SEHAT DENGAN SEGARNYA TEH HIJAU

Top Banner

Minuman yang telah ditemukan di Cina sejak 4000 tahun silam ini, kini menjadi minuman favorit dihampir seluruh belahan dunia. Banyak orang kini lebih memilih mengganti kopi dengan teh hijau sebagai teman sarapannya. Teh hijau digemari bukan hanya karena kesegaran rasa dan aromanya, tetapi juga manfaatnya yang baik bagi kesehatan.
Teh hijau merupakan salah satu jenis hasil olahan daun teh yang diproses dengan dikukus atau dipanaskan secara cepat, sehingga tidak teroksidasi. Karena teh hijau tidak teroksidasi sebanyak jenis teh lainnya, kandungan zat-zat baik seperti polifenol, karotenoid, tokoferol, asam askorbat (vitamin C), kromium, seng, mangan, selenium, dan senyawa fitokimia lainnya masih terjaga manfaatnya.
Salah satu kandungan zat baik dalam teh hijau adalah polifenol, yang merupakan antioksidan alami terkuat. Polifenol yang ditemukan dalam teh hijau 25-100 kali lebih kuat daripada vitamin C dan E. Salah satu polifenol ajaib yang memiliki fungsi anti karsinogenik dalam teh hijau adalah epigallocatechin gallate atau dikenal sebagai EGCG. Kandungan antioksidan tersebut sangat baik untuk mengikat radikal bebas.
Tahukah Anda bahwa secangkir teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak daripada satu porsi brokoli , wortel atau stroberi?

Oleh karena itu, tidak salah jika teh hijau banyak dianjurkan oleh ahli nutrisi dan pakar kesehatan untuk dikonsumsi secara rutin. Berikut beberapa manfaat teh hijau :
1. Membantu menurunkan kelebihan berat badan
Kandungan EGCG dalam teh hijau berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan proses tehrmogenesis yang menyebabkan tubuh membakar lemak lebih cepat. Selain itu antioksidan lain dalam teh hijau juga dapat memperlambat produksi insulin, hormon yang menyimpan kalori menjadi lemak. Antioksidan dalam teh hijau juga berperan dalam mengubah insulin menjadi energi bagi otot Anda. Konsumsi teh hijau secara rutin, telah terbukti mampu menurunkan kelebihan berat badan.

2. Membantu memerangi kanker
Antioksidan EGCG yang terkandung dalam teh dapat mengurangi dan menghentikan pertumbuhan sel kanker yang berbahaya, tetapi tidak merusak sel-sel sehat. Antioksidan menjaga jaringan tubuh kita dari kerusakan oleh radikal bebas . Tubuh kita penuh dengan radikal bebas yang berasal dari berbagai polusi di lingkungan kita.
Radikal bebas adalah elektron tidak berpasangan yang sangat tidak stabil. Keberadaan elektron yang tidak stabil di dalam tubuh dapat menyebabkan sel sehat menjadi rusak atau hancur. Salah satu cara terbaik untuk menetralkan radikal bebas dalam tubuh adalah dengan antioksidan, dan EGCG merupakan salah satu antioksidan alami terkuat.

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

3. Membantu menurunkan kadar kolesterol jahat
Teh hijau dapat membantu meningkatkan kadar HDL (high-density lipoprotein), atau kolesterol baik dalam tubuh, sehingga mengurangi pembekuan darah dalam pembuluh darah. Selain itu, kandungan katekin teh hijau mampu mengurangi tingkat LDL (low-density lipoprotein) yang merupakan bentuk tidak sehat dari kolesterol.

4. Membantu mencegah kerusakan gigi
Teh hijau juga mengandung fluoride yang baik untuk gigi. Fluoride berguna menghancurkan bakteri dalam rongga mulut sehingga membantu mencegah berbagai gejala kerusakan gigi, seperti gigi berlubang, radang gusi, dan akumulasi plak. Flouride juga berguna untuk menguatkan enamel gigi.
Konsumsi 3 cangkir teh hijau setiap hari, dapat membantu anda memperoleh beberapa manfaat diatas.
Peringatan : Konsumsi teh hijau bagi Ibu hamil dapat mengganggu penyerapan asam folat dan dapat menyebabkan cacat lahir.

SEHAT DENGAN SEGARNYA TEH HIJAU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*