menggosok gigi dengan pasta gigi dilakukan setiap hari paling tidak dua kali dalam sehari. Lalu apa saja yang harus anda pertimbangkan ketika ? Berikut ulasannya untuk anda.
Pertama, pastikan anda memilih pasta gigi dengan kandungan utamanya berupa bahan abrasif yang berperan dalam menghilangkan plak serta warna pada gigi. Selain itu pastikan pasta gigi yang dipilih mengandung flouridesebanyak 1000 ppm yang berperan dalam mengembalikan mineral yang hilang pada gigi anda sehingga dapat menjaga agar gigi anda tidak berlubang. Namun demikian, hati-hati agar flouride tidak ikut tertelan karena berbahaya bagi kesehatanKandungan lain yang juga penting adalah triclosan yang merupakan agen antibacteria, serta kalsium fosfat yang merupakan agen remineralisasi. Saat ini juga sudah ada penambahan pyrophosphates pada pasta gigi yang dapat membantu mencegah timbulnya karang gigi.
Kedua, hindari pasta gigi yang mengandung detergen misalnya Sodium Lauryl Sulfate (SLS), karena hanya memberikan efek busa pada pasta gigi namun dapat memicu timbulnya sariawan pada mulut anda. Tidak benar bahwa semakin banyak busa berarti gigi dan mulut anda semakin bersih.
Ketiga, setelah anda menemukan pasta gigi yang tepat, usahakan melakukan penyikatan gigi dengan teknik dan waktu yang benar dan tepat pula.
Keempat, usahakan untuk tidak segera makan setelah anda menyikat gigi karena kadar keasaman mulut anda akan menurun dan flouridenya juga akan hilang, sehingga kuman serta bakteri dapat dengan mudah masuk kembali. Tunggu hingga 1-2 jam setelah anda menggosok gigi.
Kelima, untuk jenis gigi sensitif, pasta gigi yang digunakan tidak perlu pasta gigi khusus untuk gigi sensitif jika memang sesnsitifnya gigi anda disebabkan oleh rasa ngilu akibat gigi anda berlubang dan lubangnya sudah mencapai syaraf gigi. Yang anda perlukan adalah melakukan perawatan syaraf gigi terlebih dahulu agar dapat menghilangkan ngilu pada gigi anda.
Keenam, jangan tertipu oleh bahan pemutih gigi karena pasta gigi dengan kandungan bahan ini tidak akan dapat membuat gigi menjadi lebih putih secara instant. Perubahan warna gigi terutama yang disebabkan oleh konsumsi antibiotik tidak akan dapat memutih kembali dengan penggunaan pasta gigi semacam ini. Yang perlu anda lakukan adalah meminta pertolongan dokter gigi anda untuk membantu mengatasi masalah anda.
Demikian enam tips memilih pasta gigi yang tepat untuk anda, jangan sampai salah pilih dan semoga anda sekeluarga tetap sehat.
031214_1414_TIPSMERAWAT1.jpg
Sumber:
info kedokteran dot com
Health dot kompas dot com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*