Sumber makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil

Top Banner

Kandungan zat besi sangat penting untuk ibu hamil. Sebab, zat besi memiliki peranan penting untuk pertumbuhan janin. Tidak hanya itu saja, dengan mencukupi kebutuhan zat besi selama kehamilan juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah anemia pada ibu hamil. Lalu apa saja sih sumber makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil? Yuk temukan jawabannya di ulasan berikut ini ya!

Sumber makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil

Sumber makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil

  1. Bayam (2,01 mg / 100 gram)

Bayam merupakan sayuran yang mudah disukai oleh hampir setiap orang. Bayam memiliki karakter warna hijau yang cukup kuat dan memiliki berbagai macam nutrisi seperti zat antioksidan dan berbagai jenis nutrisi lain. Olahan bayam juga sangat mudah dibuat dan memiliki efek yang menyegarkan. Berikut ini manfaat mengkonsumsi bayam.

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

  • Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam bayam sangat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.
  • Kandungan kalium yang ditemukan pada bayam sangat bermanfaat untuk membantu kontrol fungsi dan detak jantung, mengatur tekanan darah dan mencegah proses kerusakan enzim.
  • Bayam mengandung kalori yang kecil dan serat larut yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan berat badan.
  • Zat besi dalam bayam sangat baik untuk menjaga produksi sel darah merah dan mendukung proses fungsi enzim dan sistem metabolisme dalam tubuh.
  1. Ikan Makarel (1,4 mg /75 gram)

Ikan makarel tidak sulit untuk ditemukan di Indonesia. Ikan makarel ini biasanya diolah dalam bentuk ikan kaleng seperti sarden. Ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini manfaat ikan makarel untuk kesehatan tubuh.

  • Ikan makarel juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu tubuh untuk mengatur kadar gula dalam darah sehingga sangat baik untuk penderita diabetes dan mencegah resiko diabetes.
  • Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan makarel sangat baik untuk menjaga kesehatan penderita jantung, mencegah penyakit komplikasi jantung dan stroke.
  • Zat besi dan kalium dalam ikan makarel bisa bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, produksi sel darah merah dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan hipertensi.
  1. Daging Kambing (1,3 mcg/75 gram)

Daging kambing memang memiliki rasa yang lezat dan gurih. Namun jenis daging kambing yang dianjurkan untuk konsumsi adalah kambing yang masih muda. Daging kambing yang masih muda sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat daging kambing muda untuk kesehatan.

  • Daging kambing muda juga mengandung seng yang berperan dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem darah dan jantung.
  • Daging kambing muda memiliki kandungan zat besi yang sangat baik untuk perempuan. Zat besi ini mudah diserap oleh tubuh dan menjadi dukungan untuk produksi sel darah merah.
  • Konsumsi daging kambing bisa meningkatkan proses metabolisme dan menjaga sistem kesehatan tubuh.
  1. Telur (1,2 mg / 100 gram)

Telur memiliki rasa yang sangat lezat, mudah diolah dan bisa membuat perut merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Konsumsi telur sudah terbukti bisa meningkatkan sistem produktivitas tubuh karena mengandung protein yang tinggi. Berikut ini manfaat mengkonsumsi telur untuk kesehatan.

  • Telur sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan karena diperkaya dengan vitamin A, E dan vitamin B12 yang bisa membantu tubuh dalam menjalankan sistem kesehatan secara keseluruhan.
  • Telur bisa mengatasi berbagai macam gangguan tubuh seperti kelelahan, sakit kepala dan gangguan emosi yang disebabkan karena kekurangan zat besi. Zat besi dalam telur bisa membantu proses transportasi oksigen sehingga bisa mendukung proses pembentukan sel darah merah dan mudah diserap oleh tubuh.
  • Telur tidak memiliki potensi untuk meningkatkan kolesterol dan kekurangan zat gizi dari telur akan menyebabkan potensi penyakit jantung dan stroke.

Nah itu dia beberapa jenis makanan yang mengandung zat besi dan manfaatnya untuk ibu dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya!