Tips Diet Pasca Melahirkan Normal

Top Banner

Tips Diet Pasca Melahirkan NormalMelahirkan adalah sebuah moment yang paling ditunggu tunggu oleh setiap pasangan ayah dan ibu. Siapa sih ibu yang tidak merindukan perjumpaan dengan buah hatinya? Melihat wajahnya, merasakan detak jantungnya, menyentuh lembut kulitnya, menggendong tubuh mungilnya, dan tentunya untuk mencurahkan kasih sayangnya secara langsung. Melahirkan adalah sebuah anugrah terbaik dari Tuhan. Kebahagiaan itulah yang menjadi balasan atas pengorbanan selama hamil dan melahirkan. Selama tubuh mengalami peningkatan berat badan selama hamil. Namun peningkatan berat badan itu bukanlah hal yang aneh dan harus diterima setiap ibu. Apalagi setelah melahirkan perut juga pasti melar. Namun ibu jangan khawatir dan jangan panik, berikut adalah Tips Diet Pasca Melahirkan Normal yang aman dan alami. Yuk simak ulasannya!

Tips Pasca Melahirkan Normal

  1. Bersabar Lebih Baik

Membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menghilangkan lemak di perut kamu dan bahkan ada beberapa Ibu yang tidak pernah kembali ke bentuk semula. Memang butuh waktu 9 bulan bagi abdomen untuk merenggang dan ‘menampung’ bayi. Jadi, masuk akal jika membutuhkan waktu yang lama juga untuk mengecilkannya kembali. Nah bersabarlah, jangan langsung tergesa gesa dalam melakukan diet. Kecepatan tubuhmu kembali ke bentuk semula biasanya bergantung pada ukuran tubuh normalmu, seberapa banyak beratmu bertambah ketika hamil, dan seaktif apa kamu setelah melahirkan. Selain olahraga, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhmu.

2. Menyusui dapat membuat ibu menjadi kurus dengan sendirinya

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

Menyusui atau memberikan ASI pada bayi bisa membuat berat badan ibu menjadi turun dengan sendirinya lho! Terutama jika ibu rajin memberian ASI di bulan-bulan pertama setelah kamu melahirkan.  Dengan memberikan ASI, tubuhmu akan membakar ekstra kalori untuk memproduksi susu. Selain itu, dengan breastfeeding, tubuhmu juga akan terdorong untuk melakukan kontraksi yang membantu menyusutkan rahimmu sehingga akan menurunkan berat badanmu setelah melahirkan dan juga membantu pelan-pelan meratakan perutmu. Jadi ternyata pemberian ASI tidak hanya berdampak baik ke buah hati saja, tetapi juga ke ibu yang memberi ASI.

3. Terapkan Pola Hidup yang Aktif

Jangan menjadi malas dengan alasan kondisi tubuh yang masih lemas pasca melahirkan. Kamu tetap harus menggerakkan tubuhmu secara aktif. Misalnya, jika rumahmu memiliki dua lantai, cobalah untuk latihan naik turun tangga dan mulailah secara perlahan lahan. Nah, latihan naik-turun tangga bisa membantumu membakar lemak tubuh. Manfaat lain adalah menguatkan otot paha, kaki, dan perut. Latihan ini cukup mudah dan bisa dilakukan di dalam rumah. Saat berlatih, letakkan si kecil di luar kamar agar tetap terpantau oleh ibu ya!

4. Memenuhi kebutuhan bayi dan mengurus bayi tanpa peMengasuh Buah Hati Kamu Sendiri

Mengasuh bayi tanpa bantuan baby sitter ternyata bisa membuat kamu cepat kembali setelah melahirkan. Mengerjakan sendiri segala keperluan bayi mulai dari memandikan bayi, ,mengganti popok, menggendong bayi, menidurkan bayi, menyusui hingga mengajak bayi bermain ternyata sudah menguras energi.

Sebab, aktivitas mengasuh dan mengurus bayi menyita waktu dan perhatian yang cukup banyak. Tidak hanya konsentrasi tetapi juga tenaga banyak keluar untuk mengasuh bayi tanpa dibantu seorang baby sitter. Tidak hanya bisa kurus, kamu juga bisa merasakan kedekatan yang special dnegan buah hatimu.

5. Terapkan Pola Makan Sehat dan Teratur

Tips paling ampuh untuk diet sehat adalah kamu harus makan dengan sehat dan teratur. Coba atur waktumu untuk selalu sarapan, lalu kamu juga harus makan setidaknya 5 kali buah dan sayur setiap harinya. Masukkan juga makanan yang kaya serat seperti oat, kacang-kacangan, kentang dan nasi. Nah untuk snacknya, ibu bisa sesekali ngemil biskuit dan kue-kue kecil. Jangan mengurangi porsi makan secara drastis ya dan seimbangkan pula jam makan ibu agar lebih teratur.

Hal yang paling penting yang perlu kamu lakukan pasca melahirkan adalah fokus kepada pemenuhan nutrisi dan gizi pada makananmu. Sebab kualitas makananakan mencerminkan kualitas ASI untuk buah hati. Buah hati harus mendapatkan ASI yang berkualitas baik sampai usianya 2 tahun, atau paling sebenetar 6 bulan, karena setelah 6 bulan bayi bisa diberikan makanan pendamping ASI. Nah itu dia tips tips diet alami pasca melahirkan yang aman dan efektif untuk ibu lakukan. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*