Pentingnya Suplemen Makanan untuk Ibu Sedang Hamil

Top Banner

Menjaga asupan nutrisi dan gizi memang sangat penting untuk dilakukan terlebih untuk ibu hamil. Hal ini bisa dicapai dengan menjaga pola makan dengan makan makanan yang sehat dan bergizi untuk tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan. Walaupun anda sudah berusaha untuk memnuhi nutrisi dari asupan makanan sehari-hari. Namun seringkali dokter kandungan atau bidan anda memberikan saran untuk mengkonsumsi vitamin atau suplemen makanan. Lantas seberapa Pentingnya Suplemen Makanan untuk Ibu Sedang Hamil? Nah temukan jawabannya di ulasan berikut ini ya!

Pentingnya Suplemen Makanan untuk Ibu Sedang Hamil

Memang dalam kondisi tertentu, ibu hamil memerlukan suplemen makanan atau vitamin tambahan untuk mencegah adanya risiko gangguan kesehatan karena kurangnya asupan nutrisi, vitamin atau mineral untuk tubuh. Hal ini memang bisa terjadi, misalnya ketika proses memasak sayur yang terlalu lama karena bisa mengurangi porsi vitamin yang ada di dalam sayur tersebut. Nah disinilah suplemen makanan itu berperan agar kebutuhan vitamin untuk ibu hamil tetap terpenuhi.

Namun yang perlu diperhatikan, konsumsi vitamin dan suplemen makanan tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan ibu dan janin. Jangan sampai porsi suplemen makanna tersebut berlebih dan dapat membahayakan kesehatan.

Sidebar Detox Pelangsing Wanita Berjilbab Putih

Pentingnya Suplemen Makanan untuk Ibu Sedang HamilBerikut ini adalah beberapa contoh suplemen yang mungkin direkomendasikan oleh dokter untuk ibu hamil:

  1. Vitamin B12. Vitamin B12 akan diberikan pada ibu hamil vegetarian apalagi bila selama kehamilan ibu mengalami kesulitan mengkonsumsi susu atau produk hewani.
  2. Asam folat. Kanduangan Asam folat disarankan untuk dikonsumsi menjelang kehamilan dan selama kehamilan untuk membantu dalam mengurangi resiko bayi lahir cacat. Meskipun mudah untuk didapatkan dari bahan makanan akan tetapi sering kali proses dalam pengolahan dalam membuat rusak kandungan asam folatnya.
  3. Zat Besi. Suplemen yang seringkali disarankan yaitu yang mengandung zat besi terlebih apabila anda memiliki riwayat anemia. Zat besi akan membantu dalam memberikan oksigen di dalam darah sehingga dapat menunjang perkembangan otak janin.Ibu hamil membutuhkan zat besi yang cukup sebagai pembentuk sel-sel darah merah karena sel darah merahlah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh Anda dan juga kepada bayi Anda. Kekurangan zat besi akan menimbulkan anemia yang bisa membuat ibu hamil terus-menerus merasa lelah, pusing, lemah, dan pucat. Selain itu, zat besi juga sangat penting dalam pertumbuhan bayi. Kekurangan zat besi dalam masa kehamilan membuat risiko bayi menderita anemia setelah lahir lebih tinggi. Kondisi ini juga meningkatkan risiko bayi untuk lahir prematur dan terlahir dengan berat badan di bawah rata-rata.

    Suplemen untuk menambah zat besi bisa menyebabkan konstipasi dan mengganggu penyerapan nutrisi-nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Cobalah untuk mendapatkan zat besi dari sumber-sumber  alami terlebih dahulu, seperti daging tanpa lemak, sayuran berdaun hijau gelap, buah kering, dan kacang-kacangan. Tapi jika masih belum cukup, konsumsilah suplemen penambah zat besi.

  4. Vitamin C. Apabila ibu mengalami anemia, maka dokter akan menyarankan anda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, jangan lupa untuk dibarengi dengan bahan makanan yang mengandung vitamin C sehingga penyerapannya akan optimal.
  5. Lemak Omega 3. Suplemen hamil selanjutnya adalah lemak omega 3 yang dapat membantu dalam perkembangan otak dan mata janin anda. Meskipun pada dasarnya lemak omega 3 dapat dipenuhi dengan konsumsi ikan akan tetapi perhatikan dalam mendapatkan ikan tersebut, jangan sampai banyak mengandung merkuri yang membahayakan anda dan janin.
  6. Kalsium. Sumber kalsium secara alami dapat diperoleh dari makanan seperti daging, keju atau susu meskipun beberapa dokter menyarankan untuk mendapatkan kalsium tambahan. Hal ini untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi.
  7. Vitamin D. Ibu hamil atau mereka yang sedang menyusui, disarankan untuk minum 10 mikrogram vitamin D tiap hari dan 200-300 miligram kalsium. Vitamin D dan kalsium sangat berperan dalam kesehatan tulang dan gigi. Ibu hamil membutuhkan vitamin D dan kalsium lebih banyak selama masa kehamilan untuk menunjang pertumbuhan tulang bayi.

Nah itu dia tujuh vitamin dan suplemen makanan yang dibutuhkan oleh ibu dan janin. Ingatlah bahwa suplemen kehamilan merupakan pelengkap dan bukan pengganti makanan Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya!