Sayur bayam untuk cara diet sehat

Top Banner

Sayur bayam untuk cara diet sehatBayam merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting. Bayam kerap dijadikan sebagai sayur yang segar untuk menemani makan siang. Dan tahukah kamu bahwa sayur bayam juga bisa dijadikan sebagai menu lho! Nah berikut ini adalah beberapa manfaat sayur bayam untuk cara diet sehat

! Yuk baca ulasan selengkapnya beirkut ini!

Sayur bayam untuk cara diet sehat

  1. Melancarkan PencernaanBayam merupakan sayuran hijau yang sangat tinggi kandungan serat, hal ini sangat berdampak pada kesehatan pencernaan dalam tubuh manusia. Jika anda mengalami masalah BAB atau pencernaan lainnya ada baiknya anda mengkonsumsi bayam sebagai menu harian anda. Kandungan serat yang tinggi dari bayam juga mampu membuat perut merasa kenyang lebih lama. Sehingga dapat menekan keinginan makan berlebih dan dapat membantu menurunkan berat badan anda.
  2. Baik Untuk AnemiaBayam mengandung zat besi yang sangat baik untuk memproduksi sel darah merah yang diperlukan oleh tubuh manusia. Kekurangan darah merah atau yang lebih dikenal anemia, maka ada baiknya anda mulai mengkonsumsi bayam secara rutin agar terbebas dari anemia.
  3. Meningkatkan efisiensi OtotMasih ingat sinetron Popaye? ia akan tumbuh kuat berotot setelah makan bayam. Tidak salah memang, karena bayam dari berbagai penelitian di dunia di yakini dapat meningkatkan efisiensi otot. Para peneliti dari Karolinska Institute di Swedia menemukan partisipan yang mengonsumsi 300 gram bayam sehari mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk daya otot-otot mereka saat latihan sebesar lima persen. Efeknya terlihat hanya setelah tiga hari konsumsi bayam. Sungguh luar biasa.
  4. Menjaga kesehatan tulangVitamin K pada bayam membantu penyerapan kalsium yang baik bagi tulang. Pada orang-orang yang telah lanjut usia sangat rentan terkena penyakit osteoporosis, maka dari itu sangat penting mengkonsumsi bayam dan apalagi pada anak-anak yang sedang tumbuh kembang. Seimbangkan pula dengan susu untuk kalsium yang penting bagi pembentukan tulang.
  5. Penting Untuk Menjaga Kesehatan MataBayam merupakan salah satu sayuran yang sangat tinggi kandungan vitamin A, kita ketahui bahwa vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata agar penglihatan tetap baik.
  6. Menjaga kesehatan jantungPlak kolesterol pada pembuluh darah arteri akan meningkatkan resiko penyakit jantung. Antioksidan pada bayam mencegah menumpuknya kolesterol dan juga mampu mengontrol tekanan darah yang menjauhkan dari penyakit hipertensi.
  7. Mencegah kankerManfaat bayam terkandung pada flavonoid ini mampu meredam infeksi pada tubuh yang menyebabkan kanker. Beberapa diantaranya kanker ovarium, kanker paru-paru, dan kanker kolon. Selain itu beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa bayam diyakini dapat mengurangi resiko kanker kulit.
  8. Mencegah Penuaan diniVitamin a dan kandungan anti oksidan yang terdapat dalam bayam sangat membantu untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas.

Nah itu dia kedelapan manfaat yang baik dari sayur bayam. Namun yang menjadi catatan adalah, anda perlu mengolah sayur bayam dengan cara yang benar agar manfaat yang dirasakan pun menjadi optimal. Nah berikut ini adalah tips dalam mengolah sayur bayam:

Pada saat memasak bayam ini, tidak boleh terlalu lama karena akan menghilangkan nutrisi penting. Selain itu hendaknya bayam setelah dimasak, jangan didiamkan terlalu lama karena beberapa senyawa pada bayam akan rusak jika terkena oksigen. Oleh karena itu, bayam yang sudah dimasak harus segara dimakan sebelum lima jam.

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

Selain itu, ada juga efek samping dari sayur bayam yang erlu anda waspadai, bayam tinggi asam oksalat, yang dapat mengikat zat besi dan kalsium dan menyebabkan tubuh akan mengikat zat ini sehingga akan menyebabkan kekurangan kedua zat ini. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C, seperti tomat, lombok, jus lemon atau jus jeruk bersama dengan bayam dapat membantu penyerapan kedua zat tersebut. Bayam tinggi serat, tapi terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung, perut bergas dan kram.

Demikian ulasan seputar manfaat sayur bayam untuk diet sehat. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*