Tips hidup sehat dari segi makan dan pola makan

Top Banner

Banyak dari para pelaku memandang dan menganggap adalah sebuah metode yang menyiksa diri bisa membuat depresi. Karena mereka menganggap bahwa pola makan sehat adalah sebuah tekanan. Nah sebenarnya mindset bahwa itu menyeramkan yang harus segera kamu ubah. Tanamkan dalam pikiran kamu bahwa itu menyenangkan, karena bisa selalu hidup sehat. Jika kamu sudah berhasil menanamkan pikiran yang positif, maka hidup sehatmu kini bisa menjadi kebiasaan yang dengan tanpa sadar kamu bisa jalani. Berikut ini adalah Tips hidup sehat dari segi makan dan pola makan yang bisa kamu lakukan. Yuk simak ulasannya!

Tips hidup sehat dari segi makan dan pola makan

Menurut Muhammad Ferdyansyah Sechan, S.Si, Nutrition and Health Science Executive dari Nutrifood, berikut adalah tips tips diet yang efektif:

Tips hidup sehat dari segi makan dan pola makan

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

Memandangi Makanan Yang Akan Kamu Makan. Cara ini mungkin terbilang cara yang aneh dan unik. Tapi terbukti cukup efektif. Sebelum makan, cobalah untuk memandangi atau melototi makanan terlebih dahulu sebelum kamu santap. Cara ini berguna untuk menciptakan mindful eating, dimana kita akan lebih fokus kepada makanan yang tersedia di depan mata. Sehingga tingkat kepuasan terhadap makanan lebih tinggi dan mencegah kita makan lebih banyak dari seharusnya.

Makanlah dengan Porsi Sama Tetapi yang Mengandung Kalori Lebih Sedikit.
Jika kamu adalah orang yang sudah terbiasa makan dalam porsi besar, biasanya orang akan merasa kurang kenyang ketika porsi makannya jadi lebih kecil. Namun ada cara untuk menyiasatinya. Dengan porsi yang sama kamu pun bisa mengurangi asupan kalorinya.

Pilihlah Bentuk Gelas Yang Ramping & Tinggi untuk Minum.
Dalam sebuah percobaan yang melibatkan bartender profesional, sang bartender diminta menuangkan satu shot minuman seukuran 1,5 ons ke dalam dua gelas. Satu di gelas yang tinggi dan bentuknya ramping, satu lagi di gelas pendek dan lebar. Ketika dituangkan di gelas yang tinggi, pas 1,5 ons. Tapi ketika mereka menuangkan ke gelas yang pendek, lebihnya banyak, 37 persen.

Hal ini berarti orang akan cenderung menuangkan 37 persen lebih banyak minuman ke gelas yang pendek dan lebar. Tidak masalah apabila yang dituangkan adalah air. Dan yang paling penting yang perlu kamu ingat adalah hindari minuman berkalori tinggi, seperti kola, alkhohol, dan minuman dalam kemasan. Perbanyaklah minum air putih untuk mencegah dehidrasi pada tubuh kita.

Tempatkan Camilanmu Di Wadah Yang Kecil. Tahukah kamu bahwa orang cenderung membeli makanan dalam porsi atau bungkus besar karena rata-rata harganya lebih murah? Ya, kecenderungan orang yang makan camilan langsung dari bungkusnya, ia akan terus makan sampai tidak ada yang tersisa lagi.

Nah berdasarkan sejumlah riset, orang akan mengonsumsi 20-25 persen lebih banyak jika makan dari wadah yang besar. Solusinya adalah kamu bisa memodifikasi wadah atau takaran sajinya Taruh snack di wadah/kemasan yang lebih kecil. Misalnya kamu beli es krim 1 liter, bisa dibagi-bagi ke tempat yang kecil. Perlu kamu ketahui bahwa camilan itu paling enak hanya pada dua gigitan pertama. Selebihnya kita makan karena sayang jika tidak dihabiskan dan sudah tidak baik untuk kesehatan.

Biasakan Makan di Piring yang Kecil. Sudah tahukah kamu bahwa rata-rata orang makan 25 persen lebih banyak ketika makan di piring besar? Hal ini disebabkan, piring besar memberi ilusi makanan terlihat sedikit., dan akan timbul kecenderungan orang adalah mengisi piring dengan makanan hingga penuh. Sementara piring kecil akan membuat makanan tampak besar dan penuh sehingga kita bisa menjaga porsi makan agar tak berlebihan.

Misalnya, kamu bisa membuat smoothies dengan cara diblender yang lama, sehingga jadinya akan banyak. Semakin lama (makanan/minuman) diblender, tingkat kepuasan kamu akan semakin tinggi. Atau kalau makan burger, tumpuk selada, tomat, bawang. Daging sedikit saja. Porsinya tetap, tapi isinya lebih banyak sayuran. Kalori lebih sedikit tapi porsi sama.Nah itu dia 5 tips atau cara diet yang efektif untuk menurunkan berat badanmu dengan mudah dan sederhana. Tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*