Tetap Aman dan Sehat Ketika Harus Menggunakan Toilet Umum

Top Banner

smartdetoxsynergy.co.id. Tidak setiap waktu kita berada di rumah sendiri yang sudah pasti kita tahu eprsis keamanan, kenyamanan dan kebersihannya. Ada waktu-waktu dimana kita harus beraktivitas keluar rumah, entah itu pergi ke kantor, berjalan-jalan di taman, atau melakukan hal-hal yang lainnya. Adakalanya ketika sedang berada di luar rumah, anda tidak dapat menahan diri untuk buang air besar, buang air kecil, atau sekedar mencuci tangan. Sementara itu yang diketahuis elama ini, jika sedang berada di luar dan harus ketoilet, maka alternatifnya adalah menggunakan toilet umum.
Toilet umum seringkali identik dengan tempat yang kotor, bau, tidak terawat, jauh dari kata higienis bahkan ada juga yang menyeramkan. Memang tidak semua toilet umum sepertiitu, di hotel misalnya, tempat sejenis hotel biasanya memiliki toilet umum yang bersih dan nyaman. Namun bagaimana jika anda sedang berada di sebuah tempat wisata dimana pengunjung pada hari itu sangat padat dan tentu toilet umum nya pun sangat banyaks ekali yang sudah, sedang dan akan mengunakannya? Anda perlu tahu tips dan triknya agar anda tetap aman dans ehat meskipun harus menggunakan toilet umum, Karena tidak mungkin anda harus pulang dulu ke rumah sekedar untuk buang air kecil, sementara jarak rumah dengan lokasi anda berada begitu jauh. Ini dia tipsnya untuk anda yang akan menggunakan toilet umum.
Pertama, diantara sekian banyak toilet yang tersedia, cari yang paling bersih secara kasat mata. Usahakan untuk tidak memilih toilet yang berada di tengah-tengah karena ternyata lokasi di tengah tersebut merupakan tempat favorit berkumpulnya bakteri dan mikroorganisme jahat. Pilih kamar mandi pertama saja yang paling dekat dengan pintu masuk.
Kedua, hindari meletakkan barang anda di lantai kamar mandi, meskipun lantai tersebut kering. Kering tidak berarti bebas kuman. Jika tersedia gantungan pada dinding, letakan di gantungan tersebut atau tetap pegang dengan mengaitkannya pada lengan anda.
Ketiga, jika toilet yang tersedia adalah jenis toilet duduk, maka sebelum digunakan siram terlebih dahulu dudukan toiletnya, kemudian lap dengan menggunakan tissue yang tersedia. Setelah itu, sebaiknya alasi dudukan toilet dengan tissue yang lain agar kulit anda tidak bersentuhan langsung dengan toiletnya. Memang agaks edikit repot, tetapi lebih aman demi kesehatan.
Keempat, usahakan selalu membawa tissue kemanapun anda pergi sehingga ketika tissue toilet habis bahkan memang tidak disediakan, anda memilikinya sendiri untuk digunakan.
Kelima, hati-hati ketika anda menarik celana atau rok yang digunakan. Jangan sampai terlalu rendah karena dapat menyentuh lantai toilet, jangan juga terlalu tinggi karena dapat tersiram air.
Keenam, biasakan untuk mengeringkan kemaluan anda setelah buang air ketika masih dalam posisi jongkok atau duduk, karena jika anda terlanjur berdiri maka dikhawatirkan ada aliran air yang akan mengenai baju atau anggota tubuh anda yang lain.
Ketujuh, siram kembali toilet sampai bersih dan tidak ebrbau setelah anda gunakan. Buang semua tissue yang anda gunakan tadi ke tempat sampah.
Kedelapan, cuci tangan andamenggunakans abun setelah anda selesai beraktivitas di toilet. Jika tidak tersedia, maka usahakan untuk menggunakan tissue basah atau hand sanitizer yang anda bawa. Jangan lupa untuk megeringkan tangan anda, jika ada gunakan pengering elektrik.
toilet
Sumber:
health dot detik dot com
kabarinews dot com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*