Penyebab Gagal Menurunkan Berat Badan

Top Banner

Memiliki tubuh yang , sehat dan ideal bisa jadi adalah impian setiap wanita. Namun untuk mendapatkannya memang tidak semudah yang dibayangkan ataupun tidak sesulit yang kita takutkan. Bisa dibilang untuk upaya menurunkan berat badan itu memang susah susah gampang. Tak heran jika banyak pelaku yang gagal menurunkan berat badan. Alhasil bukannya berat badannya turun, malah semakin melonjak jauh. Lalu apa sih sebenarnya penyebab gagal menurunkan berat badan? Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini ya!

Penyebab Gagal Menurunkan Berat Badan

Bagi anda pelaku diet yang sudah pernah mencoba berbagai macam cara diet namun selalu saja gagal. Barangkali ada beberapa kesalahan yang tidak anda sadari yang anda lakukan selama diet. Nah berikut ini adalah penyebab gagal menurunkan berat badan yang mesti anda hindari:

  1. Terlalu Ngotot dalam menjalankan diet
    Hormon kortisol yang keluar saat stres akan merangsang nasfu makan, memperlambat metabolisme, dan meningkatkan penumpukan lemak di perut. Relaksasi, seperti mendengarkan musik, tertawa bareng teman-teman, beryoga, pijat, atau jalan-jalan di alam terbuka, dapat mereduksi stres. Lakukan salah satu aktivitas ini minimal 10 –15 menit setiap hari.Penyebab Gagal Menurunkan Berat Badan
  2. Sering begadang dan tidur larut
    Sebuah penelitian di AS menyatakan, kurang tidur akan meningkatkan hormon rasa lapar dan menurunkan hormon rasa kenyang. Studi yang lain menambahkan, orang yang tidurnya kurang dari 4 jam sehari punya peluang menderita obesitas 73% lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur 7-9 jam per hari.
  3. Tidak mengurangi konsumsi makanan asin
    Bukan hanya makanan berlemak dan makanan manis yang perlu Anda kurangi, makanan yang banyak mengandung garam juga  perlu diredam. Selain bisa mengakibatkan hipertensi, terlalu banyak garam di dalam tubuh membuat cairan tubuh tertahan. Akibatnya, berat badan Anda tidak turun-turun.
  4. Malas bergerak
    Sambil bekerja, Anda pun bisa sedikit berolahraga, misalnya dengan melakukan peregangan kaki dan tangan. Silang-silangkan atau ayun-ayunkan kaki dan tangan sambil duduk di kursi 2-5 menit setiap selang satu jam. Aktivitas ini mampu memberi tambahan pembakaran energi ketimbang Anda hanya duduk rapi di kursi.
  5. Tidak mengehentikan minuman alkohol
    Alkohol memperlambat proses metabolisme tubuh dengan menekan sistem saraf pusat. Alkohol juga dapat meningkatkan kortisol, hormon stres yang membantu penumpukan lemak di perut.
  6. Makan sambil melakukan kegiatan
    Makan sambil menonton teve, membaca buku, atau mengetik di komputer membuat Anda tak dapat menikmati makanan. Akhirnya, Anda mudah tergoda untuk mengais sesuatu yang nikmat dikunyah. Kalori yang masuk dalam tubuh pun akhirnya sulit dikendalikan. Agar makanan bisa dinikmati, usahakanlah selalu makan di meja makan.
  7. Terlalu banyak mencicipi makanan manis dan berlemak
    Tak dipungkiri, saat melihat orang menikmati cheesecake atau puding bersimbah saus cokelat, air liur Anda menetes. Daripada penasaran dan terus-terusan mengkhayal, boleh, kok, Anda juga mencicipinya, asalkan berbagi dengan orang lain. Anda cukup mencicip satu gigitan kecil saja, supaya rasa penasaran terbayar.
  8. Melakukan latihan yang itu-itu saja
    Setelah program dijalani lebih dari setengah jalan, hal biasa bila penurunan berat badan mulai melambat atau malah jalan di tempat. Melakukan latihan yang sama setiap hari akan membuat tubuh beradaptasi sehingga pembakaran lemak juga menjadi lebih lambat. Bila selama ini Anda hanya berjalan kaki, hari berikutnya cobalah berenang, selanjutnya naik sepeda, kemudian sit up atau push up, agar kalori kembali mudah dibakar.
  9. Tidak minum susu sama sekali

Wanita yang mengonsumsi yoghurt bebas lemak, keju, atau susu rendah lemak 3-4 kali sehari mampu mengusir 70% lemak dari tubuhnya. Kalsium dari susu berperan sebagai tombol yang memerintahkan tubuh membakar kelebihan lemak. Minumlah segelas susu bebas lemak saat sarapan, segelas yoghurt rendah lemak di siang hari, dan segelas susu bebas lemak di sore hari.

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

  1. Tidak disiplin dalam menjalankan diet

Pengalaman membuktikan, orang yang sukses menurunkan berat badan adalah orang yang disiplin menjalani program. Meski ada pesta makan enak, mereka tak tergoda untuk mengatakan, ”Tak apalah sehari ini makan enak. Besok mulai diet lagi.” Sekali Anda memberi kesempatan, akan sulit untuk kembali berdiet.
Nah itu dia 10 penyebab kegagalan dalam diet. Dengan begitu anda bisa menghindari penyebab penyebab tersebut dan melakukan diet dengan optimal. Selamat mencoba ya!

Incoming search terms:

  • penyebab gagal menurunkan berat badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*